Cara Mencukur Bulu Ketiak dengan Benar, Begini Triknya!
Body

Cara Mencukur Bulu Ketiak dengan Benar, Begini Triknya!

Ketiak memang salah satu area yang spesial, ya, Marshalova. Pasalnya, area ketiak ini salah satu area yang ditumbuhi rambut cukup lebat. Terlebih lagi area ketiak merupakan area yang berada pada area lipatan yang lembap karena keringat yang terjebak. Kemungkinan bakteri untuk berkembang biak juga tinggi sehingga memicu bau badan yang tidak sedap. Oleh karena itu, banyak orang yang membersihkannya dengan mencabut, waxing, atau dengan cara mencukur bulu ketiak dengan benar.

Dibandingkan dengan mencabut menggunakan pinset atau waxing bulu ketiak, mencukur jauh lebih nyaman dan mudah dilakukan. Risiko folikel meradang juga lebih kecil. Meski demikian, mencukur bulu ketiak hanya akan memangkas sebagian bulu permukaan atas saja. Sehingga bulu ketiak lebih cepat tumbuh.

Cara Mencukur Bulu Ketiak dengan Benar, Ini Triknya!

Mencukur bulu ketiak memang banyak menjadi pilihan kaum hawa karena cepat, mudah, dan tidak sakit. Namun, harus dilakukan juga dengan cara yang benar agar kulit ketiak tidak mengalami luka, iritasi, atau infeksi.

Berikut cara mencukur bulu ketiak yang harus Marshalova perhatikan:

1. Memilih Pisau Cukur yang Benar

Untuk mencukur bulu ketiak dengan benar, Anda harus memastikan alat cukur yang Anda gunakan tepat. Pilihlah pisau cukur yang tajam dan bersih. Pisau cukur yang tumpul dan kotor dapat menyebabkan iritasi.

Selain itu, pisau tumpul dapat menyebabkan bulu ketiak tumbuh ke dalam dan menyebabkan bisul.

Baca juga: Kulit Terawat dengan Macam Macam Body Lotion Nivea dan Manfaatnya

2. Membersihkan Area Ketiak

Selanjutnya, bersihkan area ketiak menggunakan air hangat 5 sampai 10 menit. Dengan demikian kulit ketiak akan lebih lembap dan bulu ketiak lebih mudah untuk Anda cukur. Mencukur bulu ketiak dalam kondisi kulit kering juga meningkatkan risiko luka dan iritasi.

Sebaiknya, dalam membersihkannya lakukan pula eksfoliasi kulit ketiak menggunakan scrub untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran.

3. Menggunakan Krim Cukur atau Shaving Cream

Menggunakan shaving cream atau krim cukur membuat area ketiak menjadi lembut dan lembap. Krim ini dapat memudahkan Anda dalam mencukur. Shaving cream juga mengurangi tekanan ketika mencukur sehingga iritasi dapat Anda cegah.

Baca juga: Macam-Macam Body Lotion Vaseline Dan Manfaatnya Dijamin Bikin Kulit Cerah

4. Mengarahkan Pisau Cukur dengan Benar

Untuk cara mencukur bulu ketiak dengan benar, sebaiknya Anda mengikuti arah tumbuh rambut untuk mencegah luka. Hindari menekan alat cukur terlalu keras atau terlalu lembut, berikan sentuhan yang pas. Apabila Anda menekan alat cukur terlalu lembut, rambut biasanya masih banyak tersisa.

5. Mengeringkan Kulit Ketiak dan Mengoleskan Pelembap

Apabila mencukur telah selesai, bersihkan kulit ketiak Anda dengan air hangat dan bilas kembali dengan air dingin. Air hangat dapat membuka pori-pori pada kulit ketiak dan air dingin dapat menutup pori-pori tersebut kembali.

Setelah Anda membilas, keringkan ketiak dengan handuk dengan cara menepuk-nepukkan handuk ke ketiak. Jangan menggosok ketiak dengan handuk. Oleskan pula gel pelembap agar kulit ketiak tidak iritasi.

6. Menggunakan Deodorant atau Antiperspirant

Setelah mencukur kulit ketiak dan memberikan jeda selama beberapa jam, sebaiknya Anda menggunakan deodorant atau antiperspirant. Deodorant antiperspirant dapat menghilangkan bau dan mencegah ketiak lembap. Deodorant juga biasanya mengandung bahan aktif untuk mengurangi kehitaman pada ketiak.

Selain itu, Anda juga harus rutin mengganti alat cukur secara berkala. Apalagi bila alat cukur sudah tumpul. Jangan lupa juga membersihkan dan mengeringkan alat cukur setelah dipakai. Buat juga jadwal rutin untuk mencukur bulu ketiak Anda. Demikian cara mencukur bulu ketiak dengan benar. Semoga bermanfaat, ya, Marshalova!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.