Cara Mencerahkan Wajah secara Alami yang Ampuh dan Aman, Simak!
Lifestyle

Cara Mencerahkan Wajah secara Alami yang Ampuh dan Aman, Simak!

Mencerahkan wajah secara alami tentu akan membantu penampilan terlihat lebih menawan. Hal tersebut karena kulit wajah yang kusam tentu mengganggu penampilan. Kemudian akan berakibat terkikisnya rasa kepercayaan diri. Nah, dengan hal tersebutlah banyak wanita bahkan pria yang melakukan perawatan, baik dari dalam maupun dengan bantuan skincare. 

Nah, jika Marshalova adalah salah satu orang yang mendambakan wajah tampak cerah bercahaya, sebaiknya bijak memilih produk yang sesuai kebutuhan kulit. Tentu saja, untuk kemananannya pilihlah cara yang alami agar terbebas dari permasalahan kulit lain.

Cara Mencerahkan Wajah secara Alami

Wajah cerah mungkin menjadi dambaan banyak orang. Salah satunya adalah memutihkan waja. Memutihkan wajah bukan berarti merubah warna kulit. Namun, melakukan berbagai macam cara untuk mencerahkan kulit supaya tidak tampak kusam.

Tahukah kamu jika sebenarnya kulit tidak dapat diputihkan? Melansir liveolive.com, dr. Windy Miryana, Sp.KK mengungkapkan jika kulit tak bisa diputihkan memakai perawatan apapun. Lapisan kulit (epidermis) akan memproduksi sel kulit yang baru dalam waktu 2-3 minggu.

Nah, apabila kulit yang mati tersebut tidak kamu eksfoliasi dengan benar, maka kulit wajah akan terlihat kusam. Inilah alasannya mengapa kulit terlihat lebih gelap daripada sebelumnya. Bukan hanya itu saja, sinar UV yang terus memapar secara langsung juga menjadikan melanin kulit terlepas.

Baca Juga: Kebiasaan yang Membuat Jerawat Hilang Selamanya, Simak di Sini Yuk

Berikut ini penting untuk menyimak berbagai cara mencerahkan wajah kusam secara alami. Antara lain sebagai berikut:

1. Menggunakan Perasaan Air Lemon

Mencerahkan wajah secara alami

Sudah banyak diketahui jika kandungan vitamin C pada buah lemon bermanfaat untuk memutihkan kulit wajah. Lemon mengandung 5-8% asam sitrat serta pH 2,3 yang menjadikannya sangat asam. Asam karbonat (vitamin C) memiliki zat antioksidan dan berperan untuk sintesis kolagen. Dari proses tersebut, vitamin C akan menjadi molekul yang penting dalam hal kesehatan kulit.

Selain itu, manfaat asam karbonat mempunyai peran penting untuk membantu sel kulit beregenerasi, mencegah serta mengobati kerusakan karena sinar UV. Sehingga, bisa memutihkan wajah. Satu hal yang wajib kamu perhatikan adalah tentang keasaman yang sangat tinggi pada buah lemon ini. 

Dengan tingkat yang tinggi tersebut, kamu hanya diperbolehkan memakai perasan airnya dalam konsentrasi sedikit saja. Disarankan untuk mengaplikasikan ke kulit wajah 3-4 kali dalam satu minggu. Jika lebih, maka kulit wajah kamu justru akan iritasi, bahkan mengalami kekeringan.

2. Memakai Masker Tomat

Mencerahkan wajah secara alami

Tomat dipercaya dapat membuat wajah putih cerah. Untuk 100 gram buah tomat terdapat kandungan vitamin C sebanyak 13,7 mg. Dengan kandungan tersebut maka akan mempercepat produksi kolagen yang bisa mengencangkan kulit. Selain itu, vitamin C juga bisa menghalangi melanin berproduksi lebih banyak, sehingga akan meringankan masalah bintik hitam dan hiperpigmentasi.

Dengan rutin mengaplikasikan masker tomat, kamu akan terbebas dari pengaruh buruk sinar UV. Nah, dengan begitu kamu akan memiliki wajah yang putih cerah. Jika ingin membuat masker wajah alami untuk memutihkan, caranya cukup mudah.

Kamu bisa mencampurkan setengah tomat yang sudah matang dengan madu satu sendok makan. Setelah itu tinggal kamu oleskan pada wajah. Tunggu sekitar 15 menit dan bilas menggunakan air bersih. Jangan lupa untuk mengeringkan dengan handuk atau kain yang juga bersih.

Baca Juga: Deretan Minuman yang Membuat Wajah Glowing dan Sehat

3. Memakai Masker Madu

Mencerahkan wajah secara alami

Salah satu bahan herbal ini mengandung senyawa asam alfa hidroksi serta bioaktif yang dapat menghambat hiperpigmentasi. Dengan pemakaian teratur, kulit akan terlihat lebih putih dan cerah alami. Cara untuk membuat masker dari madu yakni dapat mencampurkan ke dalam wadah bersih bersama perasan lemon. Aduk rata, lalu oleskan pada kulit wajah serta leher. Biarkan beberapa menit, lalu cuci bersih. Untuk hasil maksimal, kamu bisa mengaplikasikannya seminggu sekali.

Kamu bisa mencerahkan wajah secara alami dan aman dengan memanfaatkan bahan-bahan sekitar. Namun, kamu juga wajib menyeimbangkan dengan pola hidup yang sehat seperti minum air putih yang cukup, tidur teratur serta mengatur pola makan. Dengan begitu, wajah berseri tanpa kusam akan menjadi milik kamu.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.