Cara Merawat Kuku Kaki yang Kering dan Rapuh Pada Remaja
Nails

Cara Merawat Kuku Kaki yang Kering dan Rapuh Pada Remaja

Kondisi kuku kaki yang kering sehingga menjadi rapuh dan juga mudah patah tentunya tidak diinginkan oleh seluruh orang. Terlebih lagi pada remaja perempuan yang mulai memperhatikan detail dari penampilannya. Marshalova, lantas bagaimana solusi untuk mengatasi kondisi kuku kering tersebut? Berikut ini Marsha Beauty ingin memberikan penjelasan mengenai cara merawat kuku kaki yang kering pada remaja.

Cara Merawat Kuku Kaki yang Kering dan Rapuh

Melansir dai Healthline, kuku kaki yang kering dan rapuh penyebabnya yaitu kelembabannya terlalu sedikit. Hal tersebut kerap dikarenakan pencucian serta pengeringan kuku yang berulang. Adapun penyebab lain yang kemungkinan menjadikan kuku kering dan rapuh, antara lain:

  • Umur

Walaupun biasanya kuku kaki semakin keras dan tebal, namun pengaruh usia dapat membuat kuku jadi rapuh dan lebih tipis.

  • Kekurangan zat besi

Kuku kaki kering dan rapuh dapat terjadi saat tubuh tidak memperoleh asupan zat besi yang cukup. Sehingga mengakibatkan rendahnya kadar sel darah merah.

  • Hipotiroidisme

Kuku kaki kering dan rapuh mungkin saja menjadi gejala hipotiroidisme yang merupakan kelainan karena kekurangan hormon. Gejala lainnya mungkin seperti kelelahan, rambut rontok, sembelit, penambahan berat badan, serta depresi.

  • Sindrom Raynaud

Merupakan keadaan beberapa anggota tubuh yang kaku dan dingin. Kuku kaki yang rapuh dan kering bisa jadi salah satu gejala syndrom reynaud.

Jika kamu sebagai seorang remaja mengalami permasalahan kuku kaki kering dan rapuh, mungkin bisa mencoba cara perawatan kuku kaki berikut ini.

Perhatikan Kebutuhan Protein Keratin Untuk Kuku

cara merawat kuku kaki yang kering

Untuk merawat kuku kaki kering dan rapuh pada remaja supaya terpelihara kesehatan dan kecantikannya. Maka kamu perlu memperhatikan asupan protein untuk kuku kakimu. Kamu bisa mengkonsumsi sayur, buah, kacang-kacangan, dan seafood guna memelihara keseimbangan protein keratin yang diproduksi tubuh kamu.

Baca juga   5 Rekomendasi Cara Merawat Kuku Kaki Agar Selalu Sehat dan Cantik 

Rutin Lakukan Foot Bath

cara merawat kuku kaki yang kering

Merendam kaki menggunakan air hangat, garam, dan juga perasan lemon pun sangat direkomendasikan untuk memelihara kesehatan kuku kaki remajamu, lho Girls. Selagi merendamnya, kamu pun dapat menggosok secara perahan kuku-kukumu memakai sikat khusus untuk kuku.

Kamu perlu melaksanakannya rutin seminggu atau 2 minggu sekali agar terhindar dari kuku kering, serta bakteri atau jamur yang bisa menyebabkan kuku menghitam dan busuk.

Gunakan Pelembab pada Kuku

cara merawat kuku kaki yang kering

Cara merawat kuku kaki yang kering pada remaja yaitu gunakan pelembab kuku yang disebut oil atau cuticle cream. Sebab, pelembab bisa memperbaiki tekstur kuku rapuh dan memelihara elastisitas kuku itu sendiri. Jika kamu tidak mempunyai pelembab kuku, maka kamu bisa memakai body lotion atau body butter. Gunakan pelembab ini rutin pada malam hari sebelum tidur.

Rajin Memotong Kuku yang Panjang

cara merawat kuku kaki yang kering

Kuku kaki yang sudah panjang sangat perlu untuk kamu perhatikan. Hal tersebut karena kuku yang panjang di kaki bisa mengganggu dan memiliki potensi patah. Serta bisa melukai jari kaki kamu sendiri.

Pilih Alas Kaki yang Sesuai

cara merawat kuku kaki yang kering

Untuk merawat kuku kaki kering dan rapuh pada remaja maka sebaiknya pilih alas kaki seperti sandal, sepatu, dan kaos kaki yang sesuai. Kamu perlu memperhatikan ukuran dari alas kaki yang kamu kenakan.

Hindari mengenakan alas kaki yang ukurannya terlalu kecil, sebab bisa menyebabkan kuku tumbuh ke dalam, menghitam, menebal, bahkan juga bisa membusuk.

Baca juga :   Kenali Penyebab Kuku Jempol Kaki Hitam dan Apa yang Harus Dilakukan

Berhati-hati dalam Memilih Cat Kuku dan Nail Polish Remover

cara merawat kuku kaki yang kering

Selain memelihara kesehatan kuku tadi, kamu pun perlu mempercantik kuku kakimu menggunakan cat kuku supaya tampak indah dan menarik. Tetapi, yang harus Marshalova perhatikan yaitu bahan-bahan dari cat kuku yang kamu pakai.

Sebagai cara merawat kuku kaki yang kering dan rapuh pada remaja pilihlah cat kuku berlabel organic nail polish yang tentu terhindar dari bahan kimia berbahaya. Begitu pula dengan memilih removernya, pembersih cat kuku pun harus yang memiliki bahan dasar alami sebab bisa memelihara enamel kuku agar tidak terkikis.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.