Cara Ampuh Mencerahkan Siku dan Lutut yang Hitam dengan Mudah dan Cepat
Body

Cara Ampuh Mencerahkan Siku dan Lutut yang Hitam dengan Mudah dan Cepat

Siku dan lutut yang menghitam memang sebuah persoalan yang harus segera diatasi. Permasalahan ini tentu mengganggu penampilan dan membuat kamu tidak percaya diri. Untuk itulah Marsha Beauty pada artikel kali ini akan menghadirkan tips bagaimana cara mencerahkan siku dan lutut yang hitam. Baca sampai habis, ya!

Penyebab Siku dan Lutut yang Menghitam

Pada dasarnya, memiliki kulit pada bagian lutut dan siku yang lebih hitam daripada area lainnya adalah suatu hal yang wajar. Hal ini dikarenakan area tersebut sering terjadi gesekan dengan benda atau sesuatu lainnya. Gesekan inilah, yang terjadi terus menerus, yang secara tidak kita sadari menyebabkan kulit tersebut menghitam.

Menghitamnya warna kulit pada bagian siku dan lutut adalah bentuk dari hiperpigmentasi yang terjadi karena saat itu kulit memiliki jumlah melanin yang berlebih. Melanin sendiri merupakan pigmen yang memberi warna pada kulit.

Selain itu, ada beberapa faktor-faktor yang menyebabkan kulit dan siku menghitam, seperti genetik, efek penuaan, tidak menjaga kebersihan, efek samping obat, paparan sinar matahari, atau kuit kering.

Cara Mengatasi Siku dan Lutut yang Hitam

Meskipun kuit pada siku dan lutut yang hitam bukan merupakan hal yang berbahaya, tapi untuk menunjang penampilan kamu perlu mengatasinya. Yuk, simak tipsnya berikut ini:

Gel Lidah Buaya

Cara mencerahkan lutut dan siku hitam yang pertama adalah dengan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya mengandung senyawa bernama aloesin yang dipercaya dapat mencerahkan kulit. Seperti yang dilansir dari sebuah studi di Clinical dan Experimental Dermatology pada tahun 2002 yang menyatakan bahwa aloesin dapat mengurangi hiperpigmentasi, khususnya yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Caranya adalah cukup dengan mengoleskan 1 sendok makan gel lidah buaya ke lutut dan siku. Gunakan tangan yang bersih saat mengoleskan lidah buaya ke siku dan lutut, lalu pijat dengan lembut. Lakukan hal ini secara rutin, 2 sampai 3 kali seminggu untuk menghasilkan perubahan yang optimal.

Mentimun

Salah satu bahan yang efektif bisa mencerahkan kembali siku dan lutut yang menghitam adalah mentimun. Mentimun punya sifat pemutih dan secara alami bisa membasmi sel-sel kulit mati, sekaligus menjaga kulit agar terjaga kelembapannya. Kandungan vitamin A dan C pada mentimun akan membantu kulit tetap sehat dan segar.

Pernah dengar kan mentimum dipakai untuk menghilangkan mata panda? Ya, seperti itulah kira-kira cara mainnya.

Untuk menggunakan mentimun sebagai bahan pencerah siku dan kulit yang menghitam, cukup dengan mengiris mentimun yang tebal. Lalu, gosok secara perlahan pada bagian lutut dan siku selama 15 menit. Biarkan hingga 5 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Lemon

Lemon merupakan bahan alami yang baik dan populer untuk mencerahkan kulit, termasuk di bagian lutut dan siku yang gelap. Lemon memiliki kandungan antioksidan dan vitamin C yang bermanfaat untuk meregenerasi kulit dan meningkatkan kecerahan warna kulit. 

Disarankan kamu juga mencampurkan baking soda yang bisa berperan sebagai pembersih yang efektif dan lembut untuk memutihkan kulit yang gelap.

Caranya adalah ambil lemon dan potonglah menjadi 2 bagian. Kemudian, taburkan 1 sendok makan baking soda di atas 2 irisan lemon tersebut. Setelah itu, gosokkan lemon tersebut ke lutut dan siku, diamkan selama 15 menit. Yang terakhir, bilaslah dengan air hangat hingga bersih. Lakukan langkah ini minimal setiap 2 hari sekali untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

Kunyit

Bahan selanjutnya yang bermanfaat untuk mencerahkan kulit adalah kunyit. Kunyit mengandung kurkumin yang bisa mengurangi atau mengatasi kelebihan produksi melanin.

Seperti yang dilansir dari studi di Phytotherapy Research pada tahun 2012, yang menemukan bahwa kandungan kurkumin pada kunyit bisa menghambat aktivitas tirosinase. Pada kondisi ini sintesis melanin akan terhambat dalam proses meng-hiperpigmentasi kulit.

Cara menggunakannya pun mudah, campurkan bubuk kunyit dengan 1 sendok teh, lalu oleskan campuran tersebut pada lutut dan siku. Pijat selama beberapa menit, biarkan hingga kering. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Gunakan Scrub dan Pelembap

Jika dilihat dari faktor yang menyebabkan siku dan lutut yang gelap, yaitu kulit kering, pelembap dipercaya bisa menjadi salah satu solusi untuk mengatasinya. Pelembap akan menutrisi kulit, dan menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan baik.

Pilih pelembap alami, seperti minyak zaitun yang mengandung antioksidan yang dipercaya bisa menjaga kesehatan kulit. Selain itu, kamu bisa pilih pelembap yang mengandung jojoba oil yang bisa melembapkan sekaligus memutihkan kulit.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.