Diet Praktis, Ini Cara Minum Kopi Hijau untuk Menurunkan Berat Badan
Lifestyle

Diet Praktis, Ini Cara Minum Kopi Hijau untuk Menurunkan Berat Badan

Kopi hijau diperkaya beragam macam manfaat untuk kesehatan. Salah satunya, banyak dikonsumsi untuk mempercepat proses penurunan berat badan. Buat kamu yang menjalankan proses diet, wajib mengetahui cara minum kopi hijau untuk menurunkan berat badan. 

Marsha Beauty akan mengulas segala hal detail mengenai kopi hijau pada artikel berikut ini:

Pahami Kandungan, Sebelum Mengonsumsi Kopi Hijau 

cara minum kopi hijau untuk menurunkan berat badan

Kopi identik dengan warna hitamnya yang pekat karena telah melewati proses roasting. Berbeda, dengan kopi hijau yang berasal dari ekstrak biji kopi yang belum dipanggang. Kopi hijau mengandung senyawa chlorogenic acids yang memiliki efek antioksidan, dapat menurunkan berat badan, hingga menurunkan tekanan darah. 

Sementara kopi hitam, kandungan asam klorogenik sudah berkurang akibat proses pemanggangan. Hal inilah yang membuat kopi hitam biasa kurang efektif membantu menurunkan berat badan. Jika kamu sedang menjalani proses diet dan suka banget minum kopi, rasanya wajib beralih dengan rutin mengonsumsi kopi hijau. 

Diet kopi hijau juga membantu menurunkan gula darah, menormalkan kadar hormon yang dapat memicu obesitas, menurunkan kadar kolesterol, hingga penyerapan gula. Kabar baiknya, kopi hijau dapat membatasi keinginan untuk makan berlebihan dalam jangka waktu yang lama. Cocok buat kamu yang masih suka ngemil, tapi ingin menjalani diet.

Baca Juga:  Mau Punya Tubuh Ideal Ala Jennie Blackpink Intip Fakta Diet Jennie Blackpink yang Bikin Badan Ramping!

Begini Cara Membuat Minuman Kopi Hijau

cara minum kopi hijau untuk menurunkan berat badan

Sebenarnya, cara mengolah kopi hijau hampir sama seperti menyeduh kopi biasa. Kamu bisa mengonsumsinya yang sudah dikemas menjadi bubuk maupun masih berbentuk biji. Biasanya, kopi hijau banyak ditemukan pada supermarket, jadi kamu tidak perlu kerepotan mencarinya. Cara membuat kopi hijau juga sangat praktis dan bisa kamu buat di rumah. 

  1. Cara minum kopi hijau untuk menurunkan berat badan pertama adalah menyiapkan 1 gelas kopi hijau. Lalu, 3 gelas air untuk direbus. Kamu bisa menggunakan takaran atau perbandingan. Untuk takaran ini gunakan 1:3. Langkah tersebut bersifat opsional, kamu bisa mengolahnya sesuai selera.

  2. Sediakan panci kecil untuk merebusnya, masukkan 3 gelas air dan tambahkan 1 gelas kopi hijau tadi. Aduklah secara perlahan kurang lebih 5 – 6 menit, hingga kopi tercampur rata,  

  3. Selanjutnya, matikan api dan saring kopinya. Sebagai pengganti gula, kamu bisa menambahkan madu asli. Lalu, kayu manis, jahe, daun mint, dan kunyit untuk menambah khasiat kopi hijau. Nikmati kopi selagi hangat. 

  4. Jika kamu mengolah biji kopi yang sudah menjadi bubuk. Cukup merebus airnya dan langsung tuang ke dalam gelas. Selain rutin mengonsumsi, kamu bisa melakukan olahraga ringan agar proses diet sesuai dengan harapanmu. Bisa lihat sendiri manfaatnya kan?

Baca Juga: Cara Mendapatkan Badan Ideal Ala Orang Korea dengan K-Diet

Ada Efek Samping yang Harus Diketahui

Semua jenis kopi mengandung kafein yang bisa menyebabkan efek samping, sebaiknya kamu juga tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Agar kopi hijau bermanfaat bagi tubuh, kamu harus mengolahnya dengan cara yang benar.

Kopi hijau untuk menurunkan berat badan yang cukup efektif, tapi perhatikan takaran sajinya. Paling tidak, hanya satu kali dalam sehari. Dengan dosis yang tepat, kamu juga akan terhindar dari efek negatifnya. Pastikan kopi yang dikonsumsi maksimal 480 mg per hari selama 12 minggu. Kafein yang berlebihan dapat membuat kamu menjadi kecanduan, susah tidur, hipertensi, sakit kepala, risiko pencernaan, jantung berdetak lebih kencang, hingga stroke. 

Jika kamu mengidap maag, sangat disarankan untuk mengurangi asupan kafein. Kandungan yang terlalu banyak, justru bisa memperparah sakit maag. Takaran amannya adalah tidak minum lebih dari 2 gelas setiap paginya. Bagaimana, MarshaLova? Kamu sudah memahami cara minum kopi hijau untuk menurunkan berat badan yang benar kan? Selamat mencoba!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.