Hati-Hati, Inilah Akibat Keseringan Begadang yang Tidak Baik untuk Tubuh
Lifestyle

Hati-Hati, Inilah Akibat Keseringan Begadang yang Tidak Baik untuk Tubuh

Marshalova, sering alami gangguan susah tidur? Kali ini Marsha beauty akan berikan akibat keseringan begadang. Ternyata begadang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Efek begadang yang berkepanjangan menyebabkan gangguan kesehatan. Salah satu efeknya adalah mengantuk yang membuat aktivitas sehari-hari tidak bersemangat. Jangan biarkan begadang merusak mood bekerja.

Marshalova harus bisa membiasakan mengubah pola tidur menjadi lebih baik. Pada dasarnya memenuhi kebutuhan tidur sangatlah penting. Orang dewasa biasanya membutuhkan waktu tidur selama 7 hingga 9 jam per hari. Berbeda dengan anak-anak yang membutuhkan waktu tidur 10-13 jam per hari.

Akibat Keseringan Begadang Tidak Baik untuk Kesehatan

akibat keseringan begadang

Begadang tidak hanya menyebabkan seseorang menjadi ngantuk sepanjang hari. Biasanya terjadi gangguan kesehatan yang meningkatkan risiko penyakit tertentu. Dalam hal ini termasuk diabetes, obesitas, jantung, dan lain sebagainya.

Adapun efek yang ditimbulkan sebagai berikut.

Meningkatkan Berat Badan

Wah, ternyata begadang bisa menyebabkan berat badan menjadi bertambah. Padahal sebagian orang justru menganggap begadang akan menurunkan berat badan. Orang yang tidak tidur semalaman biasanya mengalami peningkatan berat badan yang signifikan.

Hal tersebut karena efek negatif begadang yang mengganggu metabolisme tubuh. Biasanya orang-orang cenderung sulit untuk mengatur pola makan. Dengan begitu kebiasaan begadang harus dikurangi agar berat badan tetap ideal.

Baca Juga: Psst, Ini Lho 6 Makanan yang Menurunkan Berat Badan Tanpa Bikin Tersiksa

Terjadi Penuaan Dini

Masalah berikutnya yang diakibatkan dari begadang adalah mempercepat terjadinya penuaan dini. Hal ini karena seseorang menghasilkan lebih banyak hormon stress atau kortisol. Pasalnya hormon tersebut mampu memecah dan merusak struktur kolagen pada kulit.

Akibat sering begadang membuat kulit dan wajah menjadi kusam. Bahkan mampu memunculkan garis-garis halus atau kerutan di wajah. Selain itu memunculkan bintik kehitaman serta mata membengkak.

Menurunkan Fungsi Otak

Dampak kurang tidur yang perlu Marshalova ketahui adalah terjadinya penurunan fungsi otak. Hal ini juga mengurangi daya nalar dan kemampuan memecah masalah. Orang-orang cenderung sulit fokus yang menyebabkan kecelakaan saat berkendara atau kesalahan kerja.

Meningkatkan Gangguan Mental

Sebaiknya Marshalova mengurangi kebiasaan kurang tidur. Hal tersebut tidak baik karena rentan mengalami gangguan mental. Mungkin dalam jangka pendek tidak memberikan dampak yang signifikan. Tetapi jika dibiarkan bisa menimbulkan depresi dan gangguan kecemasan.

Apabila risiko tersebut semakin meningkat maka tubuh juga akan sulit mengontrol daya tahan tubuh. Tak heran jika kondisi seperti ini memungkinkan tubuh menjadi lemas dan menimbulkan penyakit. Kurangi kebiasaan begadang dengan berolahraga, mengubah pola hidup sehat, dan selalu tidur tepat waktu.

Baca Juga: Selain untuk Menunjang Penampilan, Makeup Juga Ikut Menjaga Kesehatan Mental. Intip Selengkapnya di Sini!

Meningkatkan Risiko Kanker

Perlu dipahami bahwa begadang bisa meningkatkan risiko terjadinya kanker. Memiliki kebiasaan kurang tidur bisa menyebabkan terjadinya penyakit besar. Dalam hal ini sangat riskan munculnya kanker. Pasalnya sel pada tubuh mengalami kerusakan yang fatal.

Menurunkan Sistem Imunitas

Hai, Marshalova sebaiknya kurangi kebiasaan begadang ya, akibat keseringan begadang menyebabkan turunnya sistem imunitas pada tubuh. Seseorang yang kurang tidur biasanya memiliki daya tahan tubuh melemah. Dalam hal ini sangat rentan terkena infeksi bakteri dan virus.

Atur pola tidur sebaik mungkin agar tidak terjadi hal-hal merugikan. Kesehatan tubuh juga semakin terjaga dengan baik. Memungkinkan Marshalova untuk beraktivitas dengan baik.

Kekebalan tubuh yang menurun adalah salah satu hal yang menyebabkan turunnya semangat untuk bekerja. Maka dari itu, atur pola tidur dengan manajemen waktu terbaik. Caranya bisa membuat jadwal agenda kegiatan harian dan menentukan sistem tidur ala diri sendiri.

Marshalova, bagaimana? Apakah sudah siap mengatur kembali pola tidur yang sehat? Tidak mau ‘kan terkena akibat keseringan begadang yang merusak kesehatan tubuh?

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.