Cari Tahu Tips dan Hari yang Baik untuk Memotong Kuku, Paling Dianjurkan Hari Jumat!
Nails

Cari Tahu Tips dan Hari yang Baik untuk Memotong Kuku, Paling Dianjurkan Hari Jumat!

Sudah tahu belum, kalau potong kuku juga ada hari-hari yang dianjurkan? Dalam agama Islam, ternyata ada hari yang baik untuk memotong kuku dan hari yang ‘tak dianjurkan’ untuk potong kuku, Girls. Meski terkesan remeh, tapi soal menjaga kebersihan diri benar-benar diperhatikan dalam Islam. 

Dari tujuh hari dalam seminggu, ada tiga hari yang bagus buat potong kuku. Hmm, kira-kira hari apa saja ya? Yuk, simak penjelasan dari Marsha Beauty!

Hari yang Baik untuk Memotong Kuku Menurut Islam, Bisa Mendatangkan Kebaikan

Memotong kuku harus dilakukan secara rutin biar kesehatannya terjaga. Namun, jangan asal memotong kuku juga, karena ada hari-hari yang dianjurkan dalam Islam untuk memotong kuku. Berikut penjelasannya.

Hari Baik untuk Memotong Kuku

Hari baik memotong kuku yang pertama adalah hari Senin. Memotong kuku di hari Senin disebut-sebut punya keutamaan. Selain hari Senin, kamu bisa memotong kuku pada hari Kamis karena disebut-sebut bisa mengundang kekayaan.

Sedangkan hari paling baik untuk memotong kuku adalah di hari Jumat. Bahkan, banyak ulama yang menganjurkan untuk potong kuku di hari tersebut. Pasalnya, memotong kuku pada hari Jumat bisa menambah ilmu dan sifat santun.

Baca Juga: Mengatasi Kuku Menghitam Secara Tepat Sesuai Faktor Penyebabnya

Hari yang Kurang Baik untuk Memotong Kuku

Selain hari baik potong kuku, ada sejumlah hari yang tak dianjurkan untuk memotong kuku karena dipercaya memiliki makna kurang baik, salah satunya adalah hari Selasa. Memotong kuku di hari Selasa disebut-sebut bisa mendatangkan kerusakan dan kebinasaan.

Sementara memotong kuku di hari Rabu juga punya makna yang kurang baik, yaitu menyebabkan buruknya akhlak. Lebih lanjut, memotong kuku di hari Sabtu dan Ahad juga kurang baik. Memotong kuku di hari Sabtu pasalnya akan mendatangkan penyakit di dalam tubuh. Sedangkan di hari Ahad bisa menghilangkan barokah.

Meskipun begitu, tak sedikit yang menyebutkan bahwa tak ada hari yang bagus untuk potong kuku secara mutlak. Dengan kata lain, kamu bisa memotong kuku kapan pun karena ini berkaitan dengan kebersihan diri.

Tips Memotong Kuku Biar Tetap Sehat dan Bersih

Selain mempertimbangkan hari potong kuku, kamu juga harus memahami cara-caranya biar kuku kamu tetap sehat. Berikut cara memotong kuku yang benar menurut American Academy of Dermatology.

Lunakkan Kuku

Hari yang baik untuk memotong kuku

Memotong kuku dalam kondisi kering bisa menyebabkan luka setelah dipotong, makanya kamu perlu melunakkannya terlebih dahulu dengan merendamnya di dalam wadah berisi air hangat. Langkah ini paling recommended buat kamu yang punya kuku tebal.

Gunakan Alat yang Tepat

Hari yang baik untuk memotong kuku

Alat yang dipakai buat motong kuku juga tak boleh asal-asalan, lho. Biar kuku kamu tidak rusak, sebaiknya gunakan gunting kuku. Kamu bisa merendam gunting kuku ke dalam isopropil alkohol 70-90 persen sebelum memotong kuku. Setelah dipakai pun, kamu perlu membilasnya dengan air panas.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Cara Merawat Kuku Kaki Agar Selalu Sehat dan Cantik

Jangan Menggunting Kutikula

Hari yang baik untuk memotong kuku

Memotong kutikula bisa meningkatkan risiko infeksi pada kuku-kuku kamu yang berujung dengan cantengan. Selain itu, kuman dan bakteri lebih mudah masuk ke kuku karena lapisan kutikula yang dipotong. Dampak buruk lainnya, pertumbuhan kukumu akan terhambat jika kutikulanya kamu potong.

Gunakan Pelembab

Hari yang baik untuk memotong kuku

Bukan cuma kulit wajah aja yang butuh pelembab, kuku kamu pun butuh moisturizer biar tetap sehat. Pelembab akan membantu mengatasi permukaan kuku yang pecah-pecah dan kering. Dengan begitu, kuku kamu akan lebih berkilau dan sehat.

Itu tadi hari bagus potong kuku dan tips yang benar agar kesehatan kukumu selalu terjaga.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.