Cara Catok Rambut Curly yang Mudah Dengan Hasil Tahan Lama
Tools

Cara Catok Rambut Curly yang Mudah Dengan Hasil Tahan Lama

Hal yang sering dilakukan perempuan dan menjadi style modern tersendiri adalah mencatok curly rambut yang alaminya lurus. Cara catok rambut curly biasanya dengan menggunakan jenis catokan berbentuk silinder, yang memang sesuai dengan fungsinya. Tapi, kamu juga bisa menggunakan catokan yang biasa digunakan untuk meluruskan rambut.

Uniknya Hair straightener ini juga memiliki fungsi lain selain untuk meluruskan rambut, yaitu mengeritingkan rambut. Namun, cara membuat curly hair menggunakan hair straightener terlihat cukup sulit bagi pemula, padahal tidak juga. Sulit tidaknya tergantung dari jenis gelombang keriting yang kamu buat.

Ada beberapa cara untuk membuat rambut menjadi keriting menggunakan catokan biasa. Berikut ini tiga cara yang telah dikenalkan oleh para beauty vlogger.

1. Easy Lower Curls

Tutorial ini dipopulerkan oleh Molita Lin, beauty vlogger asal Indonesia. Bentuk rambut yang dikeritingkan adalah bagian bawah sehingga cara mencatok curly dengan teknik ini lebih cocok digunakan untuk kamu yang berambut pendek atau kamu yang berambut panjang dan ingin membuat rambutmu tampak lebih mengembang.

Cara melakukannya mudah, yaitu jepit rambut bagian tengah menggunakan catokan, lalu tekan sedikit dan tarik ke bawah rambut. Ketika sampai di ujung, putar catokan hingga ke bagian dalam dan biarkan sedikit lebih lama agar dapat memberikan efek gelombang yang apik dan tahan lama.

2. Loose Curl

Ada lagi cara catok rambut curly, yaitu loose curl. Gelombang yang dihasilkan dari teknik catok ini adalah gelombang yang berukuran besar, jadi cocok untuk kamu yang punya rambut panjang dan ingin membuat rambut tampak lebat.

Langkah pertama untuk membuat loose curl adalah dengan menjepit rambut dekat bagian pangkal menggunakan catokan yang memiliki plat lebar, lalu putar catokan mengarah ke bawah sebanyak dua kali. Kemudian tarik catokan ke bawah.

3. Beach Wave

Bentuk rambut gelombang yang satu ini tampak lebih alami. Tutorialnya dapat dilihat pada kanal Youtube HeyKayli. Ia merekomendasikan tutorial ini kepada para perempuan yang memiliki rambut pendek hingga sedang.

Dikutip dari beautynesia.id, cara membuat beach wave ini lebih sederhana dibanding lainnya. Jepit terlebih dahulu rambut bagian atas, lalu putar catokan hingga setengah putaran lalu tahan beberapa saat dan tarik ke bawah.

Mungkin kamu merasa rambut yang kamu keriting menggunakan catokan biasa terlihat kurang tahan lama atau memiliki bentuk gelombang yang kurang maksimal yang tidak bisa menjadi seperti keinginanmu. Ada trik dan tips untuk membuat hasil curly menjadi tahan lama.

Tips Membuat Hasil Curly Tahan Lama

Kamu yang ingin membuat catokan curly tahan lama bisa menggunakan cara antara lain menggunakan catokan berkualitas dengan suhu tinggi dan plat yang terbuat dari keramik, menggunakan heat protection spray atau serum.

Selain itu, rambut yang sudah dicatok bisa dijepit menggunakan hair clip dalam beberapa menit agar memberikan efek gelombang yang lebih kuat, terbentuk, dan bervolume. Cara lainnya adalah mencatok rambut sedikit demi sedikit agar hasil lebih detail dan terbentuk, juga berusaha untuk tidak menyisirnya saat rambut masih dalam keadaan panas, dikutip dari Kumparan.com

Setelah membaca tiga cara catok rambut curly di atas, pemula bisa menirunya dengan mudah. Sesuaikan dengan tipe rambut kamu sehingga hasil bisa menjadi maksimal. Serta jangan lupa untuk menerapkan tips menjaga hasil curly supaya bisa tahan lama.

sumber : beautynesia beautynesia kumparan

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.