Cara Memilih Sabun Mandi Sesuai Jenis Kulit, Penting Kamu Perhatikan!
Body

Cara Memilih Sabun Mandi Sesuai Jenis Kulit, Penting Kamu Perhatikan!

Cara memilih sabun mandi sesuai jenis kulit tentunya hal itu sangat penting diperhatikan. Mengapa demikian? Supaya kulit tetap terjaga kebersihannya serta kesehatannya. Bukan hanya itu saja, tetapi pemilihan sabun mandi yang benar dan tepat juga bisa membantu mencegah timbulnya masalah kulit, contohnya iritasi maupun kulit kering. 

Simak Cara Memilih Sabun Mandi Sesuai Jenis Kulit

Sabun mandi adalah produk perawatan kulit yang umum dipakai untuk membersihkan kuman, bakteri, serta kotoran yang menempel di kulit. Walaupun begitu, pemilihan sabun mandi yang baik tidak boleh kamu lakukan sembarangan.  

Jika sabun yang digunakan tidak cocok dengan jenis kulit maka hal itu akan rentan mengalami masalah kulit tertentu, seperti gatal, iritasi, maupun kulit kering. Maka dari itu memilih sabun mandi yang sesuai perlu kamu perhatikan dengan baik supaya kulit tetap terawat dan terjaga kebersihannya.

Nah, untuk memilih sabun yang baik bisa kamu lihat dari tipe serta kandungannya berdasarkan jenis kulit antara lain.

  1. Kulit Berminyak

Kulit lembab serta kenyal merupakan keuntungan bagi kamu yang mempunyai kulit berminyak. Tetapi di sisi lain kulit yang berminyak terlalu berlebihan bisa memudahkan bakteri berkembang. 

Pemilik kulit berminyak akan jadi lebih gampang mengalami jerawat atau bahkan komedo. Nah, untuk perawatan serta pencegahan masalah tersebut Marshalova bisa menggunakan sabun berbahan kimia lembut serta bebas deterjen yang memiliki kandungan bahan khusus misalnya madu, oatmeal, dan lainnya.

Baca Juga : Cara Mencukur Bulu Kemaluan Wanita yang Sehat Minim Resiko Iritasi dan Infeksi

  1. Kulit Normal

Kulit normal merupakan kondisi minim reaksi. Jadi biasanya orang yang memiliki kulit normal akan lebih leluasa memilih sabun mandi yang didinginkan.

  1. Kulit Kering

Sabun memang memiliki fungsi membersihkan kotoran yang menempel. Tetapi sayang, kebanyakan sabun juga mengangkat sebum yang diproduksi oleh kulit sehingga akan rentan kering. 

Nah, jika tipe kulitmu kering maka sebaiknya hindari sabun yang memiliki kandungan antibakteri, alkohol, pewangi dan deterjen. Sebab bahan tersebut bisa menyebabkan dermatitis kontak yang akan membuat kulit iritasi dan semakin kering.

  1. Kulit Sensitif

Kulit sensitif merupakan jenis kulit yang gampang mengalami alergi serta iritasi pada bahan tertentu. Maka dari itu, untuk menjaga kondisi kulit tersebut kamu disarankan menggunakan sabun mandi tanpa pewangi dengan kandungan pH yang seimbang. 

Ada baiknya juga menghindari penggunaan sabun dengan bahan deodoran serta antibakteri, karena bahan itu memiliki kandungan zat iritatif yang bisa mengiritasi kulit. Marshalova bisa mencoba untuk menggunakan sabun bayi maupun sabun yang bebas deterjen.

Setelah mengenal beberapa kandungan sabun sesuai dengan jenis serta kondisi kulit, kamu dapat memilih bentuk sabun yang cocok sesuai kebutuhan. Berikut ini beberapa jenis sabun mandi berdasarkan bentuknya antara lain.

Sabun Cair

Tidak hanya bisa membersihkan kotoran, tapi sabun cair juga mengandung banyak sekali pelembab bisa menjaga kulit supaya tetap lembut. Pemilik kulit kering, kamu dapat memilih sabun cair yang labelnya moisturizer untuk menambahkan kelembaban kulit. 

Nah, untuk kulit sensitif maka pilih sabun cair yang melembabkan tidak mengandung pengharum serta mempunyai kadar pH normal untuk cegah alergi serta iritasi.

Baca Juga : Rekomendasi Krim Pemutih Ketiak Terbaik, Goodbye Lipatan Hitam!

Sabun Batang

Sabun batang memiliki kandungan sodium hidroksida yang gunanya membersihkan kotoran di kulit. Walaupun begitu, ternyata kandungan ini juga bisa membuat kulit jadi kering. 

Jika masih ingin menggunakan sabun batang maka pastikan dahulu sabun tidak mengandung alkali yang tinggi, karena zat tersebut bisa membuat kulit kering serta iritasi. Lebih disarankan memilih sabun batang yang memiliki banyak emolien maupun pelembab untuk jaga kelembaban kulit.

Shower Gel

Walaupun bentuknya sama yakni cair, tapi shower gel cenderung lebih kental serta mengandung banyak pewangi daripada sabun cair. Sabun jenis ini cocok dipakai oleh pemilih kulit berminyak. 

Cara memilih sabun mandi sesuai jenis kulit bisa simak ulasannya di atas. Jangan sembarangan asal memilih sebab tidak mengetahui kandungannya hal itu hanya akan membahayakan kesehatan kulit.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.