Bingung Foto KTP Pakai Baju Apa? Simak Tipsnya di Sini!
Lifestyle

Bingung Foto KTP Pakai Baju Apa? Simak Tipsnya di Sini!

Foto KTP pakai baju apa? Bagi warga Negara Indonesia yang sudah genap berusia 17 tahun atau lebih, tentunya wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk. Salah satu syarat terbentuknya KTP adalah adanya foto pemilik kartu tersebut.

Jika tanpa foto, maka KTP tentu tidak dapat diterbitkan oleh petugas. Kartu identitas resmi WNI ini, umumnya dibuat di kantor kecamatan yang bersangkutan.

Baca Juga:Outfit Gemas ala Sang Wu Yan Dalam Drama China Crush, Cocok Buat Hangout

Bingung Foto KTP Pakai Baju Apa, Simak Tips Lengkapnya di Sini!

Pada dasarnya, sebagian besar foto KTP hanya butuh gambar wajah Anda saja. Hal ini tentu tidak membuat Anda kerepotan, untuk memilih ingin memakai baju apa. Sehingga pilihan warna, model hingga gaya pakaian bisa Anda sesuaikan dengan selera.

Namun, banyak dari orang-orang ingin membuat KTP, masih bertanya-tanya tentang baju yang sebaiknya dipakai. Mereka cemas jika pakaiannya akan memberi dampak tidak maksimal di hasil jepretan. Tidak perlu bingung, berikut ini beberapa tips yang bisa Anda gunakan sebagai tambahan referensi.

Pilih Baju yang Sopan

Menggunakan pakaian sopan termasuk ke dalam etika berpenampilan. Tentu tidak wajar foto KTP dengan gaun seksi atau baju transparan. Selain kurang pantas, Anda juga akan menjadi pusat perhatian orang-orang.

Akan lebih baik memilih kemeja berkerah, untuk hasil foto yang lebih maksimal. Hindari memakai atasan dengan potongan leher terlalu rendah.

Kenakan Baju yang Bersih dan Rapi

Memilih baju bersih dan rapi, akan memberi dampak baik untuk hasil foto KTP. Upayakan menyetrika baju terlebih dahulu sebelum berangkat foto. Baju rapi juga akan memaksimalkan penampilan Anda, serta menambah rasa percaya diri.

Jangan Memakai Baju dengan Motif yang Meriah

Sebaiknya hindari memakai pakaian yang memiliki motif terlalu meriah. Terlebih jika Anda memakai hijab yang bermotif. Hal ini tentu bisa membuat hasil foto menjadi kurang maksimal. Apalagi wajah Anda cenderung tidak menonjol di dalam foto.

Memakai Aksesoris Secukupnya

Terkadang, ada beberapa orang yang menambahkan aksesoris di kerah baju atau kerudungnya. Hal ini tentu sah-sah saja, selama ukuran serta jumlah riasan masih wajar. Namun, jika terlalu berlebihan justru terlihat aneh. Foto Anda juga akan tampak kurang bagus.

Hindari Memakai Kaos

Pakaian untuk foto KTP memang tidak ada aturannya di pasal tertentu, meski begitu Anda tetap harus memperhatikan keluwesannya. Foto KTP pakai kaos sah dan diperbolehkan. Namun, hindari kaos dengan tulisan atau gambar yang berukuran besar. 

Baca Juga:Review OOTD Ngantor ala Series Emily in Paris, Tinggal Nyontek!

Tips Memilih Warna Baju untuk Foto KTP

Pada dasarnya, warna baju juga dapat memberi pengaruh tersendiri untuk hasil foto KTP. Berikut ini beberapa tips memilih warna baju guna memaksimalkan hasil foto KTP Anda.

Baju Warna Putih

Memakai pakaian berwarna putih tentu sah dan tidak ada larangan. Namun, seringkali latar belakang foto berwarna terang. Hal ini membuat baju serta kulit Anda akan tampak samar, dan terlihat sedikit pucat.

Baju Warna Hitam

Foto KTP baju hitam juga sah dan tidak ada larangan. Namun adakalanya warna hitam ini membuat kulit Anda semakin samar, sehingga wajah menjadi kurang terlihat.

Jika Anda wanita berhijab, bisa mengimbangi dengan warna kerudung agar hasil fotonya tampak lebih hidup. Terdapat banyak contoh foto KTP wanita berhijab di internet yang bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi.

Selain tips di atas, Anda juga bisa mencoba menggunakan warna pakaian lembut seperti biru, hijau atau merah muda. Anda juga bisa mengenakan baju hitam atau putih yang tidak solid, artinya ada motif atau corak lain.

Nah, itu tadi beberapa uraian tips guna menjawab pertanyaan foto KTP pakai baju apa. Semoga tulisan ini bermanfaat!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.