Cara Ampuh Mengatasi Rambut Bercabang Agar Kembali Sehat, Nomor 2 Harus Dibiasakan!
Hair

Cara Ampuh Mengatasi Rambut Bercabang Agar Kembali Sehat, Nomor 2 Harus Dibiasakan!

Rambut bercabang merupakan salah satu masalah rambut yang lumrah terjadi pada wanita, mungkin kamu pernah atau saat ini sedang mengalaminya. Namun, kamu tidak perlu overthinking karena masalah ini, Marsha Beauty akan membahas tentang cara ampuh mengatasi rambut bercabang pada artikel kali ini. 

Girls, dengan perawatan yang tepat, maka masalah rambut bercabang yang kamu alami segera bisa bisa diatasi. Kamu pun bisa kembali mendapatkan kembali rambutmu yang badai berkilau!. 

Ketahui Apa Penyebab Rambut Bercabang

Kerusakan kutikula rambut yang menyebabkan rambut menjadi bercabang terjadi bisa karena beberapa sebab. Salah satunya adalah hair styling yang berlebihan yang tidak kamu sadari, seperti pemakaian pelurus atau pengering rambut dengan suhu tinggi. Aktivitas lain yang juga bisa merusak rambut seperti pewarnaan rambut, bleaching atau pemutihan rambut serta penggunaan produk perawatan dengan bahan kimia yang bersifat keras. 

Faktor lain yang bisa menyebabkan rambut rusak sehingga bercabang adalah terpapar sinar matahari yang sangat terik, kekurangan nutrisi hingga gesekan yang ekstrem dari aktivitas menyisir rambut ataupun mengeringkan rambut dengan handuk.

Tips Praktis Mengatasi Masalah Rambut Bercabang

Untuk menghilangkan rambut bercabang, ada beberapa langkah cara mengatasi rambut bercabang yang bisa kamu praktikkan agar kembali memiliki rambut sehat:

Memotong Ujung Rambut yang Bercabang

cara ampuh mengatasi rambut bercabang

Bagian pertama dari mengatasi masalah rambut yang bercabang adalah dengan menghilangkan bagian rambut yang sudah mengalami kerusakan. Ini adalah cara yang instant ya, Girls! Rambut yang sudah bercabang tidak dapat dipulihkan kembali; sehingga harus dipotong agar tidak menimbulkan cabang atau retak pada bagian rambut yang masih baik. Caranya adalah dengan memotong ujung rambut sepanjang 1 hingga 2 cm untuk menghilangkan bagian yang bercabang atau pecah.

Lebih Hati- hati Saat Menyisir Rambut

cara ampuh mengatasi rambut bercabang

Inilah yang harus kamu biasakan! Menyisir rambut harus dilakukan dengan hati-hati. Meski sedang dalam keadaan terburu-buru, kamu juga harus menyisir rambut dengan lembut. Hal ini disebabkan karena aktivitas menyisir yang kurang hati – hati atau terlalu keras bisa merusak ujung rambut sehingga lapisan kutikula pecah dan rambut menjadi bercabang. Hal inilah yang membuat kerusakan rambut bercabang berkembang menjadi semakin banyak.

Mengurangi Penggunaan Alat Menata Rambut

cara ampuh mengatasi rambut bercabang

Bagian ketiga dari tips mengatasi rambut bercabang adalah mengurangi penggunaan alat penataan rambut. Terutama alat-alat yang melibatkan suhu tinggi dalam penggunaannya seperti pengering rambut dan catok untuk meluruskan ataupun membuat gelombang rambut.

Memakai Serum Sebelum Menata Rambut

cara ampuh mengatasi rambut bercabang

Jika kamu memang butuh melakukan penataan rambut, terlebih dahulu gunakan serum sebelum rambut ditata. Hal ini akan memberi perlindungan pada rambut sebelum aktivitas penataan rambut dilakukan. Serum rambut bisa memberi perlindungan terhadap penggunaan bahan kimia untuk menata rambut ataupun aktivitas menata rambut yang melibatkan pemanasan.

Memakai Masker Rambut dan Kondisioner

cara ampuh mengatasi rambut bercabang

Bagian penting dari cara ampuh mengatasi rambut bercabang adalah melakukan perawatan pada rambut. Bentuk perawatan ini dapat berupa memakai kondisioner setelah mencuci rambut dengan sampo. Kondisioner membuat rambut lebih lembut dan memberi tambahan nutrisi bagi rambut. Memakai masker rambut setidaknya satu kali dalam sepekan juga bisa memberi tambahan asupan nutrisi bagi rambut agar tumbuh sehat.

Menjaga Kesehatan dan Melindungi Rambut

cara ampuh mengatasi rambut bercabang

Bagian terakhir dari cara praktis mengatasi rambut bercabang adalah menjaga kesehatan rambut. Caranya adalah mengonsumsi makanan sehat dan menjalani gaya hidup yang sehat. Hal ini penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan dalam pertumbuhan rambut. 

Sedangkan bagian dari perlindungan pada rambut dapat berupa mencegah rambut terpapar sinar matahari secara berlebih. Caranya dengan menggunakan penutup rambut atau memakai pelembap yang mengandung zinc oxide dan SPF.

Itulah cara ampuh mengatasi rambut bercabang yang bisa Marshalova praktikkan sendiri. Semoga masalah rambut bercabang yang Kamu alami bisa segera teratasi ya.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.