Cara Cek Skincare Cocok Atau Tidak, Yuk Cobain!
Skincare

Cara Cek Skincare Cocok Atau Tidak, Yuk Cobain!

Sama halnya saat kamu membeli pakaian atau kebutuhan lainnya. Apabila kamu ingin memilih skincare yang cocok untuk kulit juga gampang-gampang susah. Pastikan untuk mengetahui cara memilih skincare cocok. Saat kamu salah pilih produk kecantikan, nantinya kulit akan jadi bermasalah atau tidak memicu efek yang buruk. Marshalova perlu cara cek skincare cocok atau tidak.

Namun, apabila menggunakan skincare yang tepat, kamu akan mendapatkan banyak manfaat. Misalnya, kulit akan tampak lebih glowing, lebih kenyal, kerutan menghilang, lembut, lebih lembab, flek hitam memudar, dan tidak memicu jerawat.

Inilah Cara Cek Skincare Cocok atau Tidak

Merawat kulit wajah memang membutuhkan cara yang tepat. Hal ini agar senantiasa menjaga kulit tetap sehat. Seringkali wanita merasa khawatir untuk memilih produk perawatan atau skincare. Produk skincare bisa memberikan hasil yang berbeda-beda bagi setiap penggunanya.

Oleh karena itu, perlu mengetahui jenis skincare yang pilih kamu cocok atau tidak. Berikut ini langkah mudah untuk mengecek pemakaian skincare cocok atau tidak.

Lakukan Test Patch

cara cek skincare cocok atau tidak

Test patch penting untuk kamu lakukan sebelum mencoba produk apapun pada kulit. Cara ini sangat mudah untuk kamu coba dan hasilnya juga efektif. Nantinya akan memberikan sinyal pada kulit apakah skincare cocok atau tidak. 

Baca Juga :Skincare untuk Wajah Breakout Begini Panduan Aman Memilihnya

Cara melakukan test patch ini sangat mudah, kamu hanya perlu mengolesi produk pada area belakang kuping. Selanjutnya kamu bisa diamkan beberapa jam. Apabila muncul kemerahan, gatal, atau efek lainnya. Kemungkinan kulit kamu tidak cocok dengan kandungan yang ada pada skincare tersebut. 

Kemungkinan Terjadi Purging

cara cek skincare cocok atau tidak

Purging merupakan proses pembersihan atau detoks pada kulit. Biasanya setelah memakai skincare baru dengan kandungan acid. Mulai dari kandungan AHA/BHA, retinol, niacinamide, dan yang lainnya. Apabila usai pemakaian produk timbul jerawat, maka tandanya kulit sedang beradaptasi dan kandungan tersebut mulai bekerja. 

Namun saat terjadi purging, kamu perlu mengurangi intensitas pemakaian. Apabila kamu memulainya dengan pemakaian lima kali dalam satu minggu. Sebaiknya mengurangi pemakaian dengan 2 kali dalam satu minggu. Pada saat kulit sudah perlahan membaik, maka cobalah untuk tingkatkan pemakaiannya.

Kulit yang semakin baik selama 1-3 bulan pemakaiannya, tandanya skincare tersebut cocok. Sementara purging yang tak kunjung henti dan cenderung menjadi break out, maka bisa menghentikan penggunaan produknya. 

Stop Saat Terjadi Breakout

cara cek skincare cocok atau tidak

Saat kamu mengalami breakout, maka timbul jerawat dan peradangan. Sebaiknya kamu coba untuk menyetop pemakaiannya. Kandungan dalam produk apapun yang memicu breakout, apalagi produk yang memiliki kandungan eksfoliasi. Meskipun kamu memilih skincare dengan harga fantastis, belum tentu cocok pada kulit.

Baca Juga :Wajah Berminyak Setelah bangun Tidur? Ini Dia Solusi Terbaiknya

Perhatikan Kondisi Kulit Setelah Pemakaian

cara cek skincare cocok atau tidak

Apabila kamu sudah mengaplikasikan skincare secara rutin, tentunya ada efek yang muncul. Biasanya efek dari skincare akan muncul usai pemakaian 28 hari. Kamu perlu memperhatikan yang terjadi pada kulit. Saat tidak menimbulkan efek apapun, maka tandanya kandungan skincare tidak bekerja efektif pada kulit. 

Kenali Perubahan Positif pada Kulit

cara cek skincare cocok atau tidak

Pemakaian skincare akan sangat bermanfaat untuk mengoptimalkan kondisi kulit. Tandanya, kulit akan mengalami perubahan yang lebih baik.

Oleh karena itu, upaya yang bisa kamu kerjakan untuk mengetahui skincare tersebut cocok, dengan melihat kemajuan positif pada kulitmu. Misalnya, kulit akan tampak lebih cerah dan jerawat perlahan membaik. Hal ini sesuai dengan manfaat skincare yang kamu pilih.

Cara cek skincare cocok atau tidak tersebut bisa kamu coba, pastikan kulit tetap terjaga kecantikannya secara optimal.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.