Body Butter, Body Lotion, dan Body Cream, Apa Bedanya?
Body

Body Butter, Body Lotion, dan Body Cream, Apa Bedanya?

Duh kulit kering banget nih! Ada body butter, body lotion, sama body cream, apa bedanya ya? Huh bingung! Nah, ketahui perbedaan body butter, body lotion dan body cream di sini! 

Jika berbicara soal perawatan, bukan saja hanya soal kulit wajah. Wajah merupakan hal yang paling penting untuk dirawat. Bukan hanya wajah, kulit lengan serta kaki juga perlu dirawat agar tetap sehat berseri sehingga bikin tampilan kita makin pede. Permasalahan pada kulit bukan hanya pada wajah saja, pada kulit kaki dan lengan pun juga. Masalah yang paling umum pada kulit lengan dan kaki biasanya terlihat kusam dan kulit kering. 

Biasanya, umumnya setelah mandi, kita akan mengoleskan moisturizer ke badan agar kulit tidak kering dan lembap. Moisturizer untuk badan pun beragam macamnya, yang paling umum ada body lotion, body butter, dan juga body cream. Sekilas ketiganya tampak sama, tapi jika diperhatikan lebih lanjut, terdapat perbedaan antara ketiganya. Apa saja perbedaannya? Simak penjelasannya berikut ini.

Body Lotion

Kita mungkin sudah tidak asing lagi jika mendengar kata body lotion. Moisturizer jenis ini bahkan bisa kita temukan dalam hingga produk bayi. Secara tekstur, body lotion memiliki tekstur yang lebih ringan dibandingkan dengan body cream atau body water. Karena teksturnya yang ringan, cairan body lotion dapat lebih meresap pada kulit tetapi akan sedikit effort untuk mengoleskan secara berkala setiap waktu karena kelembapannya tidak terlalu bertahan lama. 

Ingredients dasar yang ada pada body lotion sebagian besar air, minyak, dan bahan-bahan pelembap lainnya. Body lotion juga mengandung Vitamin E dan asam lemak esensial untuk menjaga kulit agar tetap terhidrasi. 

Body Butter

Berbeda dengan lotion dan cream, body butter memiliki tingkat kelembapan yang paling tinggi dibandingkan dengan body lotion atau body cream. Body butter memiliki kandungan minyak esensial, butter, dan mineral yang bertujuan menghidrasi kulit. 

Seperti namanya, tekstur body butter seperti mentega dan paling tebal dan kental di antara body lotion dan body cream. Karena teksturnya yang tebal, kelembapan body butter dapat bertahan lebih lama dari pelembap manapun, sehingga sangat cocok untuk kamu yang punya masalah kulit kering yang parah dan kasar. Karena teksturnya yang kental juga, butuh waktu yang lebih untuk membuat body butter yang telah kamu olesi meresap ke kulit.

Body Cream

Body cream memiliki tekstur yang lebih tebal dari body lotion tetapi lebih ringan dari body butter. Bahan utamanya terbuat dari minyak esensial dan air.  Kadar minyak esensial pada body cream lebih banyak dibanding body lotion. Walaupun tidak sebanyak keduanya, body cream memiliki kandungan emolien seperti pada body lotion dan body butter yang berfungsi untuk menghidrasi kulit. Karena teksturnya yang creamy, pelembap ini membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama untuk meresap pada kulit. 

Jadi, perbedaan dari ketiganya didasari oleh perbandingan kadar bahan-bahan yang digunakan. Namun, ketiganya sama-sama dapat menghidrasi kulit kamu dengan ampuh. Penggunaan ketiganya dapat disesuaikan dengan jenis kulit kamu. Body lotion yang memiliki lebih banyak kandungan air dan sedikit kandungan minyak lebih cocok untuk kamu yang punya masalah kulit berminyak atau mudah berkeringat karena sensasi melembapkannya yang ringan. Jika kamu mempunyai masalah kulit kering yang parah, kamu dapat menggunakan body butter atau body cream karena kandungan minyak esensialnya yang lebih banyak membuat kulit kamu lebih cepat lembap dan tahan lama. 

Jadi, gimana ladies? Sudah nggak bingung lagi kan apa perbedaannya?  [Felicia Amelinda]

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.