Cara Merawat Rambut Agar Tidak Berketombe, Simak Yuk!
Hair

Cara Merawat Rambut Agar Tidak Berketombe, Simak Yuk!

Ketombe adalah masalah kecantikan yang seringkali dialami pria maupun wanita. Namun, sebenarnya ketombe juga termasuk dalam masalah kesehatan. Perlu kamu tahu bahwa kondisi abnormal pada kulit kepala ini bisa terjadi karena infeksi jamur atau bakteri. Selain itu, juga bisa menimbulkan rasa tak nyaman seperti gatal, iritasi, atau bahkan koreng apabila tak segera kamu atasi. Oleh karena itu, kamu perlu tahu cara merawat rambut agar tidak berketombe.  

Bahkan, ketombe juga bisa mengakibatkan kerontokan rambut. Apabila kamu sudah mengalami masalah yang semakin serius, kamu tidak bisa mengabaikannya begitu saja. Tentunya kamu sudah membutuhkan perawatan rambut secara khusus.

Inilah Cara Merawat Rambut Agar Tidak Berketombe

Kini, kamu tidak perlu khawatir lagi apabila mengalami masalah ketombe. Kamu bisa mencoba menerapkan perawatan rambut  yang benar berikut ini.

Cuci Rambut secara Rutin

Salah satu cara mengatasi ketombe yakni dengan mencuci rambut secara rutin. Terlebih apabila kamu memiliki rambut dengan tipe yang mudah berminyak. Pastikan mencuci rambut secara rutin agar sel-sel kulit mati serta kotoran yang menempel pada kulit kepala bisa terangkat. Namun, kamu juga perlu menghindari cuci rambut yang terlalu sering. Sebab, kebiasaan ini dapat menghilangkan kandungan minyak alami pada rambut juga kulit kepala. Akibatnya, kulit kepala menjadi kering dan ketombe bisa lebih parah.

Baca Juga :Macam-Macam Shampoo Natur dan Manfaatnya untuk Perawatan Rambut

Pilih Sampo Anti ketombe

Apabila kamu memiliki masalah dengan ketombe, kamu bisa mencoba memilih sampo anti ketombe untuk mengatasinya. Saat akan membeli sampo anti ketombe, pastikan produk pilihan kamu memiliki kandungan natrium lauret sulfat, natrium lauril sulfat, zinc pyrithione, dimethicone, cocamidopropyl betaine, dan yang lainnya.

Tak hanya membersihkan dan melindungi kulit kepala dari ketombe, baik ketombe kering dan ketombe basah. Namun sampo anti ketombe dengan kandungan tersebut juga dapat meredakan masalah-masalah rambut serta kulit kepala yang lain.

Gunakan Kondisioner

Menggunakan kondisioner juga sangat penting dalam upaya menghilangkan ketombe. Pemakaian kondisioner sangat penting kamu lakukan, terlebih saat menggunakan sampo dengan kandungan asam salisilat. Kamu bisa menggunakan kondisioner setelah keramas agar kelembaban kulitnya semakin terjaga. Pastikan bilas rambut hingga bersih agar tidak ada residu yang tersisa dan menjadi ketombe. Penggunaan kondisioner yang benar, hindari menyentuh area kulit kepala secara langsung. 

Manfaatkan Tea Tree Oil

Kini kamu juga memanfaatkan tea tree oil, yakni minyak esensial dari Melaleuca alternifolia. Sementara, minyak ini sangat baik kamu gunakan sebagai antiseptik juga anti-jamur. Bahkan ada banyak sampo yang mengandung tea tree oil. Perlu kamu tahu bahwa produk ini membantu mengatasi masalah ketombe.

Manfaatkan Minyak Zaitun

Minyak zaitun menjadi obat yang sejak lama orang gunakan untuk mengatasi ketombe. Saat mengoleskan minyak zaitun pada kulit kepala, maka bisa membantu melembabkan bagian kulit kepala yang kering. Bahkan minyak zaitun juga bisa menyerap ke bagian kulit kepala yang menjadi penyebab masalah ketombe.

Baca Juga :Rekomendasi Catokan yang Bagus untuk Rambut Keriting agar Lurus!

Meminimalkan Stres

Stres bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh dan menurunkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi penyebab ketombe. Bahkan stres juga seringkali menjadi salah satu penyebab ketombe yang paling umum. Oleh karena itu, kamu perlu untuk meminimalkan stres.

Ubah Pola Makan Lebih Sehat

Nutrisi makanan yang buruk juga bisa memicu masalah ketombe. Makanan tinggi karbohidrat bisa membuat penumpukan glikogen pada kulit dan menjadi makanan jamur penyebab ketombe. Sehingga kamu perlu mengurangi konsumsi karbohidrat dan gula.

Cara merawat rambut agar tidak berketombe sangat penting untuk kamu tahu, pastikan untuk mengikuti caranya dengan benar.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.