Cara Praktis Membersihkan Kuas Masker Wajah yang Kotor
Tools

Cara Praktis Membersihkan Kuas Masker Wajah yang Kotor

Kuas masker wajah menjadi salah satu alat makeup yang wajib kamu punyai. Kegunaannya beragam, salah satunya sebagai alat yang diaplikasikan ke kulit wajah agar lebih merata dan higienis. Selesai dipakai, tentu harus dicuci agar kuas wajah kembali steril. Lantas bagaimana cara mencuci kuas wajah secara praktis? Ada kah treatment khusus yang harus dilakukan saat mencucinya agar hasilnya lebih optimal?

Saat melakukan skincare routine, khususnya saat bermasker, kuas memang menjadi kunci masker agar lebih sempurna. Bayangkan saja jika maskeran hanya mengandalkan jemari saja, apakah hasilnya akan maksimal? Yang kamu dapat justru tangan yang kotor. Belum lagi jika tanganmu tidak steril, bisa saja hasil yang didapat bukan wajah cerah glowing seperti yang diharapkan, malah jadi jerawatan atau bruntusan karena infeksi. Begitu juga dengan kuas masker wajah yang tidak cuci setelah dipakai yang bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Seperti yang kita tau, jika masker wajah tidak dicuci maka banyak noda sisa masker yang masih menempel, ditambah juga dengan debu, kuman dan kotoran kadang ikut menempel pada kuas. Parahnya kamu hanya membersihkan kuas wajah tersebut dengan seadanya saja, lalu menggunakannya kembali. Saat dampak tersebut sudah mulai muncul di wajah, barulah kamu tersadar bahwa mencuci kuas wajah setelah digunakan dan selalu menjaga kebersihanya sangatlah penting.

Seperti yang dilansir dari sigmabeauty, ada lima langkah praktis untuk mencuci masker wajah, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Basahi bulu kuas terlebih dahulu dengan air hangat yang mengalir, seperti dari keran air (bukan dari air dalam wadah). Hal ini agar kotoran pada kuas tidak menempal lagi saat dibersihkan. Untuk air hangat yang digunakan saat mencuci tujuannya adalah untuk menghindari kerusakan pada kuas. 
  2. Gunakan sabun khusus, seperti dari sampo bayi, untuk membersihkan kuas. Agar hasil lebih maksimal lagi, kamu bisa menggunakan brushmat agar tidak tertinggal bekas atau residu pada bulu kuas masker wajah.
  3. Bilas kuas wajah dengan air yang mengalir dengan cara menggosok-gosokkanya dengan pelan secara memutar. Hal ini bisa membuat noda dalam kuas masker wajah lebih mudah terangkay. Ulangi sampai kuas benar-benar bersih. 
  4. Jika kamu punya brushmat atau brush egg, kamu bisa memanfaatkannya. Kedua alat ini merupakan papan cuci yang khusus untuk kuas kosmetik. Caranya adalah gosokkan kuas pada brushmat atau brush egg di bawah air yang mengalir. Lakukan hal ini sampai kuas wajah benar-benar bersih dan air terlihat bening.
  5. Peras ujung kuas wajah agar tidak ada sisa air dan kotoran yang mengendap. Kamu bisa menggunakan jari agar bisa dipastikan air bisa terserap sampai habis.
  6. Tunggu kuas masker wajah hingga kering, kamu bisa menjemurnya, mengangin-anginkankannya atau mengeringkan dengan tissue atau handuk bersih. Jika sudah benar-benar kering, barulah kamu bisa menggunakannya kembali.

Itulah 6 langkah praktis mencuci kuas masker wajah. Kamu bisa mengaplikasikan cara tersebut untuk jenis kuas makeup yang lain. Jangan lupa dipraktekkan dan di-share ke teman-temanmu ya, Ladies! 

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.