Cara Merawat Kuku denga Mudah, Langsung dari Rumah Saja Tanpa Harus ke Salon
Nails

Cara Merawat Kuku denga Mudah, Langsung dari Rumah Saja Tanpa Harus ke Salon

Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang dapat menunjang penampilan. Diperlukan perawatan pada kuku supaya tetap sehat dan cantik. Inilah cara merawat kuku yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah.

Girls, tau enggak perawatan tubuh tidak hanya pada wajah atau kulit tangan dan kaki, tetapi juga kuku? Biasanya, orang-orang terutama wanita melakukan perawatan kuku atau di salon atau tempat kecantikan lainnya. 

Namun, adanya pandemi Covid-19 ini membuat para wanita sulit untuk keluar rumah terlebih ke salon karena menghindari kontak langsung dengan orang lain. Walaupun lagi masa pandemi kayak gini, ternyata merawat kuku juga bisa loh kamu lakukan sendiri di rumah. 

Berikut cara merawat kuku sendiri secara sederhana di rumah:

Memotong kuku secara berkala

Kuku yang panjang dapat menimbulkan tempat untuk kuman dan bakteri bersarang semakin banyak. American Academy of Dermatology memiliki anjuran cara untuk memotong kuku yang benar:

  • Rendam kuku dalam air hangat selama beberapa menit agar kuku terasa lebih lembut, atau kamu dapat memotong kuku segera setelah mandi karena setelah mandi merupakan waktu terbaik untuk memotong kuku. 
  • Gunakan alat yang tepat, seperti gunting kuku. Jangan lupa untuk mendesinfeksi gunting kuku kamu setiap bulan. Cara membersihkan atau mendesinfeksinya dengan merendam gunting kuku dan gosok kecil dalam mangkuk berisi isopropil alkohol 70-90%. Setelah itu, bilas dengan air hangat dan keringkan
  • Memotong kuku dengan bentuk hampir lurus. Gunakan kikir kuku untuk sedikit membulatkan kuku di sudutnya karena ini akan membantu menjaga kuku tetap kuat dan mencegahnya tersangkut benda-benda seperti pakaian. Hal ini berlaku juga untuk kuku kaki. Kuku kaki tumbuh lebih lambat daripada kuku jari tangan.
  • Dalam memotong kuku, jangan sampai kutikula atau lapisan atas kulit ikut terpotong. Karena apabila kutikula terpotong atau terkikis, bakteri dan kuman akan lebih mudah masuk ke dalam tubuh dan dapat menyebabkan infeksi. 
  • Melembapkan kuku setelah dipotong dapat membantu menjaga kuku kamu tetap fleksibel karena pada saat udara kering, kuku lebih mudah pecah.
  • Jika terjadi perubahan warna, tekstur, atau bentuk kuku, konsultasikan ke dokter kulit.

Pastikan menggunakan cat kuku atau kuteks yang aman

Menggunakan cat kuku memang dapat membuat penampilan lebih menarik. Namun, hati-hati dalam penggunaannya terlebih jika terdapat banyak bahan kimia pada ingredients-nya. Sebisa mungkin, gunakan cat kuku yang berbahan dasar water-based dan meminimalkan penggunaan pembersih kuku atau aseton dan kurangi frekuensi menggunakan cat kuku. 

Hindari menggigit kuku tangan

Menggigit kuku tangan sering dilakukan orang-orang tanpa sadar. Kebiasaan menggigit kuku tangan dapat merusak bagian dasar kuku sehingga bakteri dan kuman dapat dengan mudah masuk yang dapat menyebabkan infeksi. 

Nah Marshalova, gampang banget kan merawat kuku di rumah? Walaupun #dirumahaja tapi kecantikan dan kesehatan kuku tetap terjaga. 

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.