Ingredients Skincare untuk Sembuhkan Jerawat di Wajah
Skincare

Ingredients Skincare untuk Sembuhkan Jerawat di Wajah

Ingredients skincare untuk sembuhkan jerawat tentunya banyak digunakan atau terkandung dalam produk skincare untuk mengatasi jerawat. Karena ini lah kamu harus menggunakan produk skincare untuk mengatasi jerawat jika memang kamu memiliki kulit berjerawat.

Janganlah sembarangan dalam menggunakan skincare, melainkan kamu harus menyesuaikannya dengan kebutuhan kulitmu. Hal ini agar nantinya masalah kulitmu dapat teratasi dengan benar dan tidak malah semakin buruk atau bahkan malah muncul masalah baru.

Ingredients Skincare untuk Sembuhkan Jerawat

Ada beberapa kandungan bahan aktif atau ingredients dalam skincare yang ditujukan untuk mengatasi masalah kulit wajah tertentu termasuk jerawat. Nah, berikut ini adalah beberapa ingredients untuk mengatasi jerawat tersebut:

1. Salicylic Acid

Salicylic acid adalah zat asam bersifat iritan yang bermanfaat untuk mengurangi peradangan pada kulit yang iritasi akibat jerawat. Selain itu kandungan yang cocok untuk kulit berjerawat dan bruntusan ini juga dapat membersihkan komedo yang membandel sekaligus mengatasi  breakout pada kulit. Acne skincare yang umumnya mengandung asam salisilat ini yaitu sabun pencuci muka hingga produk khusus eksfoliasi kulit.

Baca juga: Rekomendasi dan Tips Memilih Essence untuk Kulit Kombinasi

2. Benzoil Peroksida

Benzoil peroksida adalah zat antibakteri yang memiliki fungsi sangat ampuh untuk membunuh bakteri penyebab jerawat. Kandungan ini dapat membasmi bakteri jerawat yang ringan, sedang, hingga akar dan juga dapat mengangkat sel kulit mati. Kandungan ini banyak ditemukan dalam produk acne skin dan biasanya berbentuk gel sebagai obat luar.

3. Adapalene

Zat ini merupakan retinoid topikal yang memiliki fungsi untuk mengatasi segala masalah kulit akibat pertumbuhan bakteri jerawat. Kandungan ini dapat menembus bagian terdalam, lalu untuk mengurangi akar jerawat atau microcomedone.

4. Alpha Hydroxy Acid (AHA)

AHA adalah kandungan untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat yang sejenis asam larut yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan manis. Cara kerja skincare dengan kandungan AHA ini akan berfokus pada lapisan kulit paling atas atau terluar untuk mengatasi jerawat sampai hiperpigmentasi.

5. Sulfur

Sulfur atau juga belerang termasuk obat yang terkenal untuk membantu mengatasi permasalahan kulit, misalnya saja jerawat. Selain itu, sulfur dapat menyerap kelebihan minyak di kulit dan dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Biasanya sulfur ini dikombinasikan dengan bahan lain seperti benzoil peroksida atau asam salisilat karena sifatnya yang antibakteri.

6. Tea Tree Oil

Tea tree oil (minyak esensial atsiri) telah popular untuk dapat mengatasi masalah jerawat, berasal dari minyak pada pohon teh. Selain itu tea tree oil juga dapat mengurangi produksi minyak berlebih, menghilangkan noda hitam bekas jerawat serta mengecilkan pori-pori. Skincare yang mengandung zat ini kerap ditemukan pada beberapa produk pencuci muka, toner, masker sekali pakai dan lainnya.

Baca juga: Cara Memakai Cetaphil Oily Skin Cleanser untuk Hasil yang Sempurna

7. Vitamin C

Vitamin C bukan hanya dapat membantu mencerahkan kulit, namun juga bisa melawan bakteri jerawat berkat zat asam askorbat. Pada area kulit yang kemerahan dan bengkak akibat jerawat maka vitamin C ini akan bekerja sebagai anti-inflamasi. Selain itu, vitamin C juga dapat menangkal radikal bebas yang dapat membuat kulit kusam, kerutan, hingga garis halus tanda penuaan.

8. Azelaic Acid

Kandungan skincare untuk kulit berjerawat ini terbuat dari biji-bijian gandum dan barley yang bersifat antibakteri untuk kulit berjerawat sekaligus anti inflamasi. Zat ini juga mampu mengangkat kulit mati dari lapisan teratas sehingga dapat memberi efek halus dan lembut. Acne skincare yang menggunakan bahan aktif ini dapat mengangkat kotoran pori-pori tersumbat yang dapat menyebabkan jerawat.

img

Marsha Beauty menghadirkan artikel, review dan konten menarik lainnya seputar trend dunia kecantikan secara lengkap dan update.

Newsletter

Dapatkan info promo menarik & info terbaru dunia kecantikan.