Breakout Selama Pandemi? Ini Dia Tips Menghilangkan Jerawat Meski dari Rumah Saja
Skincare

Breakout Selama Pandemi? Ini Dia Tips Menghilangkan Jerawat Meski dari Rumah Saja

Siapa di sini yang selama pandemi dan di rumah saja malah timbul banyak jerawat juga breakout? Lho, kok bisa? Seharusnya selama di rumah aja kulit bisa jadi lebih sehat, lebih cerah, dan terawat karena enggak terkena paparan debu, kotoran, atau sinar matahari. Ternyata banyak faktor yang menyebabkan wajah breakout dan timbul jerawat meski stay at home. Supaya wajahmu kembali mulus lagi, ini dia cara menghilangkan jerawat dengan cepat dan cara mengatasi breakout selama di rumah aja. Keep scrolling!

Faktor Penyebab Jerawat Selama di Rumah Aja

Meskipun selama di rumah aja wajah enggak terpapar kotoran atau sinar matahari, tapi tetap bisa timbul jerawat dan bahkan breakout parah. Ternyata, ada hal-hal penyebab breakout dan jerawatan yang mungkin tanpa sadar sering kamu lakukan selama di rumah aja. Apa aja, sih?

Makan sembarangan

Selama di rumah aja mungkin kamu sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat, seperti kue, snack, gorengan, atau mie instan karena kehabisan bahan makanan. Selain karena kehabisan makanan, rasa bosan pasti melanda selama di rumah aja. Hal itulah yang membuat kamu bingung harus melakukan apa, akhirnya memilih untuk makan cemilan manis. Belum lagi adanya kemudahan akses untuk pesan makan lewat ojek online yang membuat kamu keseringan beli junk food, fast food, serta minuman kekinian.

Makanan dan minuman tersebut memiliki indeks glikemik yang tinggi yang dapat meningkatkan produksi hormon insulin yang memicu peningkatan hormon androgen, sehingga produksi sebum di wajah ikut meningkat. Produksi sebum yang meningkat adalah salah satu penyebab timbulnya jerawat. 

Tidak Mengganti Sprei dan Sarung Bantal

Aktivitas selama di rumah aja jadi berkurang dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk berbaring di tempat tidur.  Kalau kamu jarang mengganti sprei dan sarung bantal, kotoran akan terus menumpuk dan bakteri jadi bersarang di sana. Apalagi wajahmu bersentuhan langsung dengan sarung bantal selama tidur. Bakteri dan kotoran ini bisa menyebabkan timbulnya jerawat dan memperparah peradangan. 

Malas Memakai Skincare

Mungkin kamu berpikir kalau di rumah aja enggak butuh pakai skincare karena wajah enggak terpapar oleh debu dan sinar matahari secara langsung. Eits, jangan salah, Girls! Debu dan kotoran di dalam rumah enggak kalah banyak dari debu yang ada di luar. Selain itu, sinar matahari juga bisa masuk melalui jendela. Kelenjar minyak juga tetap memproduksi minyak alami wajah selama kamu di rumah aja. Kalau kamu malas memakai skincare selama di rumah aja, maka wajahmu akan semakin kusam dan berjerawat karena enggak ada yang membersihkan kotoran yang menempel serta melindungi wajahmu dari sinar matahari.

Cuci Muka Terlalu Sering

Ada dua tipe orang selama di rumah aja. Yang pertama yang malas memakai mencuci muka, sedangkan yang kedua adalah yang terlalu sering mencuci muka. Kedua tipe orang ini sama-sama bisa berjerawat selama di rumah aja. 

“Lho, kok sering mencuci muka malah jerawatan. Harusnya jadi bersih dong?”

Jangan salah, Girls! Terlalu sering mencuci muka menyebabkan minyak alami di wajah berkurang. Jika minyak alami di wajah berkurang, maka wajah rentan iritasi karena terlalu kering. Belum lagi kamu keseringan menggunakan scrub yang bisa memicu terjadinya inflamasi. 

Kamu tetap membutuhkan minyak alami di wajah karena minyak tersebut akan membentuk skin barrier yang melindungi kulit dari bakteri penyebab jerawat.

Stres

Bagi orang yang terbiasa berinteraksi dengan banyak orang dan suka berpergian pasti akan merasa jenuh saat harus berdiam diri di rumah aja. Selain itu, ada banyak penyesuaian yang harus dilakukan selama pandemi, termasuk kerja dan kegiatan belajar mengajar yang dilakukan secara daring. Penyesuaian ini menyebabkan timbulnya beban pikiran yang menimbulkan stres. 

Stres akan meningkatkan produksi hormon kortisol yang bisa merangsang produksi minyak berlebih di wajah. Itulah mengapa stres bisa menyebabkan kamu jadi berjerawat.

Tips Menghilangkan Jerawat Selama di Rumah

Supaya kulitmu membaik dan enggak breakout lagi selama stay at home, kamu bisa ikuti beberapa tips di bawah ini sebagai cara menghilangkan jerawat di rumah.

Banyak Makan Buah, Sayur, dan Minum Air Putih 

Daripada kamu mengonsumsi makanan manis dan rendah nutrisi seperti kue, snack, gorengan atau mie instan, lebih baik kamu perbanyak konsumsi buah dan sayur yang kaya akan kandungan serat, mineral, serta vitamin. Kamu bisa stok buah dan sayur untuk satu minggu ke depan dan menyimpannya di dalam kulkas supaya kamu enggak kehabisan bahan makanan. 

Selain itu, kurangi jajan minuman kekinian seperti boba. Ganti minumanmu dengan air putih yang bagus untuk kesehatan tubuh juga kulit. Air putih dapat melembapkan kulit dan membuat kulit tampak lebih cerah. Usahakan minum 8 gelas setiap hari supaya kulitmu tetap terhidrasi.

Mengganti Sprei dan Sarung Bantal Seminggu Sekali

Sprei dan sarung bantal yang jarang diganti akan menjadi sarang bakteri penyebab jerawat. Kamu harus rutin mengganti sprei dan sarung bantalmu minimal seminggu sekali supaya kamu bisa tidur dengan bersih dan nyaman. Jika tempat tidurmu bersih, maka wajahmu enggak mudah breakout dan berjerawat. 

Rutin Pakai Skincare

Selama di rumah aja kamu tetap wajib memakai skincare secara rutin agar kulit tetap sehat dan terawat. Kamu harus membersihkan kotoran dan minyak yang menempel di wajah dengan mencuci muka secara rutin 2 kali sehari. Penting juga untuk memakai sunscreen setiap pagi dan diaplikasikan ulang setiap dua jam sekali supaya kulitmu terlindungi dari sinar matahari yang masuk melalui jendela. 

Tetap Produktif

Rasa bosan dan jenuh selama di rumah aja pasti dialami oleh semua orang. Supaya kamu enggak cepat bosan, kamu bisa lakukan berbagai kegiatan positif, seperti membaca buku, berkebun, menulis, menjahit, mendekorasi ulang kamar, dan berolahraga supaya tubuh tetap sehat. Dengan banyak beraktivitas, pikiran jadi lebih tenang dan enggak mudah stres. 

Jadi, itulah tips menghilangkan jerawat selama di rumah aja. Jangan lupa untuk tetap menjaga kesehatan, jaga pikiran, dan tetap semangat supaya tubuh sehat dan kulit bebas jerawat.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.