Berikut Makanan Pelancar Haid yang Ampuh dan Wajib untuk Kamu Coba!
Lifestyle

Berikut Makanan Pelancar Haid yang Ampuh dan Wajib untuk Kamu Coba!

Walaupun masih ada dalam tahap awal penelitian, tampaknya ada beberapa jenis makanan pelancar haid yang bisa membantu mengurangi gejalanya. Meskipun dalam sejumlah kasus ada obat yang bisa membantu untuk meredakan, tetapi tidak aman untuk kesehatan.

Pasalnya mengalami gejala pramenstruasi seperti nyeri punggung bawah, kram, perubahan suasana hati, kelelahan hingga sakit kepala umum terjadi. Karena kebutuhan tubuh wanita bisa berubah tergantung dari tahapan siklus, maka tidak semua akan memiliki siklus yang serupa. Sehingga untuk melancarkan agar tidak telat bisa Marshalova lakukan dengan mengonsumsi sejumlah makanan.

Sejumlah Makanan Pelancar Haid yang Aman dan Baik untuk Kamu Konsumsi

Biasanya siklus menstruasi yang lancar sering terjadi sekitar 28 hari terhitung sejak hari pertama datang bulan hingga hadi pertama di bulan berikutnya. Meski demikian, setiap perempuan juga akan memiliki siklus yang bervariasi tergantung dari kondisi kesehatan dan hormon.

Sementara itu siklus haid yang dianggap tidak lancar adalah setiap bulan siklusnya akan berbeda, baik lebih lambat atau bahkan cepat. Kemudian siklus haid yang tidak lancar maka bisa menandakan beberapa hal, mulai dari gangguan hormon sampai kesuburan.

Guna mengatasinya, maka kamu bisa langsung berkonsultasi ke dokter maupun mengonsumsi aneka makanan. Nah, berikut ini ada beberapa jenis makanan yang aman untuk kamu makan agar haid bisa lancar.

Sayuran Hijau

Sayuran pelancar haid seperti brokoli, bayam hingga asparagus ternyata bisa memperlancar siklus menstruasi kamu. Pasalnya sayuran ini banyak mengandung vitamin B yang bisa meredakan gejaka PMS dan melancarkan menstruasi.

Biji Labu

Selain hanya merupakan makanan pelancar haid, ternyata biji labu adalah sumber triptofan yang bisa merubah suasana hati kamu. Nah biji labu ini bisa kamu masukkan ke dalam smoothie, salad maupun dimakan sebagai camilan yang sehat.

Dalam 1 ons biji-bijian akan menyajikan 75% magnesium harian dan mampu membuat lebih positif dan mencegah retensi air. Selain itu nutrisi juga bisa untuk mengendurkan pembuluh darah hingga meredakan rasa sakit kepala.

Baca Juga:Ini 5 Tempat Staycation di Jakarta dengan Harga Terjangkau, Estetik nan Instagramable!

Buah Pepaya

Ternyata kandungan beta karoten pada buah pepaya berguna untuk mendukung produksi dari kadar estrogen dalam tubuh. Nah hormon estrogen sendiri merupakan hormon seks perempuan yang berperan dalam siklus haid.

Buah Melon

Makanan pelancar menstruasi selanjutnya adalah melon yang merupakan salah satu buah yang mampu juga untuk menghilangkan kembung. Bahkan dengan cara meningkatkan asupan makanan kaya air dari buah ini, bisa menyembuhkan bengkak ketika menstruasi.

Bahkan sejumlah penelitian telah menyebutkan bahwa kandungan dari buah ini disebut sebagai Cucumis Melo Diuretik. Cocok dan bisa mengeluarkan kelebihan cairan dari dalam tubuh dan sangat tepat untuk memperlancar haid.

Ikan

Ikan kaya akan zat besi, asam lemak omega 3 dan protein dan sebagai tambahan bergizi untuk makanan Marshalova. Pasalnya dengan mengonsumsi zat besi seperti ikan ini bisa untuk melawan penurunan kadar zat besi yang mungkin kamu alami saat haid.

Selain itu, omega 3 juga bisa untuk mengurangi intensitas nyeri haid bahkan bisa untuk mengurangi depresi sekalipun. Sehingga bagi kamu yang mengalami perubahan suasana hati dan depresi, maka omega 3 dari ikan ini bisa membantu.

Baca Juga:Rekomendasi Podcast Terbaik untuk Menemani Hari Kerjamu, dari yang Humor Sampai Horror!

Makanan yang Mengandung Folat

Folat merupakan vitamin B9 yang bisa meningkatkan produksi dari sel darah putih, darah merah hingga DNA dan RNA. Tidak hanya itu saja, melainkan folat ini bisa untuk melancarkan siklus haid dengan cara meningkatkan kadar yang bernama progesteron.

Beberapa makanan pelancar haid yang banyak mengandung folat ini misalnya seperti telur, makanan laut hingga aneka buah-buahan. Sehingga mulai dari sekarang kamu bisa mengonsumsinya agar haid kamu lancar

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.