Cara Bibir Pink Alami Tanpa Lipstik, Bisa Kamu Coba di Rumah!
Makeup

Cara Bibir Pink Alami Tanpa Lipstik, Bisa Kamu Coba di Rumah!

Setiap orang terutamanya wanita pasti ingin bibirnya terasa lembut, penuh, dan tampak pink merona. Bibir lembab dan berwarna merah mudah dianggap bibir yang sehat. Memiliki bibir berwarna merah muda natural membuat kamu tidak perlu repot untuk memoles lipstik berulang kali. Nah, gimana sih cara bibir pink alami tanpa lipstik? Simak ulasannya!

Cara Bibir Pink Alami Tanpa Lipstik, Bisa Kamu Coba!

Bibir merupakan bagian kulit yang tidak dilengkapi kelenjar minyak yang menjaga kelembaban. Ada area bibir yang disebut dengan vermilion mempunyai pembuluh darah dengan jumlah yang lebih banyak ketimbang area kulit lainnya. Hal ini memungkinkan pembuluh darah yang ada di area tersebut jadi lebih terlihat. 

Baca juga: Lipstik Wardah Warna Natural untuk Bibir Hitam, Mana yang Jadi Favoritmu?

Penampakan dari pembuluh darah inilah yang membuat bibir memiliki warna merah muda yang cantik, Jika bibir tidak dirawat dengan baik, bisa jadi bibir akan menjadi kasar sampai pecah-pecah. Bibir bisa jadi lebih kusam dan tampak gelap. Maka dari itu, kamu perlu melakukan beberapa cara agar bibir menjadi merah alami. 

1. Scrub Bibir

Scrub bisa membantu untuk membuang sel kulit mati yang terkelupas dimana hal ini bisa memerahkan bibir secara alami. Kamu dapat menggosok bibir menggunakan masker khusus bibir yang bisa dibeli di pasaran atau buatan sendiri. 

Scrub bibir bisa dilakukan setelah mandi dengan sikat gigi berbulu halus atau handuk lembut yang dibasahi dahulu. Gosok secara perlahan agar tidak menyakiti bibir. Setelah itu, lap bibir perlahan dan oleskan lip balm agar tetap lembut dan sehat. 

Dengan cara ini akan membuang sel kulit mati dan merangsang pertumbuhan kolagen baru. Dengan begitu akan memperlambat proses penuaan kulit dan bibir tampak lebih cerah. 

2. Mengkonsumsi Vitamin E

Vitamin E dapat memperlancar sirkulasi darah. Juga dapat membantu menghasilkan sel-sel kulit baru yang dapat membuat bibir lebih lembut. Vitamin E ini salah satu vitamin yang sudah terbukti mampu merangsang proses regenerasi sel kulit, mencegah garis halus, dan meningkatkan sirkulasi. 

Beberapa produk perawatan bibir yang mengandung vitamin E biasanya akan dilengkapi emolien yang dapat membuat bibir tetap lembap. 

3. Menggunakan Lip Balm dengan SPF

Menggunakan lip balm yang memiliki kandungan SPF bisa menjadi kunci utama agar cara mencerahkan bibir berhasil. Teknik ini dilakukan guna menghindari hiperpigmentasi, kerusakan dari lantaran paparan sinar matahari, dan tanda-tanda penuaan pada kulit yang timbul di area bibir ataupun sekitarnya.

Mengoleskan SPF di bibir, wajah, dan area terbuka lainnya merupakan hal yang wajib dilakukan. American Academy of Dermatology merekomendasikan pemakaian lip balm SPF 30 atau lebih dengan kandungan titanium oksida.

4. Menjaga Bibir Tetap Terhidrasi

Sama seperti pada kulit, tingkat hidrasi pada bibir penting guna sebagai salah satu cara menjaga kelembapan dan mencerahkan warnanya. Kamu bisa menjaga bibir tetap terhidrasi dengan minum air putih yang cukup, menghindari menjilat, menggigit atau mencabuti kulit bibir, dan memakai lip balm non-iritasi di dalamnya ada kandungan shea butter atau petrolatum.

Kebiasaan menjilat bibir kering sejatinya malah membuat kondisi kering memarah. Bahkan, mencabuti ataupun sekedar menggigit kulit bibir saja bisa berdampak iritasi dan perdarahan pada bibir. Kebiasaan ini akan memicu masalah baru pada kulit. 

5. Menggunakan Bahan-Bahan Alami

Kamu dapat menggunakan bahan alami untuk memerahkan bibir. Bahan yang bisa kamu pakai seperti lidah buaya, minyak kelapa, jeruk nipis, madu, dan buah-buahan berwarna merah. Caranya, kamu potong buah-buahan tersebut dan dioleskan pada bibir secara merata. Gosok di bibir secara perlahan selama 3-5 menit. 

Baca juga: Cara Memutihkan Gigi Kuning yang Membandel dengan Bahan Alami

Bilas bibir dengan air dan lapisi dengan lip balm untuk mempertahankan warna nya. Nah, itu tadi cara bibir pink alami tanpa lipstik. Kamu bisa mempraktikkan caranya hanya dari rumah. Tetap konsisten untuk melakukan perawatan dan hindari rokok, minuman berkafein, dan alkohol. 

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.