Cara Memakai Masker Rambut yang Benar Jangan Sampai Salah!
Hair

Cara Memakai Masker Rambut yang Benar Jangan Sampai Salah!

Dengan cara memakai masker rambut yang benar maka masalah yang ada pada rambut kamu akan segera teratasi dengan benar. Masker rambut dapat mengatasi berbagai masalah rambut seperti rambut kering, bercabang, rusak dan masalah rambut lainnya. Hal ini karena masker rambut memang dirancang untuk memberikan nutrisi yang baik untuk rambut kamu.

Masker rambut mungkin sering dibandingkan dengan kondisioner, padahal keduanya berbeda. Manfaat kondisioner terbatas pada lapisan luar rambut, sedangkan masker rambut memberikan manfaat yang mencapai jauh kedalam akar rambut.

Begini Cara Memakai Masker Rambut yang Benar

Umumnya masker rambut memiliki tekstur yang creamy dan mudah dibalurkan ke rambut. Dalam menggunakan masker rambut kamu juga harus menggunakan masker yang cocok dengan kondisi rambutmu. Mungkin saja rambutmu kering, rontok atau kurang bersinar maka gunakanlah masker yang mampu mengatasi masalah tersebut.

Untuk penggunaannya sebaiknya kamu gunakan sebanyak satu hingga dua kali selama seminggu. Namun jika rambutmu masih terasa kering saat menggunakannya dua kali seminggu maka kamu bisa menggunakannya selama tiga hingga empat kali seminggu. Sama dengan keramas, penggunaan masker ini juga disesuaikan dengan kondisi rambutmu.

Baca juga:Gaya Rambut Shaggy Layer Panjang, Nggak Pernah Ketinggalan Zaman

Meskipun begitu, jangan berlebihan menggunakannya karena nantinya rambut akan berat dan menjadi lemas. Dalam menggunakan masker ini kamu juga harus menggunakan cara yang benar agar rambut benar-benar mendapatkan manfaatnya. Jika kamu salah saat menggunakan masker rambut ini maka pastinya manfaatnya tidak akan maksimal.

Berikut ini adalah cara yang benar dalam menggunakan masker rambut yang dapat kamu terapkan:

1. Bersihkan Rambut

Cara Memakai Masker Rambut yang Benar

Mungkin kamu masih bertanya-tanya memakai masker rambut sebelum atau sesudah keramas, yang benar adalah sesudah keramas.

Maka sebelum menggunakan masker rambut kamu harus keramas terlebih dahulu agar rambut bersih. Saat membilas rambut kamu juga bisa menggunakan air hangat agar pori-pori kulit dan kutikula rambut terbuka sehingga dapat menyerap nutrisi masker dengan lebih maksimal.

2. Aplikasikan Masker Rambut

Cara Memakai Masker Rambut yang Benar

Setelah selesai keramas keringkanlah rambut, akan tetapi jangan sampai terlalu kering. Kemudian kamu bisa membagi rambut menjadi beberapa bagian agar lebih mudah mengaplikasikan masker rambut.  Setelah itu  oleskan masker rambut dari akar rambut sambil memijat kepala perlahan.

Ya, dari akar rambut, hal ini mungkin dapat menjadi jawaban tentang kamu yang bertanya apakah masker rambut boleh kena kulit kepala atau tidak. Setelah itu kamu bisa meratakan masker ke seluruh batang rambut hingga ke ujungnya. Pastikan seluruh rambut terlapisi  masker secara merata.

3. Bungkus Rambut dengan Handuk Hangat

Cara Memakai Masker Rambut yang Benar

Setelah rambut diolesi masker secara merata lalu bungkuslah rambut dengan handuk hangat yang telah direndam air hangat sebelumnya.

Jangan menggunakan air panas karena malah dapat merusak rambut. Menggunakan handuk hangat ini bertujuan agar proses penyerapan nutrisi ke dalam sel kulit kepala dan batang rambut dapat menjadi lebih cepat. Setelah itu diamkan rambut selama kurang lebih 5-10 menit.

Baca juga:Masker Rambut Kering dan Mengembang Atasi Masalah Kulit Kepala

4. Bilas Rambut

Cara Memakai Masker Rambut yang Benar

Setelah beberapa saat bilaslah rambut dengan air dingin. Air dingin ini berfungsi untuk menutup pori-pori di kulit kepala. Pastikan kamu membilas rambut hingga benar-benar bersih dari masker rambut. Masker rambut yang belum bersih dapat meninggalkan residu.

Jika residu tersebut terus menumpuk maka dapat membuat kulit kepala terasa gatal bahkan bisa memicu munculnya ketombe. Maka dari itu penting untuk melakukan urutan memakai masker rambut yang terakhir ini hingga rambut benar-benar bersih dari masker rambut. Jadi sekarang sudah tahu, ya, cara memakai masker rambut yang benar?

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.