Belum Tahu Perbedaan Makeup Dewy dan Matte? Yuk, Simak Penjelasannya
Makeup

Belum Tahu Perbedaan Makeup Dewy dan Matte? Yuk, Simak Penjelasannya

Girls, tahukah kamu kalau final looks make up ada bermacam-macam, mulai dari matte, dewy, glowy, hingga glossy. Makeup dewy dan matte adalah 2 yang paling banyak digemari oleh cewek-cewek. Kira-kira apakah perbedaan makeup dewy dan matte?

Tips Makeup Dewy dan Matte

Makeup dengan hasil dewy memang sangat berbeda dengan makeup matte. Cara untuk membuat final looks-nya pun berbeda. Jadi, kamu memang harus paham tentang perbedaannya terlebih dahulu sebelum mempraktikkannya.

  • Makeup Dewy

Makeup dengan hasil finishing dewy masih disukai oleh banyak wanita Indonesia. Gaya makeup yang awalnya populer di Korea ini membuat wajah terlihat lebih glowing. Hasilnya, kamu akan tampak lebih muda, Girls.

Karena tampak lebih glowing, wajah juga terkesan lebih segar dan sehat alami. Untuk membuat makeup dengan hasil akhir dewy, kamu perlu memahami produk dan teknik yang tepat. Silakan simak panduan singkat di bawah ini untuk membuat makeup dewy.

  1. Jangan lupa gunakan primer untuk mempersiapkan kulit agar makeup berikutnya dapat menempel dengan sempurna. Sangat disarankan untuk memakai primer dengan hasil akhir matte agar wajah tidak berminyak secara berlebihan.

  2. Berikutnya, pakai foundation dewy finish. Jangan lupa untuk memilih foundation yang sesuai dengan tone dan undertone kulit.

  3. Gunakan blush on cream lalu blend untuk mendapatkan warna merah yang natural.

  4. Untuk sentuhan akhir, kamu bisa menggunakan illuminating powder serta highlight yang punya hasil akhir shimmery. Hindari penggunaan highlight yang glittery, Girls. Gunakan pada dagu, tengah dahi, tulang pipi, dan hidung untuk mendapatkan kesan glowing.

  • Makeup Matte

Matte finish artinya hasil bebas kilap dan tidak berminyak. Biasanya, makeup dengan finishing seperti ini cocok sekali untuk pemilik kulit berminyak agar tetap flawless sepanjang hari. 

Meski begitu, makeup seperti ini juga tetap cocok diaplikasikan untuk jenis kulit lainnya seperti kombinasi dan normal. Untuk menciptakan makeup dengan hasil akhir matte, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, Girls.

  1. Sebelum mulai makeup, pastikan kamu mengaplikasikan skincare dengan benar. Mulai dari facial wash, toner, serum, moisturizer, hingga sunscreen khusus untuk siang hari. Penggunaan skincare membuat kulit menjadi lebih lembap dan memudahkan makeup menempel.

  2. Gunakan primer setelah step skincare untuk menutup pori-pori. Kalau untuk daily looks, gunakan primer sesedikit mungkin.

  3. Berikutnya, aplikasikan foundation yang punya hasil akhir matte. Jangan lupa untuk memilih produk yang sesuai dengan tone dan undertone kulit, ya.

  4. Tidak perlu mengaplikasikan bedak untuk mengunci foundation, langsung saja aplikasikan blush on atau highlighter setelah foundation set.

  5. Terakhir, gunakan setting spray untuk membuat make up tahan lama tanpa membuat wajah kering.

Ini Dia Perbedaan Makeup Dewy dan Matte

Berdasarkan penjelasan yang telah diberikan di atas, apakah kamu sudah memahami perbedaan antara dewy makeup dan matte? 

Singkatnya, makeup dewy makeup memberikan hasil yang glowing dan kulit terlihat lebih lembap. Ini memberikan kesan kulit terlihat sehat dan cerah, tapi nggak lebay. Sementara makeup matte ini adalah kebalikan dari dewy, hasil akhirnya mulus dan sama sekali tidak berminyak.

Makeup dengan hasil akhir dewy lebih cocok untuk kulit yang kering dan normal. Sedangkan makeup matte lebih cocok untuk pemilik kulit yang berminyak maupun kombinasi.

Nah, setelah membaca penjelasan lengkap di atas, kamu sudah bisa memahami perbedaan makeup dewy dan matte. Dewy membuat wajah lebih lembap sedangkan matte terlihat lebih kering dan tidak berminyak. 

Mana yang lebih baik antara keduanya? Nah, kalau ini disesuaikan lagi dengan selera dan jenis kulit wajah kamu ya, Girls.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.