Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Permanen dengan 5 Bahan ini, Bye Ketombe!
Hair

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Permanen dengan 5 Bahan ini, Bye Ketombe!

Mendapati ketombe pada permukaan kulit kepala pasti bikin kamu minder dan kurang nyaman, kan, Marshalova? Masalah tersebut disebabkan karena penumpukan jamur pada permukaan kulit kepala yang berminyak yang membentuk serpihan putih saat sel-sel kulitnya mati. Untungnya, sekarang sudah ada cara menghilangkan ketombe secara alami dan permanen yang bisa kamu terapkan di rumah. Yuk, simak ulasan Marsha Beauty berikut ini!

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Permanen

Tidak jarang bahan-bahan alami bisa memberikan hasil yang lebih baik dalam mengatasi masalah ketombe. Lalu, apa saja bahan yang bisa kamu olah untuk mengatasi masalah ketombe? 

  1. Lidah buaya

Cara menghilangkan ketombe secara alami dan permanen

Khasiat lidah buaya alias aloe vera untuk menjaga kesehatan rambut tak perlu kamu ragukan. Tanaman ini kaya akan kalsium, lemak, karbohidrat, zat besi, vitamin, dan fosfor yang baik untuk kesehatan rambut. Sehingga, selain mengusir ketombe, lidah buaya juga bisa mencegah kerontokan hingga membuat rambutmu berkilau.

Cara pakainya juga sangat mudah. Kamu hanya perlu menghaluskan daging lidah buaya, lalu oleskan secara merata pada permukaan kulit kepala. Kemudian, pijat lembut kepalamu supaya kandungan nutrisinya meresap. Setelah itu, biarkan selama 30 menit dan bilas menggunakan air bersih. Kamu bisa jadikan lidah buaya ini sebagai masker rambut yang rutin dipakai setiap sekali dalam seminggu. Dijamin, rambutmu akan lebih sehat, halus, kuat, dan bebas dari ketombe.

Baca Juga: Ingin Menghilangkan Ketombe dengan Cepat? Ini Dia 4 Produk Ampuh untuk Membasmi Ketombe

  1. Daun sirsak

Cara menghilangkan ketombe secara alami dan permanen

Kandungan bernama acetogenin pada daun sirsak terdiri atas senyawa aktif yang bersifat sitotoksis  atau dapat membunuh racun untuk menangani kanker. Selain berkhasiat untuk kesehatan tubuh, ternyata daun sirsak juga bisa dipakai untuk membasmi parasit. Maka dari itu, bahan ini diandalkan untuk menghambat munculnya ketombe jamur.

Kalau kamu ingin memakai daun sirsak untuk mengatasi ketombe, tumbuk beberapa helai bersama sedikit air hingga membentuk pasta. Olahan ini bisa kamu jadikan sebagai masker rambut. Kemudian, oleskan masker daun sirsak pada rambut secara merata sambil sesekali dipijat, lalu diamkan selama 30 menit sebelum kamu bilas dengan air bersih.

  1. Jeruk nipis

Cara menghilangkan ketombe secara alami dan permanen

Bukan hanya ampuh untuk mengatasi jerawat, jeruk nipis rupanya bisa kamu andalkan dalam cara menghilangkan ketombe secara alami dan permanen. Hal ini disebabkan adanya kandungan asam sitrat dan vitamin C yang mampu mendorong pertumbuhan akar rambut hingga mengatasi kebotakan. Selain itu, kandungan vitamin C dalam jeruk nipis bisa mengurangi produksi minyak berlebih di kepala, sehingga sel kulit mati tidak bercampur dengan minyak yang akan timbul sebagai ketombe. 

Untuk pemakaiannya, kamu hanya perlu memeras jeruk nipis, lalu campurkan air perasannya dengan air mineral secukupnya. Selanjutnya, oleskan perasan tersebut pada rambut, kemudian tunggu sebentar sampai cairan meresap ke kulit kepala sebelum dibilas dengan air bersih. Karena jeruk nipis tinggi asam, kamu bakal merasakan sensasi perih untuk sementara. Untuk mencegah terjadinya iritasi atau gatal di kepala, kamu bisa aplikasikan hair vitamin setelah melakukan perawatan.

  1. Minyak kemiri

Cara menghilangkan ketombe secara alami dan permanen

Kemiri adalah bahan alami yang sudah lama dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai macam masalah rambut. Dalam hal ini, kamu akan menggunakan minyak kemiri untuk membasmi ketombe tanpa perlu mencemaskan kerusakan pada rambut.

Penggunaan minyak kemiri sebagai produk hair care alami tergolong sangat praktis. Aplikasikan minyak kemiri pada permukaan rambut sebelum keramas, lalu diamkan selama 30 menit, kemudian bilas hingga bersih. Setelah itu, kamu tinggal keramas menggunakan sampo dan kondisioner seperti biasa.

Baca Juga: Jangan Anggap Sepele, Ini 4 Penyebab Ketombe yang Bisa Merusak Penampilan

  1. Cuka 

Cara menghilangkan ketombe secara alami dan permanen

Penggunaan cuka untuk mengatasi masalah rambut memang tak seumum bahan-bahan sebelumnya. Namun, bahan alami yang lebih sering digunakan dalam makanan ini rupanya bisa kamu andalkan juga untuk perawatan rambut, asalkan jumlahnya tidak terlalu banyak.

Untuk memakainya, siapkan satu setengah sendok teh cuka, kemudian kamu oleskan secara merata pada permukaan kulit kepala secara merata dan diamkan beberapa saat sebelum dibilas dengan air bersih. Kamu bisa memakainya dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

Nah, itu dia lima cara menghilangkan ketombe secara alami dan permanen yang dapat kamu lakukan di rumah. Kalau kamu merasakan reaksi seperti alergi, kulit gatal, atau gangguan lain, segera hentikan pemakaian dan ganti dengan bahan lain.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.