Cara Meditasi Sebelum Tidur yang Bisa Bikin Kamu Tenang Semalaman
Lifestyle

Cara Meditasi Sebelum Tidur yang Bisa Bikin Kamu Tenang Semalaman

Buat beberapa orang, tidur menjadi sesuatu yang sulit dilakukan. Berbagai cara seperti mematikan lampu, menggunakan tempat tidur empuk, hingga menghindari makan sebelum tidur pun tak kunjung membuahkan hasil yang diharapkan. Namun, jangan putus asa dulu, Marshalova. Cara meditasi sebelum tidur bisa kamu gunakan sebagai solusi dalam hal ini.

Meditasi bukan hanya berfungsi menenangkan pikiran dan melatih pernapasan. Aktivitas tersebut rupanya dinilai dapat meningkatkan kualitas tidur, termasuk mengurangi risiko insomnia yang dialami sebagian besar orang dewasa. Lalu, bagaimana cara meditasi yang tepat supaya kita bisa tidur nyenyak lagi?

Berbagai manfaat meditasi sebelum tidur

cara meditasi sebelum tidur

Sebuah studi yang diterbitkan JAMA Internal Medicine pada 2015 mengungkapkan bahwa meditasi dapat mempengaruhi 49 orang dewasa yang memiliki masalah tidur. Sejumlah peneliti menganalisis para partisipan yang mengalami masalah tidur seperti insomnia untuk mengetahui hasilnya. Di akhir penelitian ditemukan bahwa kelompok yang melakukan meditasi cenderung tak mengalami kelelahan di siang hari dan insomnia.

Kemudian, meditasi juga dapat meningkatkan kontrol saraf otonom (saraf yang mengurangi semudah apa kamu terbangun). Hal ini pun berpengaruh pada stres berkepanjangan yang sering mengganggu jam todur. Manfaat lainnya dari meditasi adalah merangsang produksi melatonin (hormon tidur), mengurangi detak jantung, menurunkan tekanan darah, serta mengaktifkan bagian otak yang mengontrol jadwal tidurmu.

Kamu juga bisa mengaplikasikan meditasi yang sesuai untuk membantu tidurmu. Ada tiga jenis meditasi yang lantas diperkenalkan. Antara lain mindfulness meditation, body scan meditation, dan meditasi dengan panduan.

Cara meditasi sebelum tidur yang bisa dilakukan di rumah

cara meditasi sebelum tidur

Untuk mendapatkan manfaat meditasi sebelum tidur, kamu tentunya harus melakukan aktivitas tersebut sesuai panduan dari ahli. Katie Chamberlain Kritikos, instruktur yoga tersertifikasi sekaligus penulis asal Milwaukee, Amerika Serikat, membagikan lima langkah dalam meditasi yang bisa kamu praktikan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, antara lain:

Hitung mundur dari 100

Teknik menghitung terbilang umum dilakukan untuk mempercepat rasa kantuk. Namun, berbeda dari hitung domba, Katie menyarankan hitung mundur dari 100. Ulangi terus kalau kamu mendadak berhenti di tengah-tengah. Fokuskan dirimu juga untuk bermeditasi sampai benar-benar tidur.

Fokuskan diri pada satu objek

Dalam langkah ini, kamu bisa bayangkan sosok yang kamu sayang, tempat atau warna favorit, atau hal-hal menyenangkan lain yang membuatmu fokus. Biarkan pikiranmu jernih dan terus terpusat pada hal tersebut. Jangan lupa perhatikan juga perasaanmu saat memikirkannya.

Ucapkan mantra menenangkan

Mengucapkan mantra-mantra menenangkan seperti saya bersyukur atas hari ini atau sekadar terima kasih secara berulang ternyata membantumu menjernihkan pikiran setelah seharian beraktivitas. Perlahan tapi pasti, kamu pun bakal tertidur.

Praktikan pernapasan yoga

Disebut juga sebagai Pranayama, latihan pernapasan ini dilakukan dengan mengambil napas lewat lubang hidung, lalu biarkan udara tertarik ke belakang tenggorokan sampai menciptakan suara bak ombak sebelum kamu keluarkan. Ulangi selama 2-3 menit dan tubuhmu menghangat.

Mulai meditasi secara perlahan

Belum pernah meditasi sebelum tidur? Tak usah buru-buru, kamu bisa memulainya secara perlahan untuk mendapatkan hasil maksimal, terutama buat kamu yang menderita insomnia. Untuk tahap awal, kamu bisa meditasi selama 3-5 menit, lalu naikkan menjadi 15-20 menit saat sudah terbiasa.

Itulah serangkaian manfaat dan cara yang bisa kamu praktikan untuk meditasi. Semoga kamu bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik agar lebih prima melakukan aktivitas sehari-hari!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.