Cara Menghaluskan Wajah Bekas Luka Jerawat Secara Cepat, No Tipu-Tipu!
Skincare

Cara Menghaluskan Wajah Bekas Luka Jerawat Secara Cepat, No Tipu-Tipu!

Jerawat seringkali meninggalkan bekas luka pada wajah, hal ini tentu mengganggu dan bikin kamu nggak percaya diri. Makeup tebal memang bisa menutupi bekas luka jerawat, tapi hanya sementara tanpa menghilangkannya secara permanen. Lalu, bagaimana ya cara menghaluskan wajah kembali seperti sedia kala?

Bagi sebagian orang, menghilangkan bekas jerawat atau luka mungkin menyulitkan. Memang ada yang bisa hilang dalam beberapa hari saja, tapi ada juga yang bekas tertinggal di wajah hingga bertahun-tahun atau bahkan selamanya. Kenapa hal ini bisa terjadi? 

Menurut Mark Karolak, D.O., ahli bedah plastik wajah, jerawat justru biasanya tidak menyebabkan bekas luka pada wajah. Lantas bagaimana prosesnya kok bisa menyebabkan bekas luka? Penyebab bekas jerawat adalah jerawat itu sendiri, terutama jerawat bertipe Cystic acne. Tipe jerawat ini biasanya berukuran besar dan disertai dengan peradangan mirip bisul. Cystic acne tidak hanya muncul pada permukaan kulit saja, tetapi juga terjadi jauh di dalam kulit. Jadi, jikalau timbul jerawat Cystic acne alias jerawat batu, jangan sesekali memencetnya, ya Ladies. Konsultasikan segera dengan dokter kulit atau kencantikan.

Cara Menghaluskan Wajah, Bebas Bekas Jerawat

Jika bekas jerawat sudah terlanjur muncul di wajah, kamu tak perlu khawatir karena ada cara menghaluskan wajah bekas jerawat yang mujarab. Langkah-langkahnya akan Marsha Beauty share di bawah ini.

Namun, sebelum kamu mencoba cara di bawah ini, sebaiknya kenali dulu tipe kulit wajah kamu. Bahan-bahan tertentu bisa saja menimbulkan efek samping, apalagi jika tipe kulitmu adalah sensitif. Sebelum mencobanya, pelajari lebih detail lagi. Lakukan juga patch test di kulit tubuh terlebih dahulu. Kamu pun bisa berkonsultasi langsung ke dokter atau ahlinya.

Campuran Madu dan Lemon untuk Kulit Wajah Lebih Halus

Madu mengandung zat antiseptik yang bisa membunuh bakteri di sekitar bekas jerawat pada wajah. Sedangkan lemon mengandung antioksidan, vitamin C dan asam alpha hidroksi yang bisa menangkal radikal bebas pada kulit. 

Campuran madu dan lemon tak hanya bisa menghaluskan kulit dan menghilangkan luka bekas jerawat, tetapi juga bisa melembabkan kulit wajah sehingga tetap terasa lembut dan sehat.

Putih Telur, Lemon dan Madu Ampuh Haluskan Kulit dalam Sekejap

Ambil telur di dapur, pisahkan kuning telurnya. Campurkan putih telur dengan jeruk nipis dan madu lalu oleskan ke wajah secara merata. Biarkan hingga kering selama 30 menit, kemudian basuh dengan air.

Putih telur mengandung asam amino dan protein yang bisa mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit yang mati, termasuk kulit bekas jerawat. Selain itu, putih telur bisa membuat wajah lebih kenyal, sekaligus mencerahkannya. Sedangkan jeruk nipis mengantung vitamin C dan antioksidan yang mengatasi minyak berlebih dan mengangkat sel kulit mati. Perpaduan ketiganya tentu ampuh hilangkan bekas jerawat dan menghaluskan kulit wajah dengan cepat.

Masker Mentimun Bikin Wajah Halus dan Segar

Cara menghilangkan bekas luka di wajah selanjutnya adalah dengan mentimun. Parut mentimun hingga halus dan gunakan sebagai masker dengan mengoleskannya ke seluruh permukaan wajah secara merata. Diamkan selama setengah jam, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Kenapa mentimun? Mentimun dipercaya kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang penting bagi kesegaran wajah, sehingga wajah yang kusam pun terlihat menjadi lebih cerah. Kandungan dalam mentimun juga bisa menghambat pigmentasi kulit, menyamarkan bekas jerawat sekaligus menghaluskan kulit wajah.

Wajah Makin Cerah dengan Lidah Buaya 

Aloevera atau lidah buaya kaya akan kandungan polisakarida dan giberelin yang bisa menyembuhkan luka, termasuk bekas jerawat di wajah. Lidah buaya juga dipercaya memiliki sifat anti-inflamasi dan mengandung antioksidan yang bisa mempercepat proses perbaikan kulit wajah yang rusak akibat jerawat, sekaligus menghaluskannya kembali seperti sedia kala.

Caranya mudah banget, kamu tinggal mengoleskan gel lidah buaya pada bekas jerawat di wajah secara merata. Biarkan semalaman, lalu bilas di pagi harinya. Lakukan langkah-langkah ini hingga bekas jerawat benar-benar hilang dan wajah kamu jadi lebih halus.

Itulah cara menghaluskan wajah secara alami dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan di sekitar kamu. Cara mana yang mudah dan ingin segara kamu coba? Jangan lupa share pengalamanmu di kolom komentar, ya! 

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.