Informasi Penting! Ini 7 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering yang Perlu Kamu Tahu
Skincare

Informasi Penting! Ini 7 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering yang Perlu Kamu Tahu

Kulit kering adalah kondisi yang sering terjadi pada siapa saja. Kondisi ini bisa terjadi akibat dari perubahan cuaca, bertambahnya usia, paparan sinar matahari, hingga paparan AC dalam ruangan. Untuk itu, kamu perlu mengetahui cara mengatasi kulit wajah kering.

Masalah kulit wajah kering seringkali bisa membuat frustasi. Jika kamu biarkan terus-menerus, maka kulit wajah bisa mengelupas dan pecah-pecah. Bahkan kemungkinan  terburuk bisa membuat wajah tampak lebih kusam. 

Ketahui Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering yang Benar

Kulit wajah kering biasanya terjadi saat kulit tidak cukup dalam memproduksi minyak secara alami (sebum). Padahal minyak alami tersebut yang bisa membantu menghidrasi juga melindungi kulitmu. Kulit akan menjadi terasa kering, mengelupas, hingga timbul ruam. Kondisi kulit kering yang tidak terhidrasi dengan baik sebagai tanda kurangnya kelembaban sehingga membuat wajah tampak kusam dan kasar. 

Paparan udara yang kering, cuci muka yang selalu menggunakan air panas, serta paparan bahan kimia tertentu bisa menjadi penyebab kulit wajah kering. Selain itu, pemakaian obat-obatan sampai pada kondisi kesehatan tertentu juga bisa meningkatkan timbulnya risiko kulit yang kering. Untuk itu, kamu perlu mengetahui beberapa hal dalam mengatasi kulit wajah kering berikut ini.

Baca Juga:Apakah Bisa Serum Scarlett untuk Pria? Yuk Cari Tahu Selengkapnya 

Menggunakan Pelembab Setiap Hari

Pelembab yang berguna untuk meningkatkan fungsi pelindung alami kulit. Selain itu, juga bisa membantu meningkatkan retensi air. Kamu bisa menggunakan pelembab setiap hari untuk memberikan manfaat ekstra. Kamu perlu mencoba menggunakan pelembab pada wajah sebelum tidur. Selanjutnya perlu mencucinya dengan pembersih wajah yang lembut saat pagi hari. Apalagi saat ini ada banyak pilihan pelembab yang tersedia untuk kamu gunakan. 

Gunakan Sabun Khusus Pembersih Wajah

Perawatan kulit wajah paling mendasar yang perlu kamu lakukan yakni dengan membersihkannya minimal dua kali dalam hari. Namun, akan lebih baik jika menggunakan sabun khusus untuk mencuci wajah. Hal ini karena kadar pH yang terkandung dalam sabun mandi tidak cocok untuk kulit wajah. Pastikan kamu membersihkan wajah dengan sabun pembersih wajah yang khusus untuk jenis kulit kering.

Gunakan Pembersih Wajah yang Lembut

Sabun yang memiliki kandungan pewangi, warna, dan bahan kimia lainnya bisa mengiritasi dan mengeringkan kulit. Tentu akan lebih baik jika memilih pembersih ringan atau bebas wangi. Selain itu, memilih sabun wajah yang tidak mengandung alkohol dan warna buatan.

Penuhi Nutrisi untuk Kulit

Untuk memenuhi nutrisi pada kulit, kamu bisa mengonsumsi makanan sehat yang kaya vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Sebaiknya kamu mengurangi daging-dagingan, makanan junk food, serta konsumsi makanan pedas.

Lakukan Kebiasaan Mandi yang Lebih Baik

Untuk mengatasi kulit wajah kering, kamu juga perlu menghindari air hangat saat mandi atau mencuci muka. Sebab, air panas bisa mengurangi minyak alami kulit. Menghabiskan terlalu banyak waktu dalam air bisa menghilangkan sebum dari kulitmu. Pastikan setelah mandi atau mencuci muka segera mengoleskan pelembab untuk membantu menjaga kelembaban wajah.

Baca Juga:Kebaikan Sunblock Biore UV Aqua Rich untuk Perawatan Kulit

Menggunakan Krim Malam

Regenerasi kulit biasanya terjadi saat malam hari. Oleh karena itu, pemilik kulit kering akan lebih baik menggunakan krim malam yang bisa membantu proses regenerasi kulit. Pastikan lupa untuk selalu mengecek dulu kandungan bahan terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

Lakukan Perawatan dengan Bahan Alami

Kamu juga bisa mencoba melakukan perawatan dengan bahan alami. Misalnya dengan menggunakan minyak zaitun, minyak jojoba dan madu untuk mengatasi kulit wajah kering.

Pentingnya mengetahui cara mengatasi kulit wajah kering yang benar. Kamu bisa mencobanya untuk dapatkan kembali kulit wajah yang lembab dan terawat.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.