Cara Merawat dan Menghias Kuku Sendiri. Praktis dan Lebih Murmer!
Nails

Cara Merawat dan Menghias Kuku Sendiri. Praktis dan Lebih Murmer!

Merawat kuku sudah seharusnya dilakukan secara rutin agar kuku tetap cantik dan sehat, terhindar dari bau yang tidak sedap, serta penyakit kuku seperti cantengan atau infeksi kuku. 

Cara merawat kuku juga nggak memerlukan alat dan bahan yang beragam kok. Cara merawat kuku panjang agar tidak kuning ini bisa dimulai dari mengenali kriteria kuku yang sehat dan tips menjaganya agar tidak mudah patah.   

Kriteria Kuku dan Kutikula yang Sehat 

cara merawat kuku

Kuku yang sehat, umumnya memiliki warna yang pink cerah tanpa ada bagian yang terlihat kering atau mengelupas. Selain itu, kuku yang sehat identik dengan ujung kuku yang berwarna putih tulang.  

Kutikula sendiri merupakan bagian kulit mati dari kuku yang mengelilingi sisi kuku. Biasanya, saat melakukan perawatan manicure di salon, kutikula ini akan dihilangkan dengan alasan agar jari terlihat lebih anggun karena kukunya yang terlihat jenjang. Padahal, para ahli mengatakan kutikula ini sebagai penjaga kuku dari ancaman bakteri penyebab infeksi pada kuku. 

Cara Merawat dan Menjaga Kuku serta Kutikula dengan Baik

Menjaga kuku dan kutikula tentu harus dilakukan agar kukumu selalu terlihat sehat dan menarik. Secara rutin, cobalah lakukan beberapa tips ini ya  

Memotong kuku secara teratur

cara merawat kuku

Potonglah kukumu dengan rutin, minimal dua minggu sekali. Kuku yang tidak rutin dipangkas akan menimbulkan ujung yang rapuh dan mudah menguning. Potong kuku dengan berhati-hati. Gunakan gunting kuku yang sesuai dengan ukuran kukumu sendiri, ya. 

Sebaiknya, potong kukumu dalam keadaan sehabis mandi agar kuku lebih lemas sehingga mudah untuk dipotong. Setelah itu, pastikan kembali bahwa kukumu bersih dan kering. Hal ini akan meminimalisir kemungkinan munculnya jamur pada kuku. 

Mengoleskan vitamin kuku atau minyak kutikula

cara merawat kuku

Sehabis memotong kuku, oleskan vitamin kuku atau minyak kutikula agar kuku lembab dan terlihat sehat. Minyak kutikula ini berasal dari minyak lavender, minyak kayu putih, minyak grapefruit, minyak peppermint, dan minyak kelapa. Berbagai khasiat alami dari minyak ini memberikan efek natural dan sehat pada kutikula.

Menghindari pemakaian kutek terlalu sering 

cara merawat kuku

Terlalu sering menggunakan kutek tentu akan menimbulkan kuku yang kering dan menguning. Alternatifnya, kamu bisa gunakan nail art lainnya seperti kuku palsu atau asesoris kuku lainnya.

Konsumsi makanan yang mengandung biotin 

cara merawat kuku

Biotin alias vitamin B7 ini bertanggung jawab pada proses pertumbuhan kuku. Selain itu, biotin juga memperkuat kuku yang mudah rapuh dan patah. Nggak perlu bingung dan mengeluarkan effort lebih untuk mendapatkan kandungan biotin ini, kamu bisa kok mendapatkannya secara alami dengan rutin mengkonsumsi kuning telur, jamur, gandum, atau oat. 

Masalah pada kuku yang tidak sehat

Tentu, kalau kamu tidak merawat kukumu dengan baik akan menimbulkan berbagai masalah baru nantinya. Cara membersihkan kuku yang masih salah dan tidak diperhatikan ini mungkin saja berubah jadi lebih buruk hingga ada kemungkinan terburuknya untuk operasi pengangkatan kuku. Hih, jangan sampai deh, Girls! 

Cantengan 

cara merawat kuku

Cantengan merupakan kondisi abnormal pada kuku yang tumbuh justru ke dalam daging jari kaki. Kuku yang terus tumbuh dengan salah tempat ini akan menimbulkan rasa nyeri diikuti ketidaknyamannya menggunakan alas kaki. 

Cara Mengobati Cantengan 

Cantengan nggak selalu identik dengan operasi pengangkatan kuku kok! Kalau rasa sakitnya belum mengganggu apalagi belum muncul, kamu bisa melakukan beberapa tips sederhana ini. 

Merendam telapak kaki dengan air hangat atau cuka apel

Rendam kuku selama sepuluh menit menggunakan air hangat atau cuka apel. Apabila kuku sudah terasa lunak dan tidak sakit, potong kukumu secara perlahan ya.

Meminum obat pereda nyeri atau mengoleskan salep antibiotik 

Obat pereda nyeri atau salep antibiotik ini akan bekerja menenangkan bagian kakimu yang tertusuk atau kula.  Biasanya, antibiotik ini akan memberikan efek tenang sehingga kamu nggak lagi merasakan sakit luar biasa susah menggunakannya. 

Mencabut atau mengangkat kuku

Perawatan terakhirnya nih.. Adalah dengan  mengangkat sebagian atau seluruh bagian kuku karena mungkin saja area cantengan sudah semakin dalam dan mengganggu aktivitas sehari-hari. Pengangkatan kuku ini akan dimulai dengan proses bius terlebih dahulu kok, jadi nggak meninggalkan nyeri yang terlalu lama. 

Namun, setelah proses pencabutan kuku, kamu memiliki banyak pekerjaan rumah untuk merawat jari spesialmu ini. Misalnya, dengan mengganti kasa dan meminum obat anti radang secara rutin. 

Infeksi Jamur Kuku

cara merawat kuku

Onikomikosis atau infeksi jamur merupakan jamur yang hidup pada kuku dan menyebabkan kuku terasa menebal, kuning, rapuh dan kasar. Biasanya, infeksi jamur kuku ini diakibatkan oleh kosmetik, seperti cat kuku. 

Jamur kuku ini memiliki gejala kuku yang terlihat kusam, kering, dan menimbulkan bau di ujungnya. Kamu bisa menghindari penyakit ini dengan membeli obat anti jamur kuku di apotik, yang berbentuk seperti kutek. 

Cara Menghias Kuku Sendiri 

Sementara itu, ada pula berbagai cara menghias kuku sendiri di rumah. Mulai dari memolesnya menggunakan nail polish atau kutek, memberikan sentuhan nail art seperti glitter-glitter lucu pada jari, hingga menempelkan fake nails alias kuku palsu. Kesemuanya bisa kamu sesuaikan sendiri dengan kepribadian dan minatmu ya, Girls.

Nail Polish 

cara merawat kuku

Nail polish alias kutek ini kembali mencuat karena perlombaan berbagai brand untuk membuat formulasi kutek yang bisa digunakan untuk beribadah. Cara menggunakannya juga mudah, tinggal harus membeli warna yang sesuai denganmu. 

Matte atau glossy, warna nude atau warna shocking. Tentu mengaplikasikannya sangat mudah. Sapukan kutek ke setiap bagian jari kuku dengan rapi. 

Fake Nails 

cara merawat kuku

Fake nails merupakan cara menghias kuku sendiri yang paling mudah dilakukan dirumah. Caranya, kamu hanya perlu memasang tiap potongan kuku palsu ini di atas kuku aslimu. Harga yang dibanderoll pun sangat terjangkau kok daripada pernak pernik kuku lainnya. Dalam satu produk, biasanya sudah mendapatkan lem kuku yang berupa stiker atau lem cair. 

Kamu juga dapat menyesuaikan ukuran kuku palsu dengan tujuan penampilanmu. Untuk look sehari-hari, kamu perlu memangkas kuku palsu sedikit agar terlihat natural. Apabila kamu menginginkan kuku yang panjang dan lebih terlihat mewah, kamu nggak perlu memotong kuku palsu ini. Tinggal tempetkan lem pada kuku palsu, dan pasang kuku palsu andalanmu. 

Proses melepaskannya juga cukup mudah. Kamu hanya perlu merendam kukumu di dalam air hangat, kemudian lepaskan kuku palsunya dari kukumu. Kikir sedikit bekas lem yang mungkin saja masih menempel pada kuku. 

Nail Glitter

cara merawat kuku

Kreasi yang bisa kamu lakukan sendiri dirumah yang selanjutnya adalah nail glitter. Berbeda dengan perawatan di beauty bar atau salon kuku lainnya, penggunaan glitter di rumah ini bisa kamu lakukan dengan lebih mudah lagi kok. 

Caranya, kikir ujung kuku hingga membentuk ukuran kuku yang rapi dan tidak terlalu panjang. Kemudian, oleskan base coat alias kutek dasar. Kemudian, sebarkan glitter diatas permukaan kuku secara perlahan. Kamu juga bisa memasukan jari jemarimu secara perlahan dan bergantian ke dalam wadah glitter untuk cara yang lebih mudahnya. 

Terakhir, aplikasikan top coat untuk menahan seluruh glitter pada kuku dan memberikan kesan glowing nan sehat pada kukumu. 

Namun kalau kamu mau mencobanya dirumah, Kamu bisa membeli glitter dan pernak-pernik lainnya di e-commerce dengan harga mulai dari Rp10.000,- Iya, murah sekali bukan?

Nail Extension

cara merawat kuku

Untuk tips yang terakhir ini sih merupakan tips yang lumayan memakan effort dan biaya dalam melakukannya. Kita harus memiliki akrilik cair, cetakan kuku, hingga alat penyambung kuku. 

Nail extension sendiri merupakan kreasi sambung kuku dengan cara memilih bahan dan motif, mencetak kuku palsu dengan akrilik cair, hingga  menempelnya pada kuku asli. 

Nah itu dia serba serbi merawat dan menghias kuku sendiri. Kalau sudah mencobanya tag marshabeautyid di instagram ya, Girls!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.