Body Shaming Bullying, Dampak Yang Timbul Dari Tindakan Ini
Lifestyle

Body Shaming Bullying, Dampak Yang Timbul Dari Tindakan Ini

Body Shaming Bullying merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menyebut tindakan mempermalukan orang lain dalam hal fisik. Perundungan seperti ini terjadi dan sering membuat orang menjadi tidak percaya diri.

Seperti menjadi kunci dan standar sebuah kecantikan. Komentar miring dan tidak pantas tersebut akan sering digunakan sebagai bahan bercandaan.

Padahal membawa topik tersebut cukup sensitif dan tidak pantas. Kita tidak pernah tahu apa yang tersembunyi dibalik perasaan seseorang tersebut.

Maka dengan adanya ejekan seperti ini banyak orang yang akhirnya rela merubah penampilan. Demi terhindar dari stigma masyarakat yang cukup kejam.

Baca Juga: Miliki Tubuh Langsing dengan Pola Makan untuk Menurunkan Berat Badan dalam 1 Minggu!

Body Shaming Bullying Jadi Alasan Merawat Diri

Kasus mengenai perundungan secara fisik baik bentuk badan dan lainnya menjadi alasan utama orang mau merubah diri. Apabila kita mulai sadar akan merawat diri tentu akan menjadi alasan yang baik.

Tetapi jangan sampai Anda berubah demi orang lain. Kita merawat diri dan menjaga tubuh agar semakin sehat terawat tentu saja.

Maka dari itu kita perlu meluruskan niat awal dari melakukan perawatan diri yang semakin baik. Namun ingat bahwa berbagai ejekan atau perkataan tidak pantas mengenai fisik orang lain jelas tidak akan dibenarkan sama sekali.

Perundungan seperti ini memang bisa membawa perubahan baik terhadap seseorang. Tetapi tidak jarang juga banyak yang akhirnya patah semangat akan hal ini.

Dampak Body Shaming Bullying

Body Shaming Bullying

Penyerangan secara verbal dan fisik seperti ini akan memberikan dampak yang cukup berpengaruh terhadap seseorang. Mungkin saja orang tidak saling sadar bahwa berbagai lontaran perkataan yang mengganggu pikiran akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Berikut ini dampak yang bisa timbul pada seseorang karena tindakan seperti ini.

Kesehatan Mental

Pertama seseorang pasti akan merasakan  tekanan tersendiri. Sehingga perasaan tidak layak dan merasakan tidak percaya diri. Maka dampak seperti ini tepat mengenai mental seseorang tersebut.

Mungkin pada mulanya hanya malu, tapi perasaan seperti ini akan berlanjut dan bahkan merasakan tidak pantas. Jika sudah sejauh ini akan ada perasaan untuk tekanan bahkan ketika melihat dan membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Baca Juga: Tak Hanya Kebaya, 6 Inspirasi Baju untuk Acara Wisuda Ini Bakal Bikin Penampilanmu Standout

Gangguan Makan

Perlakukan Body Shaming yang paling banyak terjadi adalah perundungan fisik. Misalnya seperti sapaan mengenai kondisi terkini tubuh seseorang. Sekarang gendutan ya? Sekarang kurusan ya? Ucapan singkat seperti ini bisa menghantam pikiran seseorang.

Sehingga mereka bisa sampai pada titik enggan untuk melakukan makan seperti biasa. Ada yang berakhir memuntahkan makanan karena takut bertambah berat badan. Namun ada juga yang justru memaksakan makan terus menerus hingga akhirnya malah sakit.

Tidak Percaya Diri

Pada akhirnya seseorang yang menerima Body Shaming seperti ini akan mendapatkan dampak secara langsung. Mereka tidak akan memiliki kepercayaan diri seperti orang lain. Sehingga ketika tampil di tempat umum atau terbuka mereka memilih menepi. Tidak berusaha mencari perhatian dari orang sekitar.

Perilaku menutup diri seperti ini karena perasaan tidak pantas yang membebani diri. Maka dari itu banyak sekali perkataan menyakitkan yang bisa jadi kita anggap basa-basi namun justru menyakitkan. Akan lebih baik apabila kita tetap bercanda namun dalam hal yang tidak saling menyakiti.

Kita bisa mulai merawat diri dan menjadi diri sendiri. Standar yang lebih baik namun dalam versi masing-masing, tidak membandingkan dan merasakan tidak pantas.

Body Shaming Bullying seperti ini menjadi edukasi yang sangat perlu sedari dini. Sehingga kita lebih bisa saling menghargai baik pada diri sendiri atau orang lain sekalipun.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.