Cari Foundation yang Tidak Oksidasi? Begini Tips dan Rekomendasinya
Makeup

Cari Foundation yang Tidak Oksidasi? Begini Tips dan Rekomendasinya

MarshaLova, pasti kamu pernah mendengar istilah foundation yang teroksidasi kan? Kondisi ini bukan kesalahan dari produk yang digunakan, melainkan dapat disebabkan oleh foundation yang terkena cuaca atau udara. Bercampurnya minyak pada wajah dengan foundation juga menyebabkan alas bedak mengalami oksidasi. Lalu, bagaimana cara mencegah agar foundation tidak mudah teroksidasi? Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Mencegah Foundation Teroksidasi

Bagaimana cara mencegah agar foundation yang tidak oksidasi? Berikut ini tipsnya dari Marsha Beauty. Simak sampai habis ya, Girls!

Pakai Skin Care Sebelum Make Up

foundation yang tidak oksidasi

Untuk mendapatkan riasan wajah yang perfect, rangkaian skin care juga tidak boleh dilewatkan, Girls. Skin care membantu menyeimbangkan pH kulit, sehingga kulit wajah lebih sehat dan terhidrasi. Pakailah produk perawatan wajah yang sesuai jenis kulit kamu agar dapat menerima produk makeup dengan baik. Sebaiknya, gunakan pelembab dan sunscreen sebelum menggunakan foundation, ya!

Menggunakan Primer Terlebih Dahulu

foundation yang tidak oksidasi

Minyak wajah yang bercampur dengan produk foundation sudah pasti membuat makeup mudah luntur dan tidak tahan lama. Untuk itu, menggunakan primer bermanfaat untuk mencegah foundation bereaksi langsung dengan minyak alami pada wajah. Dengan demikian, pemakaian primer akan mengurangi kemungkinan foundation mengalami oksidasi. 

Menggunakan Blotting Paper Sebelum dan Sesudah Makeup

foundation yang tidak oksidasi

Menepuk wajah sebelum dan sesudah menggunakan foundation dapat mencegah terjadinya oksidasi foundation, lho. Cara ini dikenal sebagai teknik blotting yang berfungsi menyerap minyak berlebih pada wajah dan alas bedak tersebut. Kamu bisa gunakan blotting paper apapun yang beredar di pasaran.

Baca juga : Rekomendasi Foundation Untuk Kulit Kering, Formulasi Khususnya Ajaib!

Kocok Foundation Terlebih Dahulu Sebelum Digunakan

foundation yang tidak oksidasi

Tips untuk membuat foundation yang tidak oksidasi adalah mengocok produk sebelum digunakan. Tujuannya agar isi foundation tercampur dengan rata. Pigmen yang menumpuk di bagian bawah kemasan dapat menghasilkan alas bedak yang tidak merata. Akibatnya, memicu reaksi yang berujung pada proses oksidasi  foundation. 

Pakai Bedak Tabur untuk Mencegah Oksidasi

foundation yang tidak oksidasi

Bedak tabur tidak hanya direkomendasikan bagi si pemilik acne prone skin saja, melainkan juga berguna sebagai pencegah efek dari proses oksidasi. Bedak tabur juga membuat riasan lebih bertahan lama, sehingga makeup tetap flawless sepanjang hari. Kamu bisa menggunakan bedak tabur yang memiliki tone lebih gelap dari foundation-mu. Hal ini dapat mengurangi tampilan wajah menjadi warna abu-abu. 

Membersihkan Brush Make Up 

foundation yang tidak oksidasi

Membersihkan peralatan makeup termasuk bagian paling penting nih. Jangan sampai kamu malas membersihkannya, ya! Brush yang sering digunakan untuk blend foundation pasti akan kotor secara perlahan-lahan. Paling tidak bersihkan peralatan 2-4 kali dalam seminggu untuk menghindari perubahan warna pada saat menggunakan foundation. Sebab, minyak yang tertinggal juga mengakibatkan foundation teroksidasi. 

Baca juga : Rekomendasi Liquid Foundation Lokal yang Mudah Didapat dan Nggak Ngeluarin Banyak Budget

Rekomendasi Produk Foundation yang Tidak Mudah Teroksidasi 

Agar hasil riasan terlihat flawless, sudah pasti penggunaan foundation tidak boleh dilewati begitu saja. Berikut ini rekomendasi foundation yang tidak mudah teroksidasi. 

Make Over Powerstay Matte

foundation yang tidak oksidasi

Sebagai salah satu brand lokal, Make Over Powerstay Matte Powder Foundation memiliki tekstur yang halus dengan hasil akhir yang matte. Meskipun hasil akhirnya matte, tapi foundation ini tidak akan membuat kulit wajah menjadi kering seperti tertarik. Untuk coverage-nya juga tidak perlu diragukan lagi, kamu bisa build up hingga full coverage. Foundation ini tersedia dalam beragam shade warna yang bisa disesuai dengan skin tone. Harganya juga affordable banget. Wajib masuk pouch makeup-mu deh!

MAC Studio Fix Fluid SPF 15

foundation yang tidak oksidasi

Jenis foundation yang tidak oksidasi ini memiliki formula yang cocok untuk oily skin. Untuk coverage-nya adalah medium to full, sehingga tetap bisa memberikan hasil makeup yang flawless. Teksturnya yang cair tidak akan menyumbat pori-pori. Jadi, cukup aman digunakan untuk tipe kulit berjerawat sekalipun. Kelebihan lainnya, yaitu mengandung SPF 15 yang memberikan proteksi lebih bagi kulit kamu. Foundation ini juga tidak membuat wajah menjadi cakey, mudah menyatu atau tidak crack, serta tidak mudah teroksidasi. Harganya memang lumayan pricey, tapi kualitas nggak perlu diragukan lagi.

Estee Lauder Double Wear Stay-In

foundation yang tidak oksidasi

Estee Lauder mengklaim bahwa produk ini termasuk waterproof foundation yang memiliki daya tahan seharian tanpa perlu touch up berulang kali. Selain itu, foundation ini aman digunakan untuk wajah yang cenderung berminyak, memberikan hasil yang matte, dan tahan di segala cuaca. Pastinya foundation ini juga tidak mudah mengalami oksidasi. 

Bagaimana MarshaLova, sudah siap mencoba foundation yang tidak oksidasi ini?

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.