Cara Tidur Nyenyak dan Bangun Pagi yang Tepat Agar Terus Produktif!
Lifestyle

Cara Tidur Nyenyak dan Bangun Pagi yang Tepat Agar Terus Produktif!

Seiring bertambahnya usia dan kesibukan, memenuhi kebutuhan dasar seperti tidur jadi semakin sulit, ya, Marshalova. Kadang kita harus begadang demi menyelesaikan tugas atau pekerjaan sebelum deadline datang. Padahal, tubuhmu butuh waktu istirahat sekitar 7-8 jam per hari. Lalu, adakah cara tidur nyenyak dan bangun pagi tanpa harus mengorbankan kegiatan lain?

Mengapa kita sulit tidur nyenyak dan bangun pagi?

Disitat dari Heathline, ada sejumlah faktor yang membuat seseorang susah tidur sampai telat bangun keesokan harinya. Antara lain parasomnia, sleep apnea akibat henti napas saat tidur, gangguan ritme sirkadian, stres, konsumsi obat-obatan tertentu, hingga menderita penyakit tertentu.

Ketika kebutuhan tidur tak tercukupi, tubuhmu bakal lebih mudah ‘mengeluh’. Beberapa hal yang bakal kamu rasakan adalah pusing atau sakit kepala, mengantuk sepanjang hari, lemas, kesulitan untuk fokus, sampai mudah marah. Kalau terus dibiarkan, kondisi fisikmu bakal terus menurun dan mengantar kamu pada dampak yang lebih parah.

Sayangnya, beberapa orang kadang mengambil jalan pintas seperti minum obat tidur tanpa anjuran dokter. Akibat dari tindakan ini bisa lebih parah, dari gangguan pada organ hingga kematian. Maka dari itu, kamu harus lebih bijak dan hati-hati saat hendak menerapkan cara bangun pagi agar hasilnya tak balik memperparah gangguan tidurmu.

Seperti apa cara tidur nyenyak dan bangun pagi yang tepat?

Kalau gangguan tidurmu belum terlalu parah, berikut ada cara-cara yang bisa dipraktikkan untuk bisa terlelap di malam hari dan bangun tepat waktu di pagi hari:

Buat jadwal tidur yang bisa diikuti

cara tidur nyenyak dan bangun pagi

Untuk mengembalikan jam biologis tubuh, buatlah jadwal tidur yang bisa kamu ikuti. Catat kapan kamu bersiap untuk tidur dan bangun di pagi hari. Perhatikan juga durasinya, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan orang dewasa? Langkah ini juga dapat menggantikan cara bangun pagi walaupun begadang yang dinilai kurang efektif.

Siapkan tubuhmu sebelum tidur

cara tidur nyenyak dan bangun pagi

Tahukah kamu kalau beberapa aktivitas sehari-hari dapat mengacaukan ritme sirkadian? Misalnya minum minuman berkafein menjelang tidur, main smartphone, serta tidur siang terlalu lama. Untuk mengembalikan ritmenya, bangun rutinitas yang membuat tubuhmu lebih relaks. Sebut saja mandi air hangat, membaca buku, atau mendengarkan musik menenangkan.

Jauhkan alarm dari tempat tidurmu

cara tidur nyenyak dan bangun pagi

Kebanyakan orang sengaja menaruh alarm di dekat tempat tidur agar mereka bisa mematikannya, lalu melanjutkan tidur. Kebiasaan ini justru bakal semakin menyulitkanmu buat bangun pagi. Sebaiknya jauhkan alarm tersebut dan pastikan volumenya berada di setelan bunyi yang bisa kamu dengar. Jadi, kamu bisa langsung bangun saat alarm berbunyi.

Jangan lupa berjemur setiap pagi

cara tidur nyenyak dan bangun pagi

Cara agar bisa bangun pagi berikutnya adalah berjemur setiap pagi. Mengapa? Pasalnya sinar matahari akan membantumu mengatur kembali ritme sirkadian, bahkan memperbaiki mood dan mendongkrak tingkat energi di siang hari. Kamu bisa lakukan kegiatan ini di luar ruangan atau cukup di kamar dengan membuka jendela di pagi hari.

Jaga pola makan dan olahraga

cara tidur nyenyak dan bangun pagi

Hal lain yang dapat kamu lakukan adalah menjaga pola makan dan olahraga. Usahakan asupan makan yang kamu konsumsi memenuhi pola gizi seimbang. Makanan tinggi omega-3, sayur, buah, dan biji-bijian adalah jenis yang bisa kamu santap. Sementara olahraga dapat menekan risiko stres, insomnia, hingga depresi yang mengganggu jam tidur.

Mudah-mudahan cara agar cepat tidur dan bangun pagi di atas membantumu mendapatkan kualitas istirahat terbaik!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.