Cara Perawatan Kulit Wajah Alami Sesuai dengan Jenis Kulitmu!
Skincare

Cara Perawatan Kulit Wajah Alami Sesuai dengan Jenis Kulitmu!

Masalah kulit wajah dapat kamu alami jika salah dalam melakukan perawatan. Jenis kulit wajah yang satu belum tentu sama dengan yang lainnya. Jika kamu memiliki jenis kulit wajah sensitif, maka akan berbeda dalam melakukan perawatan kulit wajah alami dengan wanita yang memiliki jenis kulit berminyak. Pada dasarnya terdapat lima jenis kulit wajah yang harus kamu ketahui. Yaitu, kulit wajah normal, kering, sensitif, berminyak, serta kombinasi.

Baca juga : 5 Cara Mengenali Jenis Kulit Wajah untuk Dapatkan Produk Perawatan yang Tepat

Gampang! 7 Cara Perawatan Kulit Wajah Alami yang Tidak Boleh Diskip

perawatan kulit wajah alami

Perbedaan jenis kulit wajah dipengaruhi faktor keturunan atau genetik, faktor lingkungan, atau faktor penyakit. Bahkan semakin bertambahnya usia, jenis kulit wajah dapat mengalami perubahan. Terlebih lagi jika kulit wajah sering terpapar dengan sinar matahari, polusi, apalagi debu dari luar.

Manfaat kulit sebagai organ paling luar

Kulit merupakan bagian terluas dan berada di bagian luar tubuh. Manfaat keberadaan kulit ini dapat menjaga kestabilan suhu tubuh kamu, mencegah dari terjadinya dehidrasi, hingga mencegah dari infeksi. Kulit mampu melakukan pengolahan vitamin D yang diperoleh dari sinar matahari sehingga kebutuhan nutrisi kulit dapat terpenuhi. 

Cara Perawatan Kulit Wajah Sesuai dengan Jenis Kulit

Mengetahui manfaat perawatan kulit wajah itu sangat penting. Minimal rajinlah mencuci wajah dengan air bersih yang mengalir untuk menghilangkan kotoran. Selanjutnya, kamu perlu tahu cara-cara perawatan kulit wajah alami berdasarkan jenis kulit. 

Perawatan Jenis Kulit Wajah Normal

Kulit wajah normal memiliki ciri-ciri warna yang cerah, tidak sensitif, tidak begitu kering atau berminyak, dan pori-pori wajah hampir tidak tampak. Perawatan kulit wajah wanita jenis normal cukup dengan minum air putih secara teratur agar terhindar dari dehidrasi kulit. Selain itu, bersihkan wajah dan lindungi kulit dari sinar matahari dengan menggunakan pelembab anti UV.

Baca juga : Memiliki Masalah Kulit Wajah Kering! Inilah Rekomendasi Moisturizer yang Cocok Digunakan

Perawatan Jenis Kulit Wajah Kering

Ciri-ciri kulit wajah ini antara lain kasar, timbul sisik, kurang elastis, kusam, mudah pecah-pecah, dan timbul bercak warna merah. Jenis kulit ini juga mudah mengalami iritasi. Apalagi jika terkena paparan sinar UV, mudah sekali kering dan bermasalah. Tanda keringnya kulit wajah adalah kurangnya cairan, sehingga kamu harus mencukupinya dengan banyak minum. Penting untuk menggunakan pelembab dengan kandungan nutrisi yang tinggi.   

Perawatan Jenis Kulit Wajah Sensitif

Kulit wajah yang sensitif memiliki ciri-ciri memiliki tekstur yang kasar, mudah merasa gatal, memerah saat terkena air hangat, dan memberikan reaksi saat kamu melakukan perawatan kulit. Agak terbilang sulit melakukan perawatan kulit wajah sensitif. Perlu berhati-hati dan tepat dalam memilih produk maupun merawatnya agar tetap sehat. Melakukan perawatan untuk kulit wajah sensitif lebih dianjurkan menggunakan bahan alami. Kamu dapat menggunakan teh hijau atau lidah buaya. Hindari penggunaan produk yang menimbulkan reaksi iritasi. 

Perawatan Jenis Kulit Wajah Berminyak

Kulit wajah yang berminyak mudah sekali berjerawat, muncul banyak komedo, wajah terlihat mengkilap, pori-pori wajah besar, dan kusam. Produksi minyak berlebih ini membuat wajah mudah kotor. Kamu harus rajin membersihkan wajah. Cara perawatan kulit wajah berminyak tidaklah rumit.

Kamu cukup menahan keinginan untuk menekan jerawat yang muncul di wajah karena akan memicu timbulnya jerawat di area lain pada wajah. Setiap wajah terasa berminyak, maka cucilah wajah dengan air bersih. Pakailah produk kulit wajah yang sesuai untuk jenis kulit berminyak dengan kandungan bebas minyak.

Perawatan Jenis Kulit Wajah Kombinasi

Kulit jenis wajah kombinasi terlihat dengan timbulnya komedo, pipi yang lebih sensitif dan kering, berminyak, serta jerawat hanya muncul di sekitar dagu, hidung, dan dahi. Dalam melakukan perawatan untuk jenis kulit ini, usaplah dengan lembut setiap kali selesai membersihkan wajah terutama pada area T. Gunakan perawatan kulit wajah alami khusus untuk merawat area jenis kulit yang berminyak. Ada baiknya selalu bersihkan wajah setiap kali hendak istirahat malam.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.