Bingung Mana yang Lebih Penting, Toner atau Serum? Cari Tahu Disini!
Skincare

Bingung Mana yang Lebih Penting, Toner atau Serum? Cari Tahu Disini!

Mana yang lebih penting, toner atau serum? Ini merupakan pertanyaan yang cukup sulit jawabannya. Pasalnya, kedua produk tersebut sama-sama punya peranan penting di dalam rangkaian perawatan wajah Marshalova.

Admin tidak dapat memilih mana yang lebih penting, sebelum terlebih dahulu mengulas perbedaan antara serum dan toner tersebut. Bagaimana? Apakah kamu merasa penasaran? Yuk, simak terus artikel ini hingga selesai!

Mana yang Lebih Penting, Toner atau Serum? Cari Tahu Disini!

Mana yang lebih penting, toner atau serum?

Pertama kita akan membahas toner terlebih dahulu. Toner merupakan produk perawatan kulit bertekstur cair yang berfungsi untuk membersihkan kulit serta mengembalikan keseimbangan pH kulit. Biasanya kamu memakainya dengan cara mengoleskannya ke wajah yang sudah dibersihkan. Toner juga berfungsi untuk menyegarkan, melembabkan, serta melindungi kulit. 

Hal terpenting yaitu toner punya kemampuan untuk membuat kulit tampak segar dan lembut tanpa merusak kelembaban alami pada kulit Marshalova. Inilah mengapa toner tidak bakal mengiritasi kulit yang sensitif atau membuat kekeringan. Manfaat toner ini antara lain:

  1. Mengecilkan pori-pori di kulit

  2. Mengembalikan keseimbangan pH kulit

  3. Berfungsi sebagai pelembab

  4. Menambah lapisan perlindungan di kulit

  5. Menyegarkan kulit

Baca juga :Cleanser Toner Serum, Jadi Basic Skincare Paling Penting

Apa itu Serum?

Mana yang lebih penting, toner atau serum?

Serum merupakan produk perawatan kulit yang punya formula tinggi nutrisi guna menyehatkan kulit. Kamu perlu mengoleskan serum pada kulit sesudah pembersihan, namun sebelum pelembab. Serum terdiri atas molekul kecil yang bisa masuk jauh ke dalam kulit serta memberikan nutrisi seperti vitamin, ekstrak herbal, dan juga bahan eksfoliasi di kulit.

Terdapat berbagai jenis serum yang tersedia di pasaran. Fungsi serum ini pun berbeda-beda, seperti perawatan kerut, hidrasi, sampai mencerahkan kulit. Serum cenderung bening, berbasis cair atau gel. Lantaran teksturnya yang berair mereka terbilang lebih tipis ketimbang pelembab. Walaupun begitu, serum dapat membantu mengunci kelembaban di wajah. 

Sebelum menggunakan serum ke wajah, bersihkan dulu wajahmu secara keseluruhan. Pastikan tak ada sisa make up atau kotoran dan minyak. Lalu, oleskan beberapa tetes serum di wajah lalu pijat secara lembut memakai ujung jari supaya serum cepat meresap masuk ke dalam kulit kamu.

Baca juga :Memilih Serum untuk Jerawat dan Bruntusan yang Tepat, Ini Caranya!

Perbedaan Toner dan Serum

Definisi

Toner merupakan produk skincare cair untuk membersihkan kulit serta mengembalikan keseimbangan pH kulit. Sedangkan sirup merupakan produk skincare yang punya formula terkonsentrasi dengan bahan aktif yang dirancang untuk menembus ke dalam kulit.

Fungsi

Perbedaan toner dan serum selanjutnya yaitu dari fungsinya. Toner bisa mengembalikan pH kulit ke tingkat normal, melembabkan, dan juga membuat kulit lebih segar. Di sisi lain, serum memberi konsentrasi tinggi bahan aktif di kulit, melembabkan, serta mengatasi permasalahan perawatan kulit seperti garis halus dan kerutan.

Aplikasi

Toner dioleskan dengan memakai kapas, lalu sapukan ke kulit secara menyeluruh. Sedangkan serum harus kamu pijat dengan lembut pada kulit.

Konsistensi

Serum punya konsistensi yang lebih kental ketimbang toner.

Kemasan

Biasanya toner dikemas dalam botol yang lebih besar, sedangkan serum dikemas dalam botol yang lebih kecil dengan pompa atau drop. 

Harga

Bisanya harga toner lebih murah daripada serum.

Kesimpulan

Perbedaan utama antara toner dan serum yaitu toner membersihkan kulit & mengembalikan keseimbangan pH kulit. Sedangkan serum memberi konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi pada kulit. Inilah yang membuat admin sulit untuk memilih mana yang lebih penting. Toner serta serum memiliki fungsi berbeda, namun sama-sama penting untuk perawatan wajah.

Sehingga, kamu tidak dapat memilih salah satu saja, ya! Hendaknya kamu mengenakan kedua produk tersebut untuk memperoleh hasil yang maksimal. Kesimpulannya, mana yang lebih penting, toner atau serum? Keduanya sama-sama penting! So, jangan lupa untuk mengenakan dua produk tersebut tiap hari, ya!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.