Cara Memakai Maskara yang Benar & Kesalahan Fatal yang Sering Kamu Lakukan!
Makeup

Cara Memakai Maskara yang Benar & Kesalahan Fatal yang Sering Kamu Lakukan!

Memakai riasan wajah belum lengkap tanpa sentuhan riasan mata. Salah satu produk makeup yang bisa membuat bulu mata lebih panjang, lentik, dan tebal adalah maskara. Namun, kesalahan dalam menggunakan maskara bisa menjadi penyebab bulu mata rontok, lho. Bukan cuma bisa membuat bulu mata kamu rontok, tapi salah dalam memakai maskara bisa bikin riasan matamu jadi berantakan. Kamu harus tahu cara memakai maskara yang benar. 

Ini Kesalahan yang Sering Dilakukan & Bagaimana Cara Memakai Maskara yang Benar!

Apa saja sih, kesalahan dalam memakai maskara yang bikin bulu mata rontok dan menggumpal? Simak ulasan Marsha Beauty di sini!

Tidak Menjepit Bulu Mata

cara memakai maskara yang benar

Kesalahan memakai maskara yang pertama adalah melewatkan tahap penjepitan bulu mata. Melewatkan tahap ini membuat bulu mata tidak lentik maksimal. Menjepit bulu mata membantu mengangkat dan melentikkan bulu mata sehingga maskara juga lebih mudah diaplikasikan. Jika tidak menjepit bulu mata, maka bulu mata akan terlihat turun dan mata tidak tampak terbuka.

Letakkan bantalan atas penjepit sedekat mungkin dengan akar kelopak mata. Jepit dengan kuat, dan dicapit-capit hingga tiga kali. Dengan cara ini, bulu mata akan lebih naik, lentik, dan mata akan lebih terbuka. Selanjutnya, tinggal kamu aplikasikan maskara untuk menahan bulu mata agar tetap lentik.

Baca Juga: Daftar Maskara Bening untuk Tampilan Bulu Mata yang Lentik Natural

Keseringan Memompa Aplikator Maskara

cara memakai maskara yang benar

Pasti kamu pernah kan, memompa maskara berulang-ulang untuk mengambil produk lebih banyak. Jika kamu sering melakukannya, stop dari sekarang! Terlalu sering memompa maskara akan membuat maskara lebih cepat kering karena udara mudah masuk ke dalamnya. Untuk mengambil cairan di dalamnya, kamu cukup putar aplikator sebanyak dua kali. Setelah itu, langsung aplikasikan maskara ke kedua bulu mata. Dengan begitu, maskaramu akan lebih awet dan tahan lama serta bisa dipakai dalam jangka panjang.

Mengaplikasikan Maskara dengan Pola Lurus

cara memakai maskara yang benar

Kesalahan memakai maskara yang ketiga adalah dari pola pengaplikasian maskara. Cara mengaplikasikan maskara yang salah adalah jika kamu melakukannya dengan gerakan lurus dari akar hingga ujung bulu mata. Cara ini membuat maskara tidak menempel sempurna dan tidak bisa memberikan kelentikkan yang maksimal. 

Cara mengaplikasikan maskara yang benar adalah dengan pola zig-zag dari kanan ke kiri dari akar hingga ujung bulu mata. Dengan cara ini, maskara akan lebih menempel secara menyeluruh. Dijamin, bulu mata kamu langsung cetar membahana badai anti huru-hara.

Baca Juga: Deretan Maskara yang Mudah Dibersihkan, Gak Perlu Takut Bulu Mata Rontok!

Menjepit Bulu Mata Setelah Pakai Maskara

cara memakai maskara yang benar

Menjepit bulu mata memang menjadi kewajiban untuk mendapatkan bulu mata yang lebih naik dan lentik. Namun, menjepit bulu mata setelah mengaplikasikan maskara justru sebaliknya. Kesalahan ini sering dilakukan banyak orang karena dianggap akan menahan kelentikkan bulu mata. Padahal, menjepit bulu mata setelah mengaplikasikan maskara akan membuat maskara clumpy atau menggumpal dan berantakan. Dampak buruk lainnya, hal tersebut bisa membuat bulu mata mudah rontok. Kondisi bulu mata setelah diaplikasikan maskara akan mengeras. Sehingga, saat dijepit bulu mata akan rapuh, patah, dan rontok. 

Jika dilakukan terus-menerus, maka akan menyebabkan kerusakan bulu mata yang lebih parah. Bulu matamu bisa botak dan sulit tumbuh kembali. Untuk itu, cukup menjepit bulu mata sebelum mengaplikasikannya. Lagi pula, menjepit bulu mata setelah mengaplikasikan maskara akan membuat penjepitmu lengket dan kotor.

Mengaplikasikan Maskara Terlalu Banyak

cara memakai maskara yang benar

Kesalahan yang sering dilakukan juga adalah mengaplikasikan maskara terlalu banyak dan berulang-ulang. Mungkin kamu berpikir semakin banyak diaplikasikan, maka bulu mata akan semakin tebal lentik. Namun, hal tersebut salah, Girls. Mengaplikasikan maskara terlalu banyak bisa membuat bulu matamu menggumpal, clumpy, dan membuat riasan matamu justru tidak bagus.

Aplikasikan maskara secara bertahap, cukup hingga 2 atau 3 lapis saja. Dengan begitu, dijamin bulu matamu akan terlihat cantik, rapi, dan mempesona.

Dari 5 kesalahan menggunakan maskara di atas, kesalahan mana yang sering kamu lakukan? hindari dari sekarang ya!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.