Cara Merawat Kuku Agar Tidak Kuning Supaya Makin PD
Nails

Cara Merawat Kuku Agar Tidak Kuning Supaya Makin PD

Marshalova, kamu pasti setuju bahwa kuku yang terawat sempurna membuat tampilan bersih pada diri seseorang. Ketika warna kuku jadi menguning, maka hal itu tidak boleh diabaikan karena dapat menyebabkan masalah di kemudian hari. Kamu harus tahu cara merawat kuku agar tidak kuning.

Dengan melakukan perawatan yang tepat, maka kamu bisa menghindari masalah terkait dengan kesehatan kukumu. Kuku manusia terdiri dari sel-sel kulit dan keratin yang membutuhkan dosis oksigen yang sehat. Itulah mengapa perawatan kuku yang sudah menguning sangat perlu untuk dilakukan.

Cara Merawat Kuku Agar Tidak Kuning

Banyak hal yang dapat menyebabkan kuku menguning, mulai dari masalah kesehatan hingga produk kutek yang kamu gunakan pada kuku. Jadi Marshalova, penting sekali untuk mengetahui cara mengatasi masalah kuku yang menguning. Yuk, terapkan perawatan dengan beberapa hal ini:

1.  Konsumsi Makanan yang Kaya Vitamin E

Salah satu cara agar kuku tidak kuning adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin E atau membeli suplemen yang akan memberimu vitamin E dalam jumlah yang cukup. Inilah makanan yang kaya vitamin E:

  1. Paprika merah

  2. Labu

  3. Kacang almond

  4. Kacang tanah 

  5. Biji bunga matahari

2.  Rendam Kuku dalam Perasan Lemon

Lemon adalah buah yang kaya akan vitamin C dan bagus untuk menutrisi kuku. Sifat asam dari perasan lemon juga dapat memberikan efek pemutihan pada kuku untuk menghilangkan noda. Untuk mengoleskan perasan lemon ke kuku, masukkan perasan buah ini ke dalam mangkuk.

Selanjutnya, kamu bisa rendam kuku selama 5 menit sebelum membilasnya dengan air hangat. Ulangi proses ini setiap hari sampai sekiranya warna kuning menghilang.

3. Gosok Kuku dengan Kulit Jeruk Segar

Jeruk kaya akan vitamin C yang penting untuk membantu tubuh memproduksi kolagen. Kolagen diperlukan untuk produksi sel yang membentuk kuku, gigi, dan rambut.

Untuk menggunakan kulit jeruk sebagai cara agar kuku tidak kuning adalah dengan mengambil kulit jeruk dan gosokkan ke kuku yang menguning dengan gerakan memutar. Jika sudah, kamu bisa membilas sisa kulit jeruk menggunakan air hangat.

4.  Coba Menggunakan Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh atau atsiri juga bisa menjadi solusi untuk atasi kaki yang menguning. Hanya saja, kandungannya memang terlalu kuat untuk dioleskan langsung ke kuku. Jadi Marshalova, kamu harus mencampurnya dengan minyak minyak kelapa, sebelum dioleskan ke kuku.

Minyak pohon teh memiliki sifat antiseptik dan antijamur yang membantu melawan infeksi jamur kuku yang dapat menyebabkan kuku menguning. Untuk mengoleskan minyak pohon teh, kamu bisa mencampurnya dengan minyak kelapa lalu mengoleskannya ke kuku menggunakan kapas.

5. Coba Oleskan Minyak Oregano

Minyak oregano memiliki sifat antivirus dan antiseptik dan juga kaya akan antioksidan. Antioksidan dapat membantu kuku untuk merevitalisasi dan menghentikannya berubah menjadi warna kuning.

Kamu bisa merawat kukumu agar tidak menguning dengan merendam tangan atau kakimu dengan air yang mengandung minyak oregano.

6.  Gunakan Campuran Baking Soda dan Hidrogen Peroksida

Kebanyakan orang menggunakan baking soda dan hidrogen peroksida untuk deep cleansing. Marshalova, ternyata campuran keduanya bermanfaat untuk menghilangkan kuku kuning. Baking soda dan hidrogen peroksida adalah solusi untuk atasi kuku kuning.

Hidrogen peroksida adalah pengoksidasi yang efektif dan bila dicampur dengan kualitas baking soda yang abrasif, sangat cocok untuk menghilangkan noda.

Untuk menggunakan baking soda dan hidrogen peroksida, kamu harus membuat mencampurkan keduanya. Dengan menggunakan kapas, oleskan campuran tersebut ke kuku dan diamkan selama 3-5 menit.

Dengan 6 cara merawat kuku agar tidak kuning, maka kamu dapat dengan mudah menghilangkan perubahan warna kuning dan mengobati infeksi jamur yang membuat kuku menguning, Marshalova!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.