Cerita & Review tentang Pemasangan dan Perawatan Behel Konvensional di Dokter Gigi
Lifestyle

Cerita & Review tentang Pemasangan dan Perawatan Behel Konvensional di Dokter Gigi

Behel merupakan alat yang digunakan untuk merapikan gigi agar ideal. Umumnya, behel bekerja dengan menarik atau memberikan tekanan untuk menggerakan gigi agar rapi dan sesuai dengan idealnya posisi gigi tersebut. Biasanya mereka yang menggunakan behel mendapati masalah pada giginya seperti gingsul, tidak rapih, terlalu banyak gigi yang menumpuk, hingga habis mengalami kecelakaan yang merusak susunan gigi serta rahang. 

Manfaat

Memasang gigi bertujuan untuk merapikan gigi, serta meningkatkan kepercayaan diri tentunya. 

Kelebihan & Kekurangan

Kelebihannya dari memasang behel ini menurut Marsha adalah benar-benar mampu merapikan gigi. Dalam beberapa waktu nantinya, kamu bisa mendapatkan keadaan gigi yang sudah rapi dan memuaskan. 

Sedangkan untuk kekurangan pemasangan behel sendiri adalah progress perapihan giginya cukup lama, yaitu lima tahun. Kalau kamu memiliki budget lebih, kamu bisa mencoba rata, invisalign yang kabarnya bisa cepat merapikan gigi. 

Keamanan

Selagi kamu memasang dan melakukan perawatan behel di dokter gigi, tentunya terjamin keamanannya ya, Girls! Namun sebaiknya kamu juga perlu mencari tahu dulu, jenis behel apa yang sesuai dengan budget dan kondisi gigimu. 

Bentuk 

Karena Marsha Beauty pernah menggunakan jenis behel konvensional alias yang biasa saja, maka seperti inilah tampilannya. Kawatnya lurus panjang dan melengkung, kemudian terdapat kotak bracket di setiap gigi, dan karet tentunya yang akan bekerja merapikan gigi kita. 

Saat awal pemasangan, maka karet behel akan terlihat seperti di foto kiri, kemudian, nantinya jika gigi sudah rapi, akan diganti karet behel yang menyambung untuk tahap finishing perapihan seperti di sebelah kanan.

Experience

Marsha Beauty sempat menggunakan behel konvensional alias behel umum di dokter gigi selama lima tahun. Tiap bulannya, Marsha Beauty juga harus melakukan kontrol ke dokter gigi dengan mengganti karet behel dan membersihkan kotoran yang menempel pada brackets gigi. 

Sebelum Pemasangan

Sebelum pemasangan behel, dokter gigi akan mengedukasi kita tentang masalah apa yang gigi kita alami. Misalnya terlalu maju, tidak rata, gingsul, bertumpuk, hingga tidak muatnya rahang untuk tempat gigi kita bertumbuh. 

Setelahnya, kita akan diberikan opsi seperti apa jenis behel yang bisa kita pilih. Misalnya behel konvensional, invisalign alias behel transparan seperti rata, behel brackets keramik, lingual dibelakang gigi, hingga damon. Untuk penjelasan perbedaan behel kamu bisa lihat di sini ya. 

Setelah kamu diberikan opsi dan memilihnya, maka kamu akan dijadwalkan rontgen gigi beserta cetak kondisi gigi. Ini semua untuk memastikan bentuk gigimu dan permasalahannya agar nantinya perawatan behel bisa berfungsi dengan baik. Selain itu, nantinya kamu akan mendapatkan info lanjutan apakah gigimu perlu dicabut atau tidak. Biasanya, kasus gigi yang dicabut saat proses pemasangan kawat gigi adalah kondisi rahang yang penuh dengan gigi yang menumpuk.

Kemudian jika sudah, kamu akan kembali dijadwalkan untuk pemasangan behel. Sesuaikan waktu yang lowong dengan kondisimu ya, supaya nyaman dan rapi. Santai aja girls.. Memang sakit, tapi hasilnya worth it kok!

Proses Pemasangan Behel 

Di dalam ruangan dokter gigi kamu akan membuka mulut sekitar dua sampai tiga jam! Hehehe tenang aja, nggak akan pegel karena diberikan jeda waktu untuk menutup mulut juga kok, Girls! 

Kemudian, dokter gigi mulai pemasangan brackets alias kotak kawat gigi di setiap gigimu. Setelah itu, mengaitkan kawatnya, dan menutupnya dengan karet behel tadi. 

Perawatan Behel

Proses perawatan penggunaan behel nggak repot kok girls! Pakailah sikat gigi yang lembut, jangan malas untuk membersihkan area gigi dan behel dengan benang gigi, serta rutin ke dokter gigi tiga sampai empat minggu sekali. Itu aja kok.

Testimoni: 

Marsha Beauty percaya sih kalau cantik itu nggak instan! Kemudian untuk kondisi gigi Marsha Beauty yang nggak rapi karena gingsul ke belakang dan juga terlalu maju di awal, cukup worth it menunggu 5 tahun lamanya agar bisa percaya diri seperti sekarang. 

Oh Iya, saat ini jenis behel semakin banyak lho Girls, jadi mungkin saja kalau kamu memasang behel dengan waktu yang lebih singkat dari Marsha Beauty. 

Budget

Harga pemasangan behel gigi adalah sekitar Rp5.000.000 sampai Rp12.000.000, tergantung dokter, jenis behel, masalah gigi, dan tempat pemasangannya. 

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.