Cara Mengatasi Keringat Berlebih di Wajah, Yuk Terapkan!
Skincare

Cara Mengatasi Keringat Berlebih di Wajah, Yuk Terapkan!

Keringat di wajah tentunya akan sangat mengganggu penampilan, karena itu kamu perlu melakukan cara mengatasi keringat berlebih di wajah. Badan berkeringat serta di area kepala dan wajah memang hal yang wajar, apalagi jika kamu habis melakukan suatu aktivitas yang cukup berat.

Misalnya setelah berolahraga, setelah bersih-bersih rumah, beraktivitas di luar saat cuaca sedang panas dan lain sebagainya. Akan tetapi jika kamu sering berkeringat berlebihan di area wajah dan kepala hal ini tentunya sangat mengganggu kenyamanan. Apalagi keringat di wajah sulit untuk disembunyikan.

Cara Mengatasi Keringat Berlebih di Wajah

Mungkin kamu pernah bertanya-tanya mengapa wajah lebih mudah berkeringat dibandingkan dengan daerah lain. Mungkin saja kamu mengalami kondisi craniofacial hyperhidrosis yang merupakan bagian masalah keringat berlebih. Akibatnya, keringat akan mudah muncul dari kepala dan juga sering berkeringat di area hidung, bagian atas bibir dan area dahi.

Penyebab kondisi ini juga bermacam-macam mulai dari gangguan saraf, hormon hingga komplikasi penyakit kronis. Masalah minyak berlebih di wajah ini tentunya sangat tidak menyenangkan dan dapat membuatmu merasa tidak percaya diri. Nah, untuk mengatasinya berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

Menggunakan Cuka Apel

Cara menghilangkan keringat berlebih di wajah secara alami yang pertama yaitu dengan menggunakan cuka apel. Hal ini karena cuka apel memiliki sifat alkali yang mampu menghilangkan keringat dan minyak berlebih pada wajah. Kamu bisa menggunakan cuka apel ini seperti menggunakan toner.

Baca Juga:Memilih Deodorant yang Tidak Meninggalkan Noda di Baju, Perhatikan Ini!

Selain menggunakannya seperti toner, kamu juga bisa memanfaatkannya dengan mengkonsumsinya secara langsung. Kamu bisa mencampur cuka apel dengan madu dan konsumsi setiap hari setengah jam sebelum makan. Selain keringat akan berkurang, bau badan pun akan teratasi.

Cuci Muka dengan Air Dingin

Saat wajah berkeringat maka kamu bisa mencuci muka dengan air dingin yang akan membantu menurunkan suhu pada wajah. Akibatnya kelenjar keringat tidak akan memproduksi keringat yang berlebihan. Setelah mencuci muka jangan lupa untuk mengeringkan wajah dengan handuk atau tisu yang bersih.

Menggunakan Gel Lidah Buaya

Selain cuka apel, kamu juga bisa menggunakan lidah buaya dalam cara mengatasi keringat berlebih pada wajah secara alami. Lidah buaya dipercaya mampu mengontrol minyak dan keringat yang berlebih akibat panas. Cara menggunakannya cukup mudah, kamu tinggal mengoleskan gelnya ke wajah secara merata lalu biarkan hingga kering. Setelah itu bilas wajah hingga bersih.

Hindari Sinar Matahari Langsung

Paparan sinar matahari langsung apalagi di kondisi yang panas maka akan membuat kamu semakin berkeringat. Karena itu jika kamu memiliki aktivitas diluar maka usahakan menggunakan payung atau topi untuk melindungi kepala dan wajah agar tetap sejuk. Jangan lupa gunakan juga pakaian berbahan katun yang mampu menyerap keringat serta sejuk di badan.

Gunakan Krim Resep Dokter

Deodoran tentunya tidak bisa digunakan untuk wajah, karena itu untuk mengatasi keringat berlebih  diwajah kamu bisa menggunakan krim yang direkomendasikan oleh dokter. Krim tersebut biasanya memiliki kandungan khusus yang bersifat sebagai anti perspirant untuk wajah. Cobalah menggunakan krim tersebut dan lihatlah reaksinya.

Baca Juga:Deodorant untuk Ketiak Bau dan Basah, Ini Rekomendasi Terbaiknya

Lebih Perhatikan Pola Makan

Cara mengurangi keringat berlebih yang terakhir yaitu perhatikanlah pola makanmu sehari-hari. Sebaiknya kamu menghindari makanan yang pedas, minuman berkafein dan beralkohol serta makanan yang terlalu panas karena akn memicu keringat berlebih pada wajah. Apalagi saat cuaca sedang panas-panasnya.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.