Cara Menghilangkan Cegukan Saat Puasa Tanpa Harus Minum
Lifestyle

Cara Menghilangkan Cegukan Saat Puasa Tanpa Harus Minum

Cegukan seringkali terjadi dan cara paling mudah untuk menghilangkanya adalah dengan minum air putih. Lalu bagaimana kalau cegukan saat puasa? Nah, karena itu Marshalova perlu tahu cara menghilangkan cegukan saat puasa.

Selain minum air sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan agar bisa menghilangkan cegukan dengan sangat mudah. Semua caranya juga sangat mudah untuk dilakukan, apalagi tidak akan membuat puasa batal.

Berhubungan dengan hal tersebut, Marsha Beauty akan berikan beberapa cara mengatasi cegukan dengan mudah ketika puasa. Seperti apa caranya, untuk mengetahuinya simak artikel ini hingga akhir dengan baik, ya!

Berikut Ini Berbagai Cara Menghilangkan Cegukan Saat Puasa

Cegukan sering muncul dengan tanda bunyi “hik”, tanpa sengaja dan akan berlangsung hingga beberapa saat. Karena mengganggu sehingga jadi seseorang akan langsung melakukan berbagai cara agar cegukan tersebut hilang.

Salah satu cara yang paling mudah dilakukan adalah minum air putih. Namun cara tersebut tentunya tidak bisa dilakukan ketika sedang berpuasa. Karena itu, kami akan memberikan berbagai cara mudah untuk menghilangkan cegukan ketika sedang berpuasa.

Cara menghilangkan cegukan saat puasa ini bisa juga digunakan ketika, tidak sedang memegang air di luar rumah. Seperti apa caranya, untuk mengetahuinya mari kita cari tahu bersama.

Bernafas Menggunakan Kantong Kertas

Cara Menghilangkan Cegukan Saat Puasa

Cara ini mudah untuk dilakukan, hanya perlu  menghirup dan membuang nafas dalam kantong saja, lakukan hal tersebut berulang kali. Hal ini bisa membuat otot diafragma yang tadinya tegang berubah menjadi rilek kembali.

Baca Juga: 7 Manfaat Minum Air Hangat, Bikin Tubuh Sehat dan Bebas Penyakit!

Menahan Nafas

Cara Menghilangkan Cegukan Saat Puasa

Meredakan cegukan lainya dengan menahan nafas, cara yang perlu dilakukan juga cukup sederhana. Tahan nafas selama 10 hitungan lambat setelah itu, ambil nafas seperti biasa. Jika tidak berhasil, maka lakukan hal ini setidaknya 3-4 kali setiap 20 menit.

Menutup Telinga

Cara Menghilangkan Cegukan Saat Puasa

Cara menghilangkan cegukan saat puasa lainya adalah dengan menutup telinga menggunakan jari tangan selama 20-30 detik saja. Kenapa cara simpel ini bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan cegukan? Simpel saja, karena sinyal relaksasi akan melalui syarat wagus yang terhubung dengan diafragma, jadi cegukan akan menghilang.

Tekan Hidung dan Telan

Cara Menghilangkan Cegukan Saat Puasa

Selain berbagai cara di atas, cara ini tidak kalah efektif, karena mudah dilakukan. Cukup melakukan gerakan menutup hidung sambil menelan saja. Hal ini karena otot diafragma melakukan relaksasi, sehingga cegukan bisa dihilangkan, sangat bermanfaat apalagi ketika berpuasa.

Membalikan Posisi Tubuh

Cara Menghilangkan Cegukan Saat Puasa

Berbaring lalu membalikan posisi tubuh merupakan salah satu cara paling mudah untuk menghilangkan cegukan. Cara ini mengharuskan untuk berbaring dan menyandarkan kaki ke atas dinding. Jadi posisi kaki di atas dan kepala di bawah.

Menekuk Lutut Lalu Mengarahkannya ke Dada

Cara Menghilangkan Cegukan Saat Puasa

Beberapa gerakan meredakan cegukan juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan cegukan. Salah satunya dengan menekuk lutut dan mengarahkannya ke dada. Posisi tersebut bisa menekan diafragma sehingga udara yang terjebak bisa keluar dengan mudah.

Sebaiknya tahan pisis tersebut setidaknya selama dua menit untuk cara sederhana menghilangkan cegukan ketika puasa.

Baca Juga: Cara Tidur Nyenyak dan Bangun Pagi yang Tepat Agar Terus Produktif!

Pijat dengan Lembut Area Ulu Hati

Cara Menghilangkan Cegukan Saat Puasa

Selain beberapa cara di atas, Marshalova juga bisa menggunakan cara ini, pijat dengan lembut saja area ulu hari untuk menghilangkan cegukan. Lakukan setidaknya 20-30 detik saja, biasanya cegukan akan berhenti dengan sendirinya.

Cara menghilangkan cegukan saat puasa tersebut bisa dipraktekan, agar puasa tetap bisa dilakukan dengan lancar. Jadi untuk mengatasi cegukan tidak perlu minum air putih saja, ada beberapa arti yang sudah disebutkan tersebut bisa dimanfaatkan.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.