Cara Memakai Serum yang Benar agar Wajah Lebih Glowing
Skincare

Cara Memakai Serum yang Benar agar Wajah Lebih Glowing

Kesehatan kulit bisa kamu jaga dengan pemakaian skincare yang rutin, salah satunya dengan memakai serum. Meskipun terlihat sederhana, ternyata ada teknik cara memakai serum yang benar, lho. Pemakaian serum yang benar akan membantumu mendapatkan wajah yang lebih glowing.  

Dengan kandungan bahan aktif yang punya konsentrasi tinggi, kamu bisa menggunakan serum setiap hari, sesuai kondisi kulitmu. Agar kamu mendapatkan manfaat serum secara penuh, simak cara pakainya berikut ini ya! 

Tutorial Cara Memakai Serum yang Benar 

Pemakaian serum tak boleh sembarangan, menggunakannya sesuai takaran dan tak berlebihan bisa jadi tips yang dapat kamu lakukan. Kalau pemakaiannya benar, kamu pun bisa menikmati hasilnya secara maksimal. 

  1. Pilih Serum Sesuai Jenis Kulit 

Jangan buru-buru memilih serum dan menggunakannya untuk wajah. Akan lebih baik kalau kamu periksa terlebih dahulu apakah serum tersebut sesuai dengan jenis kulitmu. Caranya dengan melihat komposisi dan kandungan yang ada pada serum tersebut. 

Untuk kamu yang memiliki kulit sensitif, serum dengan kandungan alkohol dan fragrance tentu harus dihindari. Sedangkan untuk kulit yang berjerawat, serum dengan kandungan niacinamide akan membantumu mengecilkan pori dan mengatasi jerawat yang bandel. 

  1. Bersihkan Wajah 

Kalau kamu tak mencuci kulitmu sebelum menggunakan serum, bahan aktifnya tentu tak akan terserap sempurna. Jadi akan lebih baik bagimu untuk mencuci muka guna membersihkan minyak, sisa make up, debu, dan kotoran yang menempel di wajah. 

Agar kulitmu makin bersih, kamu bisa menggunakan air hangat ketika mencuci muka. Air yang hangat bisa membuka pori-pori kulit, yang nantinya akan membantu penyerapan serum jadi lebih mudah. Setelah selesai, tunggu selama satu menit sebelum beralih ke langkah berikutnya. 

  1. Gunakan Toner 

Tips memakai serum selanjutnya adalah menggunakan toner. Beberapa tetes toner sebelum pemakaian serum akan membuat kulit wajah lebih lembab. Toner juga akan membuat kulit makin bersih karena mampu mengangkat sisa kotoran yang tertinggal setelah mencuci muka. 

Tunggu selama 1-2 menit, biarkan toner meresap total ke dalam kulit. Jangan menggunakan terlalu banyak toner dan membuat wajah jadi basah. Ini akan membuat serum sulit meresap nantinya. 

  1. Gunakan Serum Secukupnya 

Cara memakai serum yang benar adalah tidak berlebihan. Cukup gunakan 2-3 tetes saja, jumlah tersebut sudah cukup untuk kamu gunakan di seluruh wajah. Tuangkan di telapak tangan, kemudian tepuk dan pijatkan pada wajah secara lembut. 

Supaya lebih aman, kamu bisa membaca instruksi serum yang kamu gunakan. Tidak semua serum punya kandungan konsentrasi bahan aktif yang sama, jadi akan lebih baik kalau kamu mengikuti takaran yang tertulis di kemasannya. 

  1. Diamkan Wajah Sejenak

Selesai menggunakan serum, jangan buru-buru menggunakan skincare lainnya ya. Diamkan wajah sejenak, tunggu sampai serum terserap sempurna ke dalam kulit. Waktu tunggu terbaik sampai serum meresap bervariasi, tapi biasanya tak lebih dari 5 menit. 

Panduan memakai serum ini sering dilupakan, sehingga membuat bahan aktif serum tak bisa terserap maksimal. Kalau kamu langsung memakai skincare lain, efektifitas serum akan menurun karena bahan aktifnya tercampur dengan bahan skincare tersebut.  

  1. Lanjutkan dengan Skincare Lain 

Kamu sudah bisa melanjutkan tahapan skincare lain setelah menggunakan serum. Skincare yang direkomendasikan adalah krim mata, pelembab, atau produk sejenisnya. Jangan lupa gunakan tabir surya di siang hari untuk melindungi kulit dari efek buruk sinar matahari. 

Ternyata cara memakai serum yang benar tak sulit ya? Pastikan kamu tak sembarangan menggunakan serum agar kulit wajah tak mengalami breakout ke depannya. 

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.