Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami di Wajah dengan 5 Berikut, Terbukti Ampuh!
Skincare

Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami di Wajah dengan 5 Berikut, Terbukti Ampuh!

Semakin bertambahnya usia, maka akan semakin banyak tanda-tanda penuaan yang muncul, seperti kerutan, garis halus, dan flek hitam. Flek hitam di wajah disebabkan karena peningkatan produksi melanin atau pigmen kulit dan paparan sinar UV. Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel butuh perawatan khusus. Tentunya perawatan tersebut menggunakan bahan kimia dan butuh biaya yang besar. Namun, sebenarnya ada, lho, cara menghilangkan flek hitam secara alami tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Bahan alami untuk menghilangkan flek hitam ini mudah ditemukan dan harganya murah. Apa saja bahan-bahannya? Yuk, simak ulasan Marsha Beauty berikut ini!

Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami dengan Bahan Berikut Ini

cara menghilangkan flek hitam secara alami

Banyak orang yang beranggapan bahwa bahan kimia itu berbahaya bagi kulit, jadi lebih baik menggunakan bahan alami yang aman di kulit. Padahal, semua bahan alami pun mengandung unsur kimia, Girls. Bahan kimia yang berbahaya dan sebaiknya dihindari itu seperti merkuri, hidrokuinon, atau steroid karena bahan-bahan tersebut butuh takaran yang tepat sesuai dengan resep dokter dalam pengunannya.

Lalu, bahan alami apa, sih, yang aman untuk kulit dan ampuh untuk menghilangkan flek hitam?

  1. Lemon

cara menghilangkan flek hitam secara alami

Pasti kalian sudah tahu kalau bahan alami yang satu ini sangat ampuh untuk mencerahkan kulit, bahkan banyak skincare yang berbahan dasar lemon. Lemon memang bermanfaat untuk mencerahkan kulit karena mengandung antioksidan dan Vitamin C yang tinggi. Selain itu, kandungan dalam lemon juga berperan sebagai anti aging dan anti inflamasi. Lemon juga bisa digunakan untuk menghilangkan sebum di wajah dan memiliki manfaat sebagai anti fungal, sehingga bisa mencegah timbulnya fungal acne di wajah.

Namun, disamping manfaatnya yang dapat mencerahkan wajah dan menghilangkan flek hitam, lemon memiliki pH yang sangat tinggi atau sangat asam yang bisa mengiritasi kulit serta membuat kulit seperti terbakar. Jika terkena matahari, kulit akan berkali-kali lipat mengalami kerusakan sehingga malah menimbulkan flek hitam. Maka dari itu, gunakan lemon secara tepat dan hati-hati dari efek samping yang ditimbulkan. Jangan lupa untuk menggunakan sunscreen setelahnya.

Baca Juga: Ini Dia Cara Menghilangkan Flek Hitam Membandel

  1. Kunyit

cara menghilangkan flek hitam secara alami

Kunyit menjadi salah satu bahan alami yang terkenal dapat mencerahkan kulit, bahkan banyak sabun-sabun atau perawatan wajah dan tubuh lainnya yang mengandung ekstrak kunyit. Mungkin kamu juga sudah pernah mencoba kunyit untuk dijadikan masker alami wajah yang dipakai seminggu dua kali.

Ternyata, kunyit mengandung zat anti inflamasi dan antioksidan yang tinggi, Girls. Kunyit bisa mencerahkan kulit setelah 3 minggu pemakaian rutin. Karena kandungan anti inflamasi dan antioksidan yang terlalu kuat, kunyit dapat memberikan nutrisi lebih ke kulit sehingga bisa membuat kulit lebih sehat dan cerah alami. Namun, menggunakan kunyit secara langsung ke wajah bisa bikin wajahmu kuning, jadi hati-hati ya, Girls! Nanti dikira terkena penyakit hepatitis, deh! Hehe.

  1. Bawang Putih

cara menghilangkan flek hitam secara alami

Siapa yang enggak suka makan bawang putih karena baunya yang menyengat? Udah kayak vampir aja ya, nyium bawang putih langsung kabur. Eits, ternyata bawang putih bermanfaat untuk mencerahkan kulit, lho!

Bawang putih juga bisa menghilangkan jerawat, bekas jerawat, dan komedo. Kenapa bisa seperti itu? Bawang putih mengandung antiseptik dan anti inflamasi sehingga bisa membantu menyembuhkan jerawat dan mengurangi radang. Selain itu, kandungan allicin dalam bawang putih bisa menghilangkan flek hitam. Namun, perlu hati-hati, Girls, karena bawang putih juga mengandung sulfur yang bisa membuat kulit terasa panas dan terbakar. Jadi, jangan langsung mengoleskan bawang putih ke wajah. Untuk mendapatkan kulit yang cerah dan bebas flek, kamu bisa konsumsi bawang putih dengan cara dimakan sehingga kulit cerah alami dari dalam.

  1. Aloe Vera

cara menghilangkan flek hitam secara alami

Aloe Vera adalah salah satu bahan alami yang paling fenomenal, bahkan jadi bahan utama dalam berbagai produsk skincare. Aloe Vera punya berbagai manfaat yang baik untuk kulit wajah, tubuh, rambut, bahkan luka. Aloe Vera terkenal dapat melembapkan kulit. Selain itu, ada kandungan Vitamin C yang bisa mencerahkan kulit. Kandungan Vitamin C dalam Aloe Vera berbeda dengan kandungan Vitamin C pada lemon karena pH-nya tidak terlalu asam, sehingga tidak membuat kulit mudah iritasi, malah memberikan rasa yang dingin dan menenangkan. Fungsi lain dari Aloe Vera adalah dapat mengunci kelembapan kulit sehingga kulit bisa lebih glowing. 

Baca Juga: Yuk Mulai Perawatan Badan untuk Remaja dengan Bahan-bahan Alami Ini!

  1. Madu

cara menghilangkan flek hitam secara alami

Madu memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh dan kulit. Madu bisa membantu proses penyembuhan luka dan jerawat. Madu mengandung kadar gula yang tinggi, sehingga osmolaritasnya lebih tinggi. Osmolaritas madu yang tinggi ini menyebabkan bakteri atau mikroba tidak dapat tumbuh pada area yang luka dan berjerawat. Madu juga bisa merangsang produksi kolagen yang dapat membuat kulit lebih cerah. Kamu bisa gunakan madu sebagai campuran dalam masker wajah alami.

Itu dia 5 bahan alami yang ampuh untuk menghilangkan flek hitam. Jadi, sebenarnya bahan-bahan alami ini memang bagus banget untuk merawat kulit, mencerahkan, sekaligus menghilangkan flek hitam. Namun, perlu diingat bahwa bahan alami juga punya efek samping kalau cara penggunaannya salah. So, be careful ya!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.