Cara Makan Pakai Sumpit agar Tampil Lebih Elegan
Lifestyle

Cara Makan Pakai Sumpit agar Tampil Lebih Elegan

Jika kamu menyukai masakan Asia dan ingin mencoba sensasi makan seperti adat disana maka harus menguasai cara makan pakai sumpit. Sebagian besar orang sepakat bahwa makan menggunakan sumpit akan memberikan sensasi masakan Asia terasa lebih baik. Tiga Negara yang akrab menggunakan sumpit yakni China, Jepang, dan Korea. 

Di Indonesia masakan yang akrab dengan sumpit adalah mie ayam. Selain itu ada juga Chinese food, Japanese food, serta Korean food yang yang sudah sangat populer di Indonesia.

Sumpit merupakan alat makan yang paling sering dijumpai pada menu masakan tersebut. Bahan pembuatan sumpit yakni plastik, logam, kayu, dan bambu. 

Ini Tata Cara Makan Pakai Sumpit

cara makan pakai sumpit

Apakah kamu pernah mencoba menu Japanese food seperti ramen? Nah, biasanya alat makan yang disediakan adalah sumpit dan sendok. Kira-kira kamu sudah terbiasa menggunakan sumpit atau masih lugu? Berikut ini cara menggunakan sumpit biar nggak malu-maluin. 

Sejarah Sumpit

Sumpit diperkirakan sudah ada sejak 5000 SM dan menyebar luas di daratan Cina untuk alat jamuan sehari-hari. Selanjutnya alat tersebut mulai populer di Jepang dan Korea. Meski demikian supit di ketiga negara tersebut memiliki perbedaan dengan ciri khas sendiri. 

Sumpit dari Berbagai Negara

Sumpit merupakan alat untuk makan yang dikenal oleh masyarakat Cina sebagai kuazi. Bahan yang digunakan yakni dari bambu. Meski dari bahan alami namun ternyata alat ini bisa dibersihkan dan dipakai lagi.

Baca juga : Jangan Sampai Ketinggalan Zaman, Ini 5 Skill yang Wajib Kaum Millennial Punya!

Di Korea sumpit disebut juga sebagai jeotgarak. Bahan yang digunakan yakni dari logam seperti emas, perak, dan kuningan. Namun sekarang bahan yang digunakan adalah stainless steel seperti halnya dengan sendok.

Di Jepang sumpit berbentuk pendek dengan bagian ujung runcing dan pangkal membulat. Bentuk dari sumpit ini akan mempermudah mereka saat mengkonsumsi daging ikan tuna. Perbedaan sumpit di ketiga negara tersebut ternyata sangat berpengaruh terhadap cara makan pakai sumpit.

Cara Memegang Sumpit

Secara umum cara menggunakan sumpit adalah sebagai berikut. Pertama letakkan sumpit diantara jari tengah dan ibu jari. Ini akan menjadi penopang sehingga tidak boleh digerakkan. 

Kemudian genggam sumpit kedua dengan jari telunjuk dan ibu jari Anda. Sesuaikan agar posisi genggaman Anda nyaman serta kedua sumpit sejajar agar tidak menyilang saat digunakan untuk makan. 

Cara Menggerakkan Sumpit

Bagi sebagian orang menggunakan sumpit bukanlah hal mudah oleh sebab itu cobalah untuk bertih sedikit agar terbiasa. Saat mengambil makanan mulailah dengan sudut pengambilan yang paling mudah atau keadaan paling rileks. Setelah itu angkat makanan perlahan dan jika terasa agak tidak stabil maka letakkan kembali.

Lakukan hal tersebut secara terus menerus hingga mahir. Jika sudah mahir maka cobalah dengan mengambil makanan dengan tekstur berbeda dan ukuran yang lebih besar. Apabila sudah sangat percaya diri maka berlatihlahcara memegang sumpit untuk makan mie.

Adab Menggunakan Sumpit

Rumah makan Asia biasanya menyajikan makanan dalam piring besar. Upayakan saat mengambil makanan dari piring besar tidak menggunakan sumpit yang digunakan untuk makan. Alternatif paling mudah adalah gunakan alat atau sumpit lain untuk mengambil makanan tersebut.

Baca juga : Psst, Ini Lho 6 Makanan yang Menurunkan Berat Badan Tanpa Bikin Tersiksa

Cara makan nasi pakai sumpit dalam mangkok adalah dengan menggali. Hal ini tentu seperti mendayung perahu dengan tangan, suatu yang wajar bila mengangkat mangkuk kemudian makan dari sana. Suatu hal yang tabu bila butiran nasi sampai terjatuh di area Anda makan. 

Jepang merupakan negara yang memiliki aturan sedikit ketat mengenai cara makan pakai sumpit agar nasi tidak tumpah. Jika kamu makan di restoran Japanese Food maka pastikan hal itu tidak terjadi. Hal itu akan membuat Anda terlihat memalukan.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.