Cara Produktif Saat WFH dengan Aplikasi Ini, Ada Google Office Suite hingga Trello!
Lifestyle

Cara Produktif Saat WFH dengan Aplikasi Ini, Ada Google Office Suite hingga Trello!

Bekerja dari rumah bisa jadi hal yang menyenangkan karena kita bisa memiliki waktu lebih untuk keluarga. Namun, bekerja dari rumah juga bisa menjadi hal yang menurunkan produktivitas dalam pekerjaan. Menumpuknya data, jadwal, dan segala materi pekerjaan penting lainnya jadi nggak bisa terorganisir dengan baik. Belum lagi, komunikasi dengan tim bisa saja terhambat kalau nggak bertatap secara langsung. Duh, gimana ya cara produktif saat WFH?

Untungnya, karena kemajuan teknologi ini membuat berbagai perangkat lunak gratis bisa kita dapatkan untuk menunjang kemudahan pekerjaan kita, baik sebagai tim atau individual. 

Baca  juga : Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Memilih Pakaian Interview Kerja Supaya Terlihat Dewasa

Cara Produktif Saat WFH, Cuma Pakai Aplikasi Ini

Yuk, coba deh ceki-ceki rekomendasi perangkat lunak dan aplikasi pilihan Marsha ini untuk membantumu efektif bekerja work from home! 

Google Office Suite

Work From Home

Google office suite merupakan kumpulan perangkat lunak keluaran dari google. Melalui perangkat lunak ini, kamu bisa membuat dokumen, berbentuk docs, excel, powerpoint, hingga form. Kesemuanya ini bisa kamu lakukan bersama dengan rekan kerjamu meski nggak bertatap muka secara langsung. Kalau kamu butuh meeting untuk membicarakan perihal pekerjaan, google suite juga menghadirkan google meet. 

Dengan menggunakan perangkat lunak ini, kamu bisa memaksimalkan produktivitas dirimu, mempercepat target pekerjaan, dan berkolaborasi bersama tim mu dengan mudah. Wah all in one pokoknya. Selain di pc atau laptop, google suite ini juga bisa kamu download di handphone. Sehingga, kamu jadi lebih mudah untuk mengecek pekerjaanmu hanya melalui genggamanmu saja. 

Trello 

Work From Home

Trello merupakan aplikasi dan website untuk mengorganisir proyek, pekerjaan atau tugas. Dengan menggunakan trello, maka kamu dan rekan kerjamu dapat lebih memahami apa saja proyek yang harus diselesaikan, kapan deadlinenya, bagaimana detail dari proyeknya, siapa yang bertanggung jawab, siapa saja yang terlibat dalam proyek itu, dan bagaimana bentuk akhir pekerjaanmu nanti. 

Dengan menggunakan trello, kamu juga bisa memantau progress suatu pekerjaan dalam tim. Proyek mu pun akan tersusun rapi dan nggak akan hilang. Meskipun begitu, untuk menggunakan trello ini kamu harus memiliki data seluler atau wifi yang stabil ya! 

Karena dapat terinstall melalui iOs atau Android, maka sudah pasti trello ini memudahkanmu untuk memantau pekerjaan. Aplikasi ini juga gratis jadi cukup membuat akun dan menggabungkan akun rekan-rekan kerjamu ke dalam satu boards atau papan pekerjaan. 

Baca  juga : Punya Teman Toxic di Lingkungan Kerja? Begini Cara Menghadapinya!

Google Calendar

Work From Home

Bagi Marshalova yang memiliki banyak kegiatan, google kalender mungkin jadi pilihan terbaik sebagai reminder mu. Ia akan bekerja mengingatkan semua kegiatan yang sudah direncanakan baik rencanamu sendiri, atau berbagi bersama orang lain. 

Misalnya sebagai reminder periode menstruasi, meeting online, bayar tagihan hingga sebagai pengingat untuk booking hotel tempat staycation bersama keluarga. Kamu juga bisa menambahkan file atau link google meet agar seluruh kegiatanmu terasa lebih praktis. 

Nggak hanya itu, kecanggihan google calendar ini juga memudahkan kita untuk bisa menjadwalkan agenda rutin bulanan untuk otomatis terjadwalkan di hari yang sama. Tentu, buatmu yang nggak punya asisten pribadi akan melelahkan ya menjadwalkan kegiatan yang sama setiap bulannya.

Zoom

Work From Home

Aplikasi ini tentunya sudah mondar-mandir sering kamu gunakan di satu tahun akhir ini ya! Tidak hanya untuk penggunaan bekerja, dalam bidang pendidikan juga menggunakan aplikasi video conference ini.

Zoom memiliki keunggulan menampung peserta lebih banyak dan dapat memainkan presentasi PowerPoint sebagai layar belakang virtual alias picture-in-picture (PiP). Jadi presentasimu akan lebih menarik dan interaktif.

Nah, jadi itu semua beberapa aplikasi dan perangkat lunak yang akan membantumu mengejar segala deadline pekerjaan yang ada. Semangat ya, Marshalova!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.