Bisa Fatal! Ketahui Perbedaan Ampoule dan Serum agar Tidak Salah Pilih
Skincare

Bisa Fatal! Ketahui Perbedaan Ampoule dan Serum agar Tidak Salah Pilih

Marshalova suka bingung gak sih saking banyaknya skincare yang beredar di pasaran? Ada berbagai produk skincare yang mirip-mirip di pasaran seperti essence, cream, gel, serum, ampoule, moisturizer, dan lain sebagainya. Nah, Marshalova tentu tak asing kan dengan produk serum dan ampoule? Kedua skincare ini cukup mirip dari segi tekstur dan penampakannya. Lalu, apa, ya, beda serum dan ampoule? Marshalova, ketahui perbedaan ampoule dan serum agar tidak salah pilih, ya! Salah-salah bukannya kulit membaik justru makin memburuk. Yuk simak, agar hasilnya tidak fatal.

Yuk, Ketahui Perbedaan Ampoule dan Serum agar Tidak Salah Pilih

ketahui perbedaan ampoule dan serum agar tidak salah pilihan

Jenis kedua skincare ini pasti sudah sering Anda gunakan. Agar tak salah pilih, Anda harus mengetahui perbedaan keduanya karena kedua skincare ini memiliki fungsi yang berbeda. Apabila salah menggunakan, justru bisa timbul masalah kulit lainnya.

Serum merupakan produk yang mengandung bahan aktif berkonsentrasi tinggi. Serum memiliki berbagai macam tekstur dari cair hingga kental. Produk ini juga memiliki partikel yang tentu lebih halus dibanding pelembab biasa, sehingga dapat menyerap ke dalam lapisan kulit.

Biasanya, serum digunakan untuk mengatasi masalah khusus pada kulit seperti flek, penuaan, jerawat, dan sebagainya. Serum ini biasanya digunakan secara rutin setiap hari agar hasil lebih maksimal.

Nah setelah mengetahui apa itu serum, Anda juga harus ketahui perbedaan ampoule dan serum agar tidak salah pilih. Ampoule sendiri merupakan produk memiliki kandungan zat aktif yang lebih tinggi daripada serum. Ampoule juga berfungsi untuk mengatasi masalah kulit Anda secara lebih spesifik dan memaksimalkan kerja produk setelahnya.

Produk perawatan kulit wajah ini memiliki tekstur yang lebih licin dan ringan daripada serum, sehingga mudah diserap kulit. Karena kandungannya yang tinggi, ampoule biasanya digunakan beberapa kali saja dalam seminggu bahkan 1 – 2 minggu sekali.

Baca juga:Manfaat Menggunakan Produk Sunscreen Emina untuk Kulit Sensitif

Apakah Ampoule dan Serum Boleh Dipakai Bersama?

Serum dan ampoule sebenarnya bisa dipakai bersamaan. Menggabungkan keduanya dapat membantu mengatasi masalah kulit Anda dengan lebih cepat. Namun, beberapa orang mungkin memiliki masalah kulit sensitif. Kulit sensitif biasanya akan bereaksi bila menggunakan kedua produk ini terutama ampoule. Kulit bisa terasa perih, gatal, mengelupas, panas, bahkan menimbulkan jerawat.

Pemilik kulit sensitif ini harus berhati-hati dengan penggunaan 2 produk ini apalagi bila memakai keduanya secara bersamaan. Cobalah menggunakan 2 produk ini dengan konsentrasi dan jumlah yang kecil terlebih dahulu. Bila sekiranya kulit dapat menerima, barulah menaikkan konsentrasi produk dan menggabungkan keduanya.

Senantiasa pantau reaksi kulit terhadap penggunaan produk. Apabila kulit terasa perih, gatal, dan panas secara terus menerus artinya kulit mengalami iritasi dan tanda tidak cocok memakai serum serta ampoule. Segera hentikan pemakaian produk dan jangan menggunakan produk secara bersamaan.

Baca juga:Serum Wajah Pria yang Bagus Perawatan Berikan Hasil yang Maksimal

Anda juga harus jeli terhadap aturan pemakaian produk dan kontraindikasi. Ada beberapa kandungan serum dan ampoule yang tidak boleh dipakai bersamaan. Anda pula serum dan ampoule yang tidak boleh digunakan setiap hari. Beberapa serum dan ampoule bahkan ada yang hanya boleh digunakan di malam hari saja.

Memperhatikan aturan pemakain produk sangat penting, ya, Marshalova. Pemakaian produk yang berlebihan dan tidak sesuai aturan ini bisa memperparah keadaan kulit Anda, lho. Jadi Marshalova wajib berhati-hati.

Hal yang juga penting selain aturan pemakaian yaitu memakai sunscreen di siang hari. Sunscreen ini akan membantu melindungi kulit wajah dari paparan matahari. Terlebih setelah menggunakan serum dan ampoule di malam hari. Penggunaan sunscreen ini wajib, ya, Marshalova. Nah demikian tadi Marshalova sudah ketahui perbedaan ampoule dan serum agar tidak salah pilih.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.