Ingin Bebas dari Bau Ketiak? Lakukan Cara Praktis Menghilangkannya Berikut Ini!
Body

Ingin Bebas dari Bau Ketiak? Lakukan Cara Praktis Menghilangkannya Berikut Ini!

Bau badan, terutama bau ketiak, memang mengganggu penampilan dan bisa membuat kita tidak percaya diri. Jika kamu saat ini sedang mengalami permasalahan yang satu ini, kamu wajib baca artikel ini sampai habis karena Marsha Beauty akan kasih tau kamu cara menghilangkan bau ketiak secara permanen dengan bahan alami.

Masalah bau ketiak ini lumrah dialami oleh semua orang, terlebih jika sering beraktivitas. Jika bau sudah mulai timbul, tentu mengganggu dan tiba-tiba membuat kita tidak percaya diri terutama saat berhadapan dengan orang lain. Ironisnya, pemakaian deodorant saja tidak cukup membuat bau badan hilang, efeknya hanya sesaat. Di beberapa kasus bahkan baunya jadi sangat menyengat, karena bau deodorant yang bercampur dengan bau keringat. Kalau sudah begini, bagaimana ya cara mengatasinya?

Penyebab Bau Ketiak

Sebelum membahas bagaimana cara menghilangkan bau ketiak, alangkah lebih baiknya jika kamu terlebih dahulu mengetahui apa saja penyebab bau ketiak yang menyengat. 

Ketika kamu beraktivitas, terutama saat di cuaca panas, biasanya keluar keringat. Keringat ini akan bercampur dengan bakteri di kulit. Jika mengering, maka bisa menimbulkan bau yang tak sedap. 

Seperti yang dilansir dari Alodokter, pada bagian ketiak, kandungan protein dan lemak sedikit lebih banyak jika dibandingkan dengan bagian tubuh lain. Kandungan inilah yang menyebabkan bau ketiak berbeda daripada bau keringat biasa di bagian tubuh yang lain. Jadi, bau pada ketiak ini bukan hanya disebabkan oleh keringat saja, tapi juga disebabkan oleh bakteri yang bercampur dengan keringat.

Cara Menghilangkan Bau Ketiak

Sebenarnya banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah bau ketiak, sebagaimana yang dilansir dari Buku Beautyclopedia yang diterbitkan pada tahun 2019 oleh ©GO DOK, sebagai berikut:

1. Menjaga Kebersihan Area Ketiak

Untuk menjaga kebersihan area ketiak, mandilah setidaknya 2 kali sehari di pagi dan sore hari. Bersihkan anggota tubuh secara menyeluruh dan gunakan sabun antibakteri yang efektif dalam mengurangi jumlah bakteri pengurai yang dapat menyebakan bau ketiak.

2. Memakai Deodoran

Menggunakan deodoran secara rutin sebelum beraktivitas juga efektif dalam mencegah bau ketiak. Untuk mengoptimalkan fungsi deodoran, sebaiknya bersihkan terlebih dahulu area ketiak dengan air bersih dan sabun antibakteri ya, Girls. Hal ini dikarenakan menggunakan deodorant pada ketiak yang kotor justru akan membuat bau ketiak semakin tidak sedap.

3. Mencukur Rambut di Ketiak

Rambut di ketiak bisa menghambat penguapan keringat di ketiak. Penghambatan penguapan inilah yang membuat ketiak semakin bau. Jadi, sebaiknya cukur rambut di ketiak secara rutin agar terhindar dari bau ketiak yang tidak terkendali. 

4. Mengurangi Konsumsi Makanan Pedas

Makanan pedas atau makanan yang mengandung kari serta bawang-bawangan bisa meningkatkan risiko bau ketiak yang lebih tidak enak. Untuk itulah sebaiknya mulai dari sekarang mengurangi konsumsi makanan yang pedas atau mengandung rempah.

Para ahli mengatakan bahwa mengkonsumsi daging merah bisa menurunkan risiko bau badan yang tidak sedap.

5. Menggunakan Pakaian yang Menyerap Keringat

Pakailah pakaian berukuran longgar yang terbuat dari bahan yang dapat menyerap keringat dengan mudah, seperti katun atau linen. Pakaian yang ketat justru membuat kamu tidak nyaman saat bergerak dan mudah berkeringat.

Setelah selesai beraktivitas, segera ganti pakaian yang basah oleh keringat tersebut. Hal ini untuk menghindari pertumbuhan bakteri pada kulit yang lembap di tubuh.

6. Hindari Stress

Stress menyebabkan kelenjar keringat akan memproduksi keringat biang bau ketiak, begitulah yang dilansir dari Health Line. Health Line merekomendasikan kamu untuk me-manage stress dan mengurangi kecemasan agar hal tersebut tidak terjadi.

7. Hindari Obat-obatan Tertentu

Obat-obatan untuk hipertensi atau antidepresan bisa memicu kondisi hiperhidrosis. Hiperhidrosis sendiri adalah kondisi di mana seseorang bisa berkeringat lebih banyak dari biasanya. Keringat berlebihan inilah bisa memicu bau tidak sedap pada ketiak.

8. Gunakan Bahan Alami

Manfaatkan bahan-bahan alami untuk menghilangkan bau ketiak. Salah satunya adalah minyak kelapa atau virgin coconut oil yang mengandung asam laurat, yang efektif dalam menghambat perkembangan bakteri di ketiak. [Zahwa Aqilah]

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.