Bolehkah Memakai Kutek Setelah Wudhu? Ini Jawabannya!
Nails

Bolehkah Memakai Kutek Setelah Wudhu? Ini Jawabannya!

Mempercantik diri merupakan keinginan bagi mayoritas kaum wanita. Salah satu cara mempercantik diri yakni dengan menghias kuku dengan cat kuku. Ada yang menghias warna merah, biru dan yang lainnya. Lalu apakah memakai kutek setelah wudhu bisa membatalkan wudhu?

Hal yang harus dilakukan wanita saat menggunakan cat kuku, sebaiknya menghilangkannya terlebih dahulu sebelum berwudhu. Terlebih apabila bahan dari cat kuku tersebut dapat menghalangi masuknya air wudhu menuju kuku-kuku yang harus dibasuh.

Hukum Bagi Wanita Memakai Kutek Setelah Wudhu

Kutek adalah cat kuku yang biasanya digunakan wanita untuk mempercantik kukunya. Pada dasarnya, hukum memakai kutek yakni diperbolehkan. Sebab, menggunakan kutek merupakan upaya dalam memperindah kuku dengan pewarna. Para perempuan di masa Rasulullah SAW juga seringkali mewarnai kukunya dengan pacar/inai/henna.

Bahkan Rasulullah SAW menganjurkan perempuan untuk berhenna, sehingga menjadi pembeda antara jari laki-laki dan perempuan. Hingga munculnya istilah nail art (seni untuk menghias kuku). Seni mengecat kuku menggunakan berbagai desain juga warna supaya kuku menjadi lebih cantik.

Baca Juga:Yuk, Kenali Ciri-ciri Kuku yang Sehat Agar Terbebas Dari Penyakit!

Sebenarnya, jika nail art atau menghias kuku dengan cat kuku ini bukan termasuk dalam karakteristik wanita-wanita kafir. Maka setiap wanita muslimah boleh-boleh saja menggunakannya. Namun, apabila ternyata hal tersebut termasuk dalam perbuatan meniru gaya wanita kafir, tentu kamu tidak boleh melakukannya.

Oleh karena itu, sebelum menggunakannya kamu perlu memperhatikan bahan yang digunakan dalam pembuatan kutek. Pastikan tidak ada unsur haram yang tercampur di dalamnya. Selain itu, mengenai sah atau tidaknya wudhunya wanita yang menggunakan kutek.

Hal itu juga tergantung dari bahan kutek tersebut. Pasalnya, ada kutek yang bisa menyerap air, namun ada juga yang waterproof atau tahan air. Umumnya, kutek yang waterproof tidak mudah rusak dan juga tahan lebih lama. Salah satu syarat sah wudhu yakni membasuh anggota-anggota wudhu, seperti bagian tangan dari ujung jari hingga siku. Sehingga kuku menjadi satu anggota dari tangan yang wajib dibasuh.

Kamu perlu memilih kutek yang dapat menembus air agar tidak menghalangi masuknya air ke kuku. Sehingga wudhu tetap sah, meskipun menggunakan kutek. Sementara kutek waterproof dapat menghalangi masuknya air ke dalam kukunya.

Dengan demikian, wanita yang memakai kutek dengan jenis waterproof tidak sah wudhunya. Begitu pula saat shalat, maka shalatnya menjadi tidak sah. Hal ini karena syarat sahnya shalat yakni wudhu yang sah. Apabila wanita menggunakan kutek, sebaiknya ia membersihkan kutek terlebih dahulu sebelum berwudhu. 

Baca Juga:Praktis! Cara Menghias Kuku Tanpa Kutek Paling Mudah

Bagaimana dengan Inai/Pacar Kuku?

Inai atau pacar kuku sifatnya berbeda dengan kutek. Inai memberikan pewarnaan saja pada kuku, namun tidak merubah ketebalan kuku atau tidak membuat lapisan di atas kukunya. Sedangkan kutek merupakan sesuatu yang menempel di kuku. Sehingga ada lapisan yang bisa menghalangi mengalirnya air. Selama penggunaan inai ini tidak dicampur dengan sesuatu yang bisa menghalangi jalannya air, maka diperbolehkan menghias kuku setelah wudhu.

Selain itu, ada hal yang tidak boleh dilupakan yakni faktor keamanan dan kesehatan. Kutek yang banyak bermunculan saat ini, tentunya tidak sama dengan kutek zaman dahulu yang berbahan alami. Saat ini kutek diracik menggunakan campuran berbagai macam bahan kimia.

Apabila terlalu sering dipakai, maka juga akan memiliki dampak negatif pada kesehatan kuku. Perlu diketahui bahwa segala sesuatu yang membahayakan diri sendiri dan orang lain itu hukumnya terlarang.

Memakai kutek setelah wudhu diperbolehkan, selama bahannya tidak menghalangi masuknya air ke kuku Marshalova.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.