Cara Memilih Sunscreen yang Aman untuk Keluarga Simak Baik-Baik
Skincare

Cara Memilih Sunscreen yang Aman untuk Keluarga Simak Baik-Baik

Cara memilih sunscreen yang aman untuk keluarga harus diperhatikan. Terlebih jika anggota keluarga adalah pemilik jenis kulit sensitif. Bila asal pilih, dikhawatirkan akan timbul permasalahan kulit lain yang lebih serius.

Sunscreen merupakan salah satu produk skincare yang berfungsi sebagai perlindungan dari sinar UV A, pencegah radiasi matahari, dan radikal bebas. Penuaan dini pun dapat dicegah dengan pemakaian sunscreen. 

Cara Memilih Sunscreen yang Aman untuk Keluarga Pemilik Kulit Sensitif

Cara Memilih Sunscreen yang Aman untuk Keluarga

Keluarga adalah harta yang tak ternilai harganya. Oleh karenanya, sebisa mungkin kamu harus total merawat dan menjaga kesehatannya, termasuk dalam hal memilih produk skincare jenis sunscreen. Mengingat banyak sekali manfaat yang diperoleh dengan pemakaiannya, maka sunscreen wajib digunakan saat melakukan aktivitas di luar rumah. 

Kini ada banyak produk sunscreen mudah ditemukan. Namun, tidak semua jenis kulit cocok menggunakannya. Supaya tidak bingung, kamu bisa mengikuti panduan cara memilih sunscreen yang sesuai untuk jenis kulit sensitif.

Tanpa Kandungan Minyak

Meski jenis kulitmu sensitif dan berjerawat, namun Mashalova tidak boleh melewatkan pemakaian sunscreen. Pilihlah sunscreen dengan formula bebas minyak dan non-comedogenic. Kedua formula tersebut tidak akan membuat pori-pori kulit tersumbat.

Perhatikan juga konsistensinya. Formula cair atau gel akan terasa lebih ringan dipakai pada kulit berminyak. 

Noda dan bekas jerawat membuat kulit semakin gelap? Cobalah sunscreen dengan SPF non oil.

Pilih Kandungan SPF 15

Peringkat SPF pada produk sunscreen disarankan pada SPF 30 atau SPF 50 saja. Namun untuk anak gunakan sunscreen yang kandungan SPF-nya minimal 15-30. Ini agar anak terhindar dari risiko melanoma.  Hal yang perlu diingat bahwa kandungan SPF yang tinggi tidak selalu memberikan perlindungan ekstra. 

Kulit anak lebih sensitif. Selain itu, cenderung menjadi tipis apabila terpapar sinar UV sinar matahari, dapat menyebabkan kulit terbakar.

Sayangnya, anak-anak lebih menyukai beraktifitas di bawah teriknya sinar matahari. Padahal sinar matahari yang langsung menyentuh kulit dapat menjadi pemicu masalah kulit yang serius seperti melanoma dan kanker kulit. Nah, jika kamu tidak ingin hal tersebut menimpa buah hati, oleskan sunscreen untuk melindunginya.

Baca Juga:Rekomendasi Sunblock Wajah dan Badan Agar Kulit Tidak Belang

Tanpa Parfum

Beberapa produk sunscreen dibuat dengan kandungan wewangian tertentu. Meski aroma wewangiannya menyegarkan, namun bisa menjadi penyebab kulit teriritasi dan kemerahan.

Pilihlah Mineral Sunscreen

Memiliki kulit sensitif bukan berarti menyerah dengan sama sekali tidak memakai produk sunscreen. Sebaiknya, gunakan sunscreen yang mengandung bahan dasar proteksi UVA seperti ecamsule, avobenzone, oxybenzone, titanium dioxide, zinc oxide, atau sulisobenzone. Mereka berperan sebagai benteng pertahanan fisik antara kulit dengan paparan sinar UV yang berbahaya.

Berdasarkan penelitian, bahan-bahan tersebut telah dinyatakan aman dan efektif sebagai pencegahan dari bahaya paparan radiasi sinar UV. Namun untuk anak sebaiknya pilihlah yang mengandung zinc oxide atau titanium dioksida. 

Kamu bisa mencoba mengoleskan sunscreen pada area kecil dahulu pada tubuh anak. Jika tidak ditemukan reaksi alergi atau iritasi setelah didiamkan beberapa saat, pemakaian boleh dilanjutkan pada seluruh bagian tubuhnya.

Baca Juga:Review Sunscreen Skin Aqua untuk Kulit Kering, Simak!

Tahan Air

Meski tidak bermain dalam air, namun anak selalu mengeluarkan keringat yang lebih banyak dari orang dewasa. Oleh karena itu, pilihan sunblock yang tahan air atau water resistant lebih baik dibandingkan sunblock biasa. Oleskan sunblock minimal sekitar 15-30 menit sebelum beraktivitas di luar rumah.

Sunscreen yang bersifat hypoallergenic juga menjadi pertimbangan saat kamu membelinya. 

Salah satu bahaya radiasi sinar ultraviolet adalah timbulnya penuaan dini dan sensasi kulit seperti terbakar. 

Bagaimana Girl, cara memilih sunscreen yang aman untuk keluarga dengan jenis kulit sensitif mudah untuk dipraktekkan bukan? Pastikan kamu membeli produk yang telah teruji dengan baik. Jadi jangan main-main lagi dengan kesehatan kulit keluargamu, ya.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.