Marsha Beauty Career - 06/09/2023

Hal yang Harus Kamu Ketahui Saat Pertama Kali Bekerja

Hal yang Harus Kamu Ketahui Saat Pertama Kali Bekerja

Pertama kali memasuki dunia kerja adalah langkah yang menarik dan penuh tantangan. Ini adalah tahap penting dalam kehidupan kamu yang akan membawa perubahan besar dalam cara kamu berinteraksi dengan lingkungan profesional. Untuk membantu kamu menghadapi transisi ini dengan lebih percaya diri, berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu ketahui saat pertama kali bekerja:

1. Kebijakan dan Budaya Perusahaan:

Pahami kebijakan dan budaya perusahaan tempat kamu bekerja. Ini termasuk jam kerja, etika kerja, kode berpakaian, serta nilai dan visi perusahaan. Memahami ini akan membantu kamu berintegrasi dengan lebih baik dalam lingkungan kerja.

2. Tanggung Jawab dan Harapan:

Pastikan kamu memahami tugas dan tanggung jawab kamu dengan jelas. Jika ada ketidakjelasan, jangan ragu untuk bertanya kepada atasan atau rekan kerja kamu. Selalu bersedia belajar dan meningkatkan diri untuk memenuhi harapan pekerjaan kamu.

3. Kultur Komunikasi:

Setiap perusahaan memiliki cara berkomunikasi yang berbeda. Pelajari bagaimana berkomunikasi secara efektif dalam lingkungan kerja kamu, baik melalui email, pertemuan, atau komunikasi langsung. Juga, pelajari tentang hierarki komunikasi dan kepada siapa kamu harus melaporkan.

4. Jaringan dan Hubungan:

Bangun hubungan yang baik dengan rekan kerja kamu. Berinteraksi dengan orang-orang di sekitar kamu akan membantu kamu belajar lebih banyak tentang pekerjaan kamu, mendapatkan dukungan, dan menciptakan kesempatan karir.

5. Keamanan dan Kesehatan Kerja:

Ketahui prosedur keamanan dan kesehatan kerja di tempat kamu bekerja. Ini mencakup penanganan darurat, prosedur evakuasi, dan aturan-aturan terkait keselamatan saat bekerja.

6. Manajemen Waktu:

Penting untuk mengatur waktu kamu dengan baik. Gunakan alat seperti kalender atau aplikasi manajemen waktu untuk membantu kamu mengelola tugas-tugas kamu dan mencapai produktivitas yang optimal.

7. Etika Profesional:

Selalu bertindak dengan etika yang tinggi dalam pekerjaan kamu. Jangan terlibat dalam gossip atau perilaku tidak etis lainnya. Etika profesional adalah kunci untuk membangun reputasi yang baik di tempat kerja.

Memasuki dunia kerja adalah langkah besar, dan pengetahuan tentang hal-hal di atas akan membantu kamu merasa lebih siap dan percaya diri saat pertama kali bekerja. Ingatlah bahwa belajar dan beradaptasi adalah bagian alami dari pengalaman pertama kali bekerja, jadi selalu siap untuk tumbuh dan berkembang. Semoga kamu sukses dalam karir kamu!

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.