Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Pakai 7 Bahan Alami Berikut Ini
Body

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Pakai 7 Bahan Alami Berikut Ini

Cara menghilangkan bekas luka bakar yang memutih jelas bukanlah perkara yang mudah. Namun, kamu tidak boleh mengabaikannya begitu saja. Setidaknya, kamu harus terus berupaya untuk menyamarkan bekas luka bakar tersebut.

Luka bakar tidak melulu dari panas api. Terkadang kerusakan jaringan dalam tersebut disebabkan oleh sinar matahari, cairan panas, percikan listrik, atau paparan bahan kimia. Tanpa perawatan secara medis, kamu dapat mengobati luka bakar kecil atau sunburn secara mandiri di rumah. Penyebab sunburn adalah sensasi kulit terasa seperti terbakar sebagai akibat reaksi dari paparan sinar matahari secara berlebih.

7 Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar Dengan Bahan-Bahan Alami

Proses penyembuhan bekas luka membutuhkan waktu lebih lama. Semakin lama, bekas luka bakar akan menghitam. Meskipun tidak bisa menghilangkannya dengan sempurna, tidak ada salahnya kamu mencoba menggunakan bahan-bahan alami berikut ini.

Lidah Buaya

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Tanpa metode operasi laser, kamu bisa mengandalkan lidah buaya untuk menghilangkan bekas luka menghitam akibat luka bakar. Zat yang terkandung didalamnya juga berkhasiat untuk pengobatan medis. Luka bakar dan sunburn bisa hilang dengan cara mengoleskan gel lidah buaya ke area luka. 

Baca juga:Sebab Bekas Luka Menghitam dan Cara Mengatasinya Simak Baik-baik

Teh Chamomile

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Kandungan zat aktif dalam teh bersifat antioksidan sekaligus berperan menjaga kelembaban kulit. Bahan alami ini juga efektif sebagai pemutih alami.

Luka ringan dan luka bakar pun dapat diatasi dengan mudah. Manfaat teh chamomile untuk sembuhkan luka bakar bisa kamu dapatkan dengan cara menyeduh teh dalam air panas dan diamkan hingga dingin. Barulah kamu bisa mengoleskannya ke area bekas luka.

Beri pijatan lembut selama beberapa menit. Bersihkan dengan air dingin. 

Minyak Kelapa

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Bahan alami minyak kelapa juga bisa diandalkan untuk menyembuhkan luka. Kandungan asam lemaknya akan membantu memproduksi sel kulit baru. Minyak kelapa juga mengandung asam lemak jenis monolaurin yang berperan melindungi luka dari bakteri.

Baking Soda

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Baking soda dipercaya ampuh meredakan sunburn dan luka bakar. Ini karena baking soda bersifat basa yang bisa membantu menenangkan kulit.

Selain itu, bahan aktif didalamnya bersifat antiseptik yang berperan sebagai proteksi dari kuman dan bakteri serta membantu mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan.

Cukup mencampur baking soda dengan air kemudian mengoleskannya pada bekas luka. Gunakan bola kapas untuk mengaplikasikannya. Kamu juga bisa menuangkan setengah cangkir baking soda ke dalam air untuk mandi atau berendam.

Baca juga:Rekomendasi 5 Bodycare untuk Menghilangkan Jerawat Punggung

Madu Murni

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Sejak dulu, madu diklaim berkhasiat meredakan berbagai jenis penyakit. Bahan alami ini juga bisa membantu menyembuhkan luka.

Cukup oleskan madu ke area bekas luka dan ulangilah cara tersebut rutin 2 kali sehari. Selain itu, madu juga berperan menumbuhkan sel-sel kulit epitel baru.

Susu

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Meredakan nyeri luka yang kamu alami dengan mengoleskan susu dingin. Susu bersifat anti nyeri.

Kandungan alami dalam susu akan mengurangi gatal dan sensasi terbakar pada luka. Kompres luka atau bekas luka dengan air susu dingin secara rutin.

Gunakan Pelembab

Cara Menghilangkan Bekas Luka Bakar

Selain bahan alami, kamu juga bisa mengoleskan pelembab untuk menghilangkan bekas luka bakar. Akan lebih baik lagi jika kamu memilih pelembab yang bebas alkohol dan parfum. 

Oleskan pelembab ke seluruh area bekas luka. Hati-hati saat mengoleskannya, terlebih jika luka belum lama sembuh. 

Pijatlah area bekas luka dengan memberi sedikit tekanan saat mengoleskan pelembab. Pijatan yang kamu lakukan akan menenangkan area kulit di sekitar luka bakar.

Dari berbagai cara menghilangkan bekas luka bakar tadi, mana yang menurutmu paling mudah? Pastikan kamu telaten mengulangi cara tersebut hingga mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.