Cara Mengetahui Jenis & Tipe Kulit Wajah, Lakukan Tes Ini Sebelum Membeli Skincare!
Skincare

Cara Mengetahui Jenis & Tipe Kulit Wajah, Lakukan Tes Ini Sebelum Membeli Skincare!

Skincare merupakan produk-produk perawatan yang bisa membantu menjaga dan merawat kesehatan wajah. Sebelum kamu mencari skincare yang tepat, hal yang harus kamu lakukan adalah adalah mengetahui jenis dan tipe kulitmu. Skincare yang sesuai dengan jenis dan tipe kulit akan memberikan hasil yang maksimal pada wajah. Sebaliknya, jika skincare-mu enggak sesuai, maka akan menimbulkan masalah di wajah. Lalu, bagaimana cara mengetahui tipe kulit wajah? Nah, buat kamu yang masih bingung untuk cek tipe kulit, berikut ini Marsha Beauty ulas 3 cara mengetahui jenis kulit wajah yang sangat sederhana dan bisa dilakukan di rumah. Keep scrolling!

Jenis dan Tipe Kulit Wajah

Tipe maupun kondisi kulit wajah setiap orang berbeda-beda, ada yang normal, kering, berminyak, kombinasi, ditambah kondisi yang berjerawat, dehidrasi, atau mengalami hiperpigmentasi. Namun, tipe kulit setiap orang akan terus berubah karena berbagai faktor. Usia, temperatur, lingkungan, pola makan, produk-produk perawatan yang digunakan, kondisi kesehatan, cuaca, serta peningkatan hormon menjadi faktor yang menyebabkan jenis kulit dapat berubah.

Tipe kulit yang utama yang umum dimiliki setiap orang adalah berminyak, kering, dan kombinasi.

Kulit berminyak: Tipe kulit berminyak diakibatkan karena kerja kelenjar sebasea yang terlalu aktif sehingga produksi minyak di wajah meningkat. Tipe kulit berminyak biasanya terlihat mengkilap dan banyak pori-pori. Selain itu, tipe kulit berminyak rentan mengalami masalah jerawat dan komedo.

Kulit kering: Berbeda dengan tipe kulit berminyak, kerja kelenjar sebasea tidak terlalu aktif pada kulit yang kering sehingga produksi minyak alami di wajah sedikit. Kulit kering cenderung mengalami dehidrasi yang membuat wajah terasa kencang, bersisik, gatal, dan mengelupas.

Kulit Kombinasi: Tipe kulit kombinasi adalah perpaduan dari kulit berminyak dan kulit kering. Biasanya, di beberapa area wajah seperti dahi, hidung, dan dagu cenderung berminyak. Namun, di area lainnya cenderung kering. Masalah yang sering timbul pada tipe kulit kombinasi lebih kompleks karena bisa seperti masalah pada kulit berminyak dan kulit kering sekaligus. 

Cara Mengetahui Jenis Kulit Wajah

Kalau kamu masih belum mengetahui tipe kulitmu, kamu bisa lakukan cara-cara berikut di rumah karena langkah-langkahnya sangat sederhana.

  1. Mencuci muka sebelum tidur

Cara pertama untuk mengetahui jenis kulit adalah dengan membersihkan wajah dari makeup dan kotoran sebelum tidur dengan facial wash. Setelah mencuci muka, jangan gunakan produk skincare apapun, seperti toner, serum, night cream, dan produk lainnya. Biarkan wajahmu bare face selama tidur semalaman. Kemudian, saat bangun di pagi hari, perhatikan keadaan kulit wajah di depan cermin. 

Jika tampak minyak yang berlebihan di area T-zone seperti dahi, hidung, dagu, maupun pipi, itu tandanya tipe kulitmu adalah berminyak. Jika kamu merasa kulitmu kencang, kesat, sama seperti setelah mencuci muka semalam, serta tidak tampak minyak yang berlebih, berarti tipe kulitmu adalah kering. Sedangkan, jika kamu merasa area pipi kencang tapi area T-zone terasa berminyak, berarti tipe kulitmu adalah kombinasi. 

  1. Menggunakan kertas minyak

Cara cek tipe kulit yang kedua ini sama seperti yang pertama, tapi bedanya kamu mengeceknya setelah mencuci muka di pagi hari. Selesai mencuci muka, tunggu kurang lebih 2 jam tapi pastikan kamu tidak melakukan aktivitas berat yang membuatmu berkeringat. Paling baik jika kamu melakukannya saat di rumah dan pada suhu ruangan yang normal.

Setelah 2 jam, ambil kertas minyak atau blotting paper merk apapun dan tempelkan pada area T-zone dan pipi. Setelah ditempel, perhatikan apakah pada kertas minyak tersebut terdapat spot minyak yang berlebihan dan lengket atau tidak. 

Kalau terdapat spot minyak berlebih dan kertas minyak tersebut terasa lengket, itu menandakan tipe kulitmu adalah berminyak. Kalau kertas minyaknya sulit menempel di wajah dan tidak ada spot minyak berlebih, berarti tipe kulitmu adalah kering. Sedangkan, jika pada area T-zone terdapat spot minyak berlebih dan kertas minyak lengket tapi di area pipi kertas minyak tidak mau menempel, itu berarti tipe kulitmu adalah kombinasi.

  1. Memperhatikan Pori-pori

Cara berikut ini sangat mudah dilakukan dan sama-sama diawali dengan mencuci muka. Setelah mencuci muka dan dijeda selama 2 jam, perhatikan keadaan pori-porimu di depan cermin. Tipe kulit berminyak cenderung memiliki pori-pori yang lebih besar dan kasat mata. Pori-pori pada tipe kulit kering biasanya sangat samar dan berukuran kecil. Sedangkan, pada tipe kulit kombinasi, pori-pori di area T-zone akan terlihat lebih besar dan jelas, tapi di bagian pipi cenderung kecil dan samar.  

Kalau dari ketiga cara tersebut kamu belum juga melihat hal yang menonjol dari ciri-ciri kulit kering atau berminyak, berarti tipe kulitmu adalah normal. Kamu patut bersyukur punya tipe kulit yang normal.

Itu dia cara mengetahui jenis kulit wajah yang bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah. Selalu ingat kalau tipe kulit setiap orang cenderung berubah-ubah karena berbagai faktor. Cek tipe kulitmu secara reguler untuk mendapatkan produk perawatan yang sesuai!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.