Cara Memutihkan Gigi, Pecinta Kopi Wajib Tahu!
Lifestyle

Cara Memutihkan Gigi, Pecinta Kopi Wajib Tahu!

Buat kamu pecinta kopi dan teh, pasti lama-kelamaan gigi kamu menguning dan ada sisa noda berwarna kecokelatan akibat kandungan kafein pada kopi dan teh. Hal itu bisa buat kamu enggak nyaman dan mengurangi kepercayaan diri buat ngobrol sama orang lain. Mau ketawa pun malu-malu. Hmmm… bagaimana ya cara memutihkan gigi secara alami?

Penyebab Gigi Kuning

Ada dua tipe noda pada gigi, yang pertama adalah noda intrinsik yang sifatnya permanen dan sulit dihilangkan karena terjadi di dalam email gigi. Penyebabnya karena terlalu banyak mengonsumsi minuman berfluoride. Yang kedua adalah noda ekstrinsik yang sifatnya sementara atau dapat dihilangkan karena terjadi di luar email gigi. Penyebabnya adalah minuman berkafein seperti teh dan kopi. 

Lantas bagaimana cara memutihkan gigi? ini dia cara untuk memutihkan gigi supaya lebih berseri.

Menjaga Pola Makan

Noda ekstrinsik akibat minum kopi atau teh akan semakin mudah terbentuk karena kebiasan makan yang buruk juga. Untuk mencegahnya, seimbangkan asupan makan sehari-hari dengan sayuran dan mengurangi konsumsi makanan atau minuman yang tinggi gula. 

Tipsnya buat kamu yang susah lepas dari kopi ataupun teh, jangan tambahkan gula ke minumanmu karena gula dapat mempengaruhi pertumbuhan bakteri dalam mulut. Kamu bisa tambahkan stevia sebagai pemanis alami.

Minum dengan Sedotan

Saat mengonsumsi minuman manis, kopi, atau teh, sebaiknya gunakan sedotan untuk meminimalkan paparan gula dan kafein secara langsung pada gigi.

Pakai Dental Strip


img : crest

Salah satu produk yang viral karena ampuh untuk memutihkan gigi adalah Crest 3D White Whitestrips Dental Whitening Treatment. Produk ini lebih baik daripada harus melakukan veneer gigi atau bleach yang dapat merusak gigi. Produk ini berbentuk strip seperti selotip yang terdiri dari satu strip panjang untuk gigi bagian atas dan strip pendek untuk gigi bagian bawah. 

Cara penggunaannya pun mudah, tinggal kamu tempel ke gigi lalu diamkan selama 40 menit. Kamu enggak perlu sikat gigi dahulu karena setelah penggunaan strip ini kamu akan sikat gigi. Tujuan tidak menyikat gigi terlebih dahulu agar vitamin dalam produk lebih menempel ke gigi. Produk ini bisa kamu beli melalui e-commerce seharga Rp45.000.

Gunakan Pasta Gigi Secukupnya


img : crest

Kamu udah tahu, belum, kalau pemakaian pasta gigi yang baik itu hanya seukuran kacang polong atau biji jagung, loh. Salah satu kandungan dalam pasta gigi adalah fluoride yang dapat menyebabkan fluorosis dan abrasi pada gigi jika dikonsumsi terlalu banyak. Rekomendasi pasta gigi yang bisa kamu pakai untuk mencerahkan gigi adalah Crest 3D Fluoride Anti Cavity Toothpaste seharga Rp85.000. 

Rutin Sikat Gigi

Sikat gigi secara rutin akan menjaga kesehatan mulut dan membersihkan sisa-sisa kotoran yang menyelip di gigi. Cukup sikat gigi 2 kali sehari saat pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur selama minimal 2 menit. Bekas makan yang tersisa dan menyelip di gigi akan menyebabkan plak gigi yang membuat gigi kamu menguning dan enggak cerah sama sekali. Kamu bisa gunakan sikat gigi elektrik yang dapat menjangkau sudut-sudut gigi dengan baik.

Gunakan Obat Kumur

Obat kumur dapat membantu membersihkan mulut dan membuat nafas lebih segar. Bila perlu kamu bisa gunakan obat OTC (Over The Counter) yang dapat memutihkan gigi.

Rutin ke Dokter Gigi

Yang enggak kalah penting adalah untuk rutin ke dokter gigi enam bulan sekali untuk melakukan pembersihan gigi. Dengan begitu, kebersihan mulut dan gigi kamu akan terjaga, gigi kamu akan lebih putih berseri jadi enggak malu lagi deh buat senyum unjuk gigi.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.