Cara agar Rambut Cepat Panjang dan Sehat Alami yang Terakhir Pantang Dilakukan
Hair

Cara agar Rambut Cepat Panjang dan Sehat Alami yang Terakhir Pantang Dilakukan

Mungkin nggak sih ada cara agar rambut cepat panjang dan sehat? Rambut panjang dan sehat menjadi dambaan semua wanita.

Berbeda dengan memotong, untuk memanjangkan rambut diperlukan ketelatenan dan kesabaran. Menunggu rambut agar cepat panjang membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

8 Cara Alami agar Rambut Cepat Panjang dan Sehat Sempurna

Rata-rata rambut bertambah panjang sekitar 1,5 cm setiap bulannya. Hal ini berlaku untuk rambut yang kondisinya super sehat dengan ujung bercabang minimal.

Sayangnya, tidak semua orang mengalami pertumbuhan rambut yang sempurna. Faktor yang mempengaruhi pertumbuhan rambut lambat antara lain genetika, hormon, penggunaan alat styling, dan lain-lain. Namun, tidak perlu khawatir karena kamu bisa mencoba cara sederhana agar rambut cepat panjang.

1. Cuci Rambut dengan Cara yang Benar

cara agar rambut cepat panjang

Laju pertumbuhan rambut dipengaruhi dari kesehatan akarnya. Jadi, pastikan kamu lebih fokus memperhatikan nutrisi yang harus tercukupi pada akar rambut.

Usahakan shampo yang kamu gunakan sesuai kebutuhan dan jenis rambutmu. Shampo yang bagus mengandung antibakteri yang mampu menjaga kulit kepala senantiasa bersih dan terlindung dari bakteri.

Pilih shampo dengan kandungan non-sulfat, karena minyak alami rambut akan terkikis olehnya, padahal kamu membutuhkan minyak tersebut untuk membantu rambut cepat tumbuh dengan sehat.

Baca: Penyebab Kulit Kepala Terasa Gatal dan Cara Mengatasinya, Cek Disini!

2. Pakai Air Dingin Saja

cara agar rambut cepat panjang

Hindari penggunaan air hangat dan atau panas saat keramas karena akan membuat kelembaban rambut berkurang dan produksi sebum berlebih di kulit kepala. Air dingin akan membuat lapisan dermis rambut lebih halus, mencegah kelembaban rambut hilang, dan kerusakan akibat panas.

3. Rutin Pijat Kulit Kepala

cara agar rambut cepat panjang

Meski sederhana, namun cara ini lebih efektif untuk memicu pertumbuhan rambut. Cara memijat kulit kepala untuk membantu menumbuhkan rambut adalah mulai dari tepi pinggir rambut menuju arah belakang atau tengah. 

Lakukan pijatan ke belakang menggunakan ujung jari secara perlahan namun konsisten. Gunakan juga teknik pijat memutar setelahnya.

4. Jaga Kelembaban Rambut

cara agar rambut cepat panjang

Cara membuat rambut lebih cepat panjang berikutnya adalah dengan menjaga kelembabannya. Cara ini berguna agar rambut tetap elastis dan tidak mudah rapuh.

Gunakan produk hair care seperti kondisioner, serum, dan masker rambut. Masker rambut alami dari minyak esensial dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut, seperti minyak kelapa, rosemary, jojoba, dan zaitun.

5. Konsumsi Makanan Sehat

cara agar rambut cepat panjang

Konsumsilah jenis pilihan makanan dapat kamu andalkan untuk memanjangkan rambut. Pilih makanan yang tinggi protein, sehingga baik untuk mendukung pertumbuhan sel tubuh, termasuk sel rambut.

Contoh makanan tersebut adalah ikan, telur, kacang-kacangan, buah alpukat dan berry, serta daging tanpa lemak. Selain itu konsumsilah vitamin perangsang pertumbuhan rambut.

Baca: Ternyata Ini 5 Cara Rambut Cepat Panjang dan Tumbuh Kuat, Wajib Coba!

6. Kelola Stres

cara agar rambut cepat panjang

Salah satu faktor yang menyebabkan pelepasan hormon kortisol berlebih adalah stres yang tidak terkontrol. Produksi hormon kortisol berlebih akan berakibat pertumbuhan rambut terhambat. Jadi, pandai-pandailah mengelola stres untuk mendapatkan rambut panjang lebih cepat.

7. Hindari Bleaching

cara agar rambut cepat panjang

Tren remaja milenial saat ini adalah gonta ganti warna rambut dan bleaching. Stop anggap remeh efek bleaching. Kulit kepala luka akibat bleaching disebabkan karena terpapar bahan kimia yang digunakan.

Bleaching akan membuat rambut menjadi bercabang dan kering dari sebelumnya. Akibatnya sel-sel kulit dan rambut akan rusak pada bagian pangkalnya.

8. Hindari Membungkus Rambut yang Masih Basah

cara agar rambut cepat panjang

Kesalahan terbesar yang sering dilakukan adalah membungkus rambut dalam keadaan basah dengan handuk. Akibatnya rambut akan lebih mudah rapuh.

Rambut dalam keadaan basah menjadi lemah dan rentan rusak. Saat membungkusnya dengan handuk, maka secara otomatis kamu menyumbang faktor kerontokan rambut dan membawa kondisi rambut lebih parah lagi.

Gunakan handuk microfiber untuk mengeringkan rambut yang basah dan peras secara perlahan. Setelah itu biarkan rambut kering alami.

Lakukan beberapa cara agar rambut cepat panjang di atas secara rutin sampai kamu mendapatkan rambut panjang idaman kamu.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.